Mengenal Internet of Things


Bestariweb Hosting

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
Apa itu Internet of Things
Dari Namanya kita bisa terjemahkan bahwa Internet of Things adalah internet untuk benda atau bisa juga internet untuk sesuatu. Yang dimaksud disini adalah bahwa Internet of things ini adalah cara menghubungkan Benda apapun ke dalam internet sehingga kita bisa monitor dan kendalikan dari manapun tanpa ada kendala jarak (selama masih ada koneksi internet tentunnya).
Lalu apa pengaruhnya dalam kehidupan kita? Seperti telah saya sebutkan di atas, dengan adanya ioT (Internet of Things) ini, maka masalah Jarak atau kendala jarak bisa dihilangkan. Mungkin selama ini kita sering melakukan hal yg biasa kita sebut "meremote server" atau mungkin kita juga pernah dengar "kerja remote". nah di ioT akan jauh lebih luas cakupannya karena kita bisa me-remote apapun tanpa kendala jarak.
Beberapa peluang perkembangan Teknologi terkait ioT ini adalah:
1. Kendaraan tanpa awak / sopir
Dalam beberapa tahun kedepan, kemungkinan profesi Sopir, pilot dan sejenisnya kemungkinan akan tergantikan dengan ioT ini. proses delivery dan transportasi bisa dilakukan menggunakan ioT dan bisa dilakukan serba otomatis dengan control terpusat. Pengendalian device tidak lagi melalui sinyal RF (Radio Frekuensi) yang hanya terbatas beberapa km saja, namun akan digantikan dengan internet yang dan teknologi GPS yang bisa mencapai belahan bumi manapun.
2. Kontrol peralatan Pabrik / manufaktur dari jauh.
Munculnya teknologi ioT ini juga berdampak pada manufaktur. Di luar negeri sana sudah banyak mesin mesin yang bisa dikendalikan dari jarak jauh sehingga WFH (Work From Home) tidak hanya bisa dilakukan oleh karyawan office saja melainkan juga bisa dilakukan oleh karyawan lapangan yang terlibat langsung ke mesin.
3. SmartHome
Kata Smarthome ini mungkin sudah kita dengar sejak beberapa tahun lalu, namun harganya yang masih mahal.. Namun seiring munculnya beberapa board ioT yang murah (Mulai 16rb-an), maka secara otomatis smartHome dalam beberapa tahun kedepan akan bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat.

Apa dampak Buruknya?
Selain dampak positif, ioT ini juga ada dampak negatifnya ya.. Misalnya jika system keamanan server ioT ini kurang bagus, maka pihak luar bisa saja mengambil alih proses control dan monitoring yang seharusnya kita pegang. Atas dasar ini pula maka manufactor atau perusahaan yang sudah menerapkan ISO9001 wajib memiliki prosedur untuk mencegah CYBER ATTACK yang tentunya bisa berpengaruh pada kinerja perusahaan, termasuk semua mesin yang terhubung ke jaringan LAN/Internet.

KONSEP IOT
Bagaimana Konsep atau topologi jaringan ioT? ioT karena terhubung ke internet maka pasti membutuhkan server. data dari setiap perangkat akan dikirim ke server menggunakan protocol mqtt. Kemudian perangkat lain seperti laptop dan handphone akan mencari informasi untuk alat tertentu di server tersebut. jadi komunikasinya secara umum dari server ke alat secara 2 arah, atau dari server ke HP/Komputer secara 2 arah pula. Jadi tidak ada komunikasi dari alat ke HP atau komputer secara langsung.

BOARD untuk ioT
Board ioT yang paling dikenal adalah Arduino. Bahkan saking dikenalnya, board lain yang menggunakan processor lain pun kadang disebut arduino (misal belajar arduino.. padahal yang sedang dipelajari Espressive). Ada beberapa board lain seperti Lora (yang biasa digunakan di Industri), Arduino, AtTiny dan ESP (Espressive). masing masing board memiliki kelebihan dan kekurangan, dan untuk alasan ini ada beberapa pengembang yang menggabungkan beberapa board yang berbeda untuk bisa saling melengkapi.

Sampai disini dulu.. nanti kita lanjut ke topik berikutnya
 

Top