Membuka Lezatnya Ide Bisnis Pabrik Tahu, Apa Saja Persiapannya?


bitbitbit

Beginner 2.0
tahu goreng.jpg
Kamu pasti tidak asing dengan tahu. Olahan makanan dari kedelai ini sudah sangat familiar di berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Tahu dapat diolah menjadi makanan ringan, lauk-pauk, hingga makanan penutup. Dengan harga yang sangat terjangkau, kandungan gizi pada tahu rupanya tidak sedikit. Tahu mengandung protein nabati dari kacang kedelai yang sudah diolah. Protein ini bermanfaat untuk kesehatan kulit, dan menurunkan resiko kanker.
Banyaknya manfaat dan permintaan masyarakat, membuat pabrik tahuterus bermunculan. Kamu bisa memulainya dari bisnis rumahan sederhana, tentukan target pasar, pilih bahan baku terbaik, hingga modal kamu cukup untuk membuka pabrik tahu.

Nah, jika modal sudah kamu siapkan, mari siapkan hal-hal penting lainnya.

1. Alat-alat operasional

Tentu saja kamu membutuhkan beberapa mesin operasional untuk mengolah bahan baku. Oleh karena itu, membeli dan menginvestasikan alat-alat operasional menjadi hal yang penting kamu lakukan. Buatlah daftar alat-alat yang diperlukan seperti saringan tahu, kain, blender, panci, hingga cetakan tahu. Biasanya untuk mencetak tahu butuh sebuah mesin press hingga airnya keluar.

2. Menentukan supplier bahan baku

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari bahan baku, yaitu kedelai. Sayangnya di Indonesia harga kedelai saat ini sedang meroket. Kenaikan harga kedelai ini tak lain disebabkan karena menipisnya persediaan.

3. Membuat strategi marketing

Jika persiapan untuk mengolah tahu sudah selesai, maka selanjutnya kamu harus menentukan teknik marketing yang tepat untuk memasarkan produk tahu olahanmu. Dengan strategi yang tepat, lebih banyak konsumen yang bisa kamu jangkau. Cobalah menggunakan tagline mengenai keunggulan tahu produksimu, seperti tahu organik, tahu sehat, ataupun memperbaiki tampilan packagingnya. Buatlah logo atau branding yang mudah diingat serta gunakan nama yang unik.

Cara lain untuk mengenalkan produkmu pada konsumen yaitu menitipkan satu atau dua box produk tahu ke pedagang sayur di sekitar lingkunganmu. Beri harga perkenalan dan penawaran menarik sehingga calon konsumen tertarik untuk membeli produkmu.

Bila perlu ajaklah pelaku usaha makanan tahu sumedang, tahu krispi, pedagang gorengan, menjadi mitra. Berikan harga khusus untuk pemesanan dalam jumlah banyak, gratis biaya kirim, serta keuntungan mitra lainnya. Dengan begitu kamu memiliki konsumen tetap dan mitra berbisnis.

4. Mengurus ijin usaha

Pabrik tahumenghasilkan limbah tahu yang tidak langsung terurai. Karenanya kamu harus menyiapkan beberapa alat serta tempat khusus pembuangan limbah supaya tidak mencemari lingkungan sekitar.

Banyak cara untuk mengolah limbah, salah satunya dengan kompos atau biogas. Namun limbah tahu harus melalui proses yang panjang sebelum menghasilkan biogas. Alat dan tempat yang dibutuhkan pun tidak sedikit.

Itulah beberapa hal penting yang harus kamu ketahui sebelum terjun dalam industri tahu. Selamat berbisnis.
 

Rockman

Hosting Guru
Verified Provider
Tahu dan tempe adalah masakan tradisional khas masyarakat Indonesia, penuh dengan protein dan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kalau kita lihat dari proses pembuatan nya, sepertinya lebih mudah bikin tempe daripada tahu. Proses pembuatan tahu ini mulai awal sampai akhir sangat ribet, apalagi dibutuhkan mesin kukus sistem boiler.
 

Top