Membatasi Pengiriman E-mail per Domain di cPanel/WHM


Status
Not open for further replies.

maestro

Poster 2.0
cPanel / WHM memungkinkan kita untuk membatasi jumlah e-mail yang dikirimkan oleh masing-masing domain per jam. Untuk merubah konfigurasi ini anda harus memiliki akses root.

Apabila anda menggunakan server / vps anda untuk memberikan layanan shared hosting ataupun reseller hosting, ada baiknya anda memberikan batasan terhadap jumlah e-mail yang dikirimkan setiap jamnya. Hal ini untuk mencegah aktifitas SPAM yang terjadi secara sengaja ataupun tidak mengganggu kinerja server anda.

Apabila terdapat script pengiriman e-mail massal yang mengirimkan ratusan bahkan ribuan e-mail melalui server / vps anda, jumlah e-mail di dalam queue Exim akan bertambah dan otomatis akan mempertinggi load cpu server anda dan kemungkinan besar akan mengganggu kinerja services yang lain misalnya httpd maupun mysql.
Memberikan Batasan Secara Keseluruhan

Apabila anda sudah melakukan login sebagai root ke WHM anda, batasan per domain ini dapat anda setup melalui Menu Tweak Settings.


Gambar 1

Apabila anda sudah berada di dalam halaman Tweak Settings, silahkan ubah direktif “The Maximum Each Domain can send per hour”, secara default direktif tersebut memiliki nilai “0″ yang artinya unlimited, dan tidak ada batasan jumlah e-mail yang dapat dikirimkan oleh masing-masing domain per jamnya.

Gambar 2

Ubah nilai tersebut dan klik save.
Memberikan Batasan per Domain

Apabila anda ingin memberikan batasan berbeda untuk domain tertentu, bisa dilakukan melalui shell, silahkan tambahkan namadomain.com = limit di file /var/cpanel/maxemails.

Contohnya;

# cat /var/cpanel/maxemails
domain1.com=500

Artinya anda memberikan batasan berbeda untuk domain1.com sebesar 500 e-mail per jam, berbeda dengan limit keseluruhan yang misalnya 100 e-mail per jam.

Setelah anda memasukkan namadomain.com = limit ataupun menambahkan, anda harus menjalankan terlebih dahulu script rebuild max email config sebagai berikut;

# /scripts/build_maxemails_config

Script tersebut akan membuat file di /var/cpanel/maxemailsperdomain/, seperti contoh berikut;

# ls /var/cpanel/maxemailsperdomain/
./ ../ domain1.com
 

kopitubruk82

Beginner 2.0
sy coba tampilkan gambarnya:
gambar 1


gambar 2


ternyata emang ngga bisa yah.. keluar gambarnya
padahal sdh sy upload di tinypic.. mungkin master-master ada yg bisa bantu
 

maestro

Poster 2.0
terima kasih pak, kayaknya memang nda bisa insert gambar di forum ini untuk meringankan forum diakses mungkin.
 

dafid

Beginner 1.0
klo dalam 1 akun ada beberapa domain (add on domain), gmn ???
apakah dibatasi per akun atau per domain??
 
Status
Not open for further replies.

Top