Membuat DNS Server buat domain client di VPS



Status
Not open for further replies.

lepasl

New Member
saya membaca di artikel seperti ini "Agar nama domain anda dapat ditemukan, maka nama domain anda tersebut harus ada di salah satu DNS server yang terhubung terus menerus ke internet. Untuk itulah pada saat anda mendaftar domain, anda perlu mencantumkan nameserver (yang adalah IP dari server DNS) tempat nama domain anda akan .ditempelkan.. Anda tidak akan diperkenankan mendaftar nama domain jika anda belum menyiapkan server DNS untuk .dihuni. oleh domain tersebut"

dengan membaca artikel di atas saya ingin mencoba membuat DNS server untuk domain-domain user / teman2 yang belum mempunyai DNS server.

saya sudah googling tidak ketemu. :(

mungkin master / teman-teman disini bisa membantu...?

terima kasih
 

localhost

Apprentice 2.0
Untuk membuat DNS server silahkan untuk mencoba install paket Bind/Named pada Linux/BSD atau Microsoft DNS Server pada Windows. Setelah itu anda baru dapat membuat zone untuk menampung data dari domain rekan2 anda.

Alangkah lebih baik apabila anda juga menyediakan control panel agar rekan2 dapat mengelola pointer dari DNS mereka sendiri, sehingga anda sendiri juga tidak akan repot apabila ada perubahan pointer dari domain rekan anda :)

Salam
 

lepasl

New Member
apakah kalau kita menginstall control panel, misal cpanel, kloxo kita sudah bisa membuat zone? atau tidak perlu dns server secara terpisah?
 
Status
Not open for further replies.

Top