Nanas, Fruit of the Year



Status
Not open for further replies.

seo_rumaherbal

Beginner 1.0
Nanas, Fruit of the Year

SEHATNYA konsumsi buah juga yang melatarbelakangi Jerman mengadakan Hari Buah Internasional sejak 2007. Perayaan itu diadakan setiap 1 Juli dengan tujuan menyebarkan pesan untuk selalu menyelipkan asupan buah di pola makan sehari-hari.

Menurut situs International Fruit Day. jimdo.com, perayaan hari buah ini biasanya dilakukan dengan berkumpul dan berpiknik, sembari bertukar buahbuahan. Bermacam-macam produsen buah juga menggelar hasil kebun mereka. Perayaan ini konon bermula dari gagasan para mahasiswa jurusan sosial di University of Applied Science Alice Salomon, Berlin, pada April 2007.

Mereka ingin mengumpulkan masyarakat dan organisasi dengan satu tujuan: berbagi makanan. Dengan pertimbangan aspek lingkungan hidup dan kesehatan, disimpulkanlah tujuan perayaan adalah berbagi buahbuahan. Perayaan pertama dilangsungkan di Wall Park, Berlin, dengan membagikan buah-buahan kepada 400 pengunjung dan pejalan kaki yang lewat.

Sosialisasi berlanjut sehingga sampai sekarang perayaan ini terus berlangsung rutin dan merangkul pihak-pihak yang terkait, termasuk para petani atau produsen sampai peneliti dan pengembang varietas buah. Tahun ini, dari hasil perhitungan suara para partisipan perayaan, buah nanas dinyatakan sebagai fruit of the year. Sebelumnya, apel dinobatkan sebagai fruit of the year 2009, raspberry pada 2008, dan stroberi pada 2007.

Nanas, dengan nama latin Ananas comosus, merupakan sumber vitamin C dan B1, yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki asupan oksigen ke sel darah.

Vitamin B1 juga membantu proses metabolisme karbohidrat sehingga baik untuk memperlancar pencernaan. Dalam Health.learninginfo.org juga disebutkan nanas mengandung enzim bromelain yang berkhasiat mengurangi pembengkakan dan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Secangkir nanas matang 100 gram disebutkan Healthandnutritiontips.net, mengandung setengah gram protein, 1,2 gram serat, dan 1 miligram sodium. Porsi tersebut juga berarti 113 miligram potasium, 14 miligram magnesium, dan 7 miligram fosfor serta 15 miligram vitamin C, dan tidak kalah penting, nol kolesterol.

Namun, kandungan gulanya yang tinggi, yakni mencapai 8 gram per 100 gram sajian, membuat nanas jadi buah yang sebaiknya dihindari penderita diabetes.


Sumber: Media Indonesia 11 Juli 2010
 
Status
Not open for further replies.

Top