Merdeka Hosting
Poster 2.0
Halo, selamat siang DWH. Saya punya permasalahan di pengiriman invoice ke member. Penyebabnya tidak terkirim itu kenapa iya? Mohonn di bantu. Thanks
Maksudnya om?Apa nyangkut di 'mail queue'?.
Cara mengecek tersebut gimana om? Soalnya dari kemarin saya kirim sampai sekarang belum berhasil2Saya tidak tahu apakah setiap control panel memakai istilah yang sama atau tidak. Maksud 'mail queue' adalah email yang masih dalam antrian pengiriman.
Makasih mas sudah kasih pencerahan, mungkin teman-teman yang menggunakan cPanel lain bisa membantu lagi.Rasanya anda pakai CPanel dan saya tidak tahu.
Jika di Kloxo/Kloxo-MR maka email yang dikirim akan masuk antrian bila belum bisa terkirim. Biasanya email yang coba dikirim jika gagal maka akan dicoba beberapa kali selama selang 1-2 hari. Ada menu yang menunjukkan email dalam antrian.
Penyebab lain, sering dialami oleh pemakai Kloxo/Kloxo-MR adalah salah setting hostname (biasanya diisi di VPS panel jika pakai VPS) atau langsung edit /etc/sysconfig/network dengan isian 'HOSTNAME=subdomain.domain.com' (misalnya 'HOSTNAME=server1.hostspectra.com'). Disamping itu ditambahkan 'IP subdomain.domain.com subdomain.com' di '/etc/hosts'.
Kebanyakan orang akan mengisi 'hostname' sebagai 'server1' daripada 'server1.domain.com'. Hostname harus mengikuti kaidah FQDN (full qualified domain name).
tadi dapat notif ini omBisa dicoba pastikan dulu itu tdk terkirimnya kenapa kejadiannya seperti apa dan apakah ada email bounce/Undelivered Mail Returned to Sender?
Coba test kirim email test ke email sipenerima atau ke akun email lain terkirim ga atau hanya ke akun itu sj tdk terkirimnya?
Saat coba test kirim lihat juga dari log contoh tail -f /var/log/exim_mainlog
Untuk melihat mail queues apakah Mas pakai ConfigServer Mail Queues (cmq) ? (Email >> Mail Queue Manager)