Mengapa tidak mencoba bisnis webhosting?


Status
Not open for further replies.

PusatHosting

Hosting Guru
dari beberapa thread yang telah di posting umumnya bisnis internet yang dibahas diataranya refferal, adsense, TLA, MLM dll mengapa tidak mencoba berbisnis web hosting?

bisnis hosting perlahan tapi pasti skil yang dibutuhkan bergantung pada level mana kita bermain.

1. level reseller
Bagi anda yang hanya punya modal minimal dan skill minimal tapi ingin memulai bisnis ini anda bisa mulai dengan mengambil paket resell di salah satu host yg ada. tentunya anda juga harus tahu kapasitas host tsb informasi-informasi berupa dukungan hardware, software serta pendukung lainnya berupa support, mungkin MBG dll kiranya harus anda perhatikan.

Selanjutnya siapkan situs hoster anda, dengan sedikit waktu untuk belajar anda bisa gunakan

phpCoin(GPL) + 7dana.com themes untuk hoster situs + billing system.

contohnya seperti ini http://www.cantexweb.com *

atau anda bisa gunakan yang berbayar seberti WHMCS yang umum digunakan oleh banyak hoster indonesia.

bagi yang belum familiar dengan phpcoin saya juga termasuk, kiranya harus betul-betul diperhatikan karena billing system termasuk salah satu aspek penting dalam bisnis ini.

setelah anda puas dengan beberapa klien yang menopang kelangsungan bisnis anda pada level ini anda bisa naik pada level berikutnya

2. VPS (Virtual Private Server)

Dengan VPS selayaknya anda mempunyai server sendiri yang bisa anda operasikan sesuka hati, untuk VPS yang sudah komplit yang telah terinstall hosting panel(Cpanel,Directadmin,Plesk dll) anda bisa membuat paket resell dan web hoster namun pada level ini butuh sedikit tambahan skill untuk pengelolaan server umumnya RTFM saja juga bisa.

Pembelian VPS ada yang paketan dengan hosting panel (satu harga) tapi ada pula disendirikan dan anda harus memesan lisensi hosting panel dengan harga berbeda.

3. Dedicated
Dedicated sama seperti VPS cuman yang ini tidak virtual melainkan sudah fisikal


4. Reseller domain
Nah ini juga bisnis dengan modal minimal anda cukup registrasi ke domain resell yang memberikan free registrasi dan selanjutnya tinggal jual saja. anda akan mendapat billing, retailler dan sub reseller system jadi satu minimal anda modal domain saja. tapi umumnya anda hrus deposit atau bayar biaya tahunan untuk mendapatkan program reseller domain ini.


pengetahuan lainnya

ada yang dinamakan overselling yaitu
http://www.resellerguide.com/articles/hosting-dictionary/hosting-definition-overselling/24

jelasnya misal anda pesan paket VPS/resell space 2GB BD 50GB anda tetap bisa membuat produk dengan space 3Gb dan BW.70GB asal hati-hati jika pemakaian klien anda sudah hampir melebihi kuota yang anda miliki sebaiknya anda seggera melakukan upgrade paket.


tulung dikoreksi ya...


* hanya sekedar contoh sy tidak ada keterkaitan dengan situs/instansi tsb
 
Last edited by a moderator:

plutost

New Member
Tapi ingat ini juga butuh modal pertama buat beli tuh STUFFs. Dan apabila ada complain, bisa juga jadi resiko..
 

bizmedia

Beginner 1.0
Memang benar apalagi sekarang sudah bertebaran dan bermunculan perusahaan2 web hosting yang baru sehingga persaingan semakin ketat saja. Bagaimana cara mensikapi hal ini ya ???
 

skynick

Beginner 2.0
Thread keren Mas,
..bagi Bapak2 Senior yang bersedia saya repotkan, mohon PM saya, saya butuh guru yang gratis yang tinggal di sekitar Bogor/Jakarta/Jogja, yang bisa saya "sowani" dan ada waktu untuk memberikan ilmu kpd saya, sbg kompensasinya saya bisa membantu ngetik2:D, nyapu, atau apa sajalah..
serius, terimakasih
 
Status
Not open for further replies.

Top