Pengalaman SANGAT BURUK dengan HostKawan / HostingKawan!!!



kwansya

Beginner 2.0
Sedikit sharing agar tidak ada lagi yang mengalami kejadian buruk seperti saya dan banyak orang alami.
Semua berawal saya tertarik dengan iklan di sebuah grup telegram dimana sebuah penyedia layanan hosting bernama HOSTKAWAN menawarkan paket Reseller Hosting Unlimited dengan harga terjangkau.
WhatsApp Image 2021-02-10 at 1.52.36 PM.jpeg

Dasar newbie, melihat iklan bombastis begini saya langsung tertarik dan mendaftar. Ada sekitar 30 orang yang mendaftar berbarengan dengan saya saat itu.
buktibayarhostkawan.png
Awalnya saya sangat bersemangat sekali, karena bayangkan saya berhak menjual paket hosting UNLIMITED kepada UNLIMITED orang. Bahkan karena saya mengambil paket Master, saya berhak menjual kembali paket Reseller sebanyak UNLIMITED. Pokoknya serba UNLIMITED!!! :eek: .
Sekali lagi karena waktu itu saya awam dunia hosting dan orang yg menawarkan paket reseller tsb bagi saya layak dipercaya maka saya tidak ragu mengambil penawaran tsb.
Singkat cerita, selama periode Sept 2020 - Feb 2021 ini banyak sekali kendala-kendala yang saya alami, misal :
- server sering down (tiap bulan pasti terjadi down dari jam hingga hitungan hari)
- gonta-ganti server dari Singapore --> Eropa --> Singapore --> US --> Singapore --> Indonesia (pusing gak? pindahan server berkali-kali :20:, emang AJAIB layanan hosting ini)
- maintenance yang tiba-tiba (kadang-kadang server down pas ditanya alasannya lagi maintenance, entah betul atau tidak, karena setau saya jika maintenance biasanya terjadwal dan ada pemberitahuan sebelumnya).
- license WHMCS yang tidak terverifikasi. Karena saya mendaftar paket master Reseller + WHMCS, saya berhak mendapatkan 1 akun WHMCS, memang bisa digunakan tetapi ketika dites di web WHMCS ternyata tidak verified.
- sikap pengelola layanan (HOSTKAWAN) yang tidak kooperatif dan responsif. Jika ada masalah susah sekali dihubungi.
- TOS yang tidak jelas. Awalnya tidak dijelaskan bagaimana TOS yang berlaku. Setelah bergabung ternyata banyak sekali batasan untuk layanan hosting UNLIMITED ini.

Dengan keadaan seperti itu, HostKawan ini terus saja menjual paket reseller hosting bahkan dengan harga makin lama makin murah. Member semakin banyak, masalah semakin sering terjadi (tercatat sudah 130 lebih member resellernya di grup yang saya ikuti) Bahkan sekarang berani menjual paket Alpha yang berhak mengcreate 100 akun Master Reseller UNLIMITED. Anda bayangkan 1 akun Alpha bisa create 100 akun Master yang bisa create unlimited akun Reseller yang bisa jual unlimited hosting, cape ga ngitungnya?? Mungkin dia merasa punya server sekelas google kali ya??
WhatsApp Image 2021-02-10 at 2.35.23 PM.jpeg

Banyaknya masalah yang terjadi membuat kami sudah lama gerah, keinginan REFUND sudah lama disuarakan, tapi pihak HOSTKAWAN menolak dengan alasan sudah lebih dari 30 hari. Memang di awal dia menggaransi layanan 30 hari uang kembali. Tetapi sebenarnya kami tidak pernah menikmati layanan dengan tenang lebih dari 30 hari, 15 hari aja mungkin tidak pernah tanpa gangguan.

Puncaknya terjadi ketika semua website tidak bisa diakses dari tgl 29 Januari s/d HARI INI (10 Feb 20). Kami sudah menanyakan kepada pengelola HostKawan baik melalui japri maupun di grup, berhari-hari tidak ada yang direspon. Memang sempat ada info dari admin server tgl 31 Jan yg hanya menginfokan trouble sedang dalam pengecekan. Bayangkan, udah 2 hari down statusnya masih pengecekan??? Owner HostKawan baru muncul di grup chat tgl 03 Februari. 5 HARI member kebingungan dicuekin. Begitu muncul pun tidak ada jawaban memuaskan mengenai masalah ini. Tgl 5 Feb keluar info bahwa server sedang upgrade yang akan memakan waktu 5-7 hari. Diantara 130 lebih member ini banyak yang sudah punya customer. Bagaimana kita akan menjelaskan kepada customer bahwa setelah seminggu website down ternyata masih harus menunggu seminggu lagi untuk perbaikan?? Itupun jika janji HostKawan tepat, karena dari pengalaman sih sering meleset. Akhirnya sebagian member berinisiatif memindahkan hosting ke server lain.
Kondisi di atas dan terutama respon yang SANGAT SANGAT SANGAT LAMBAT dari pengelola HOSTKAWAN inilah yang menyebabkan member beramai-ramai mengajukan refund, namun tidak ditanggapi. Jadi sampai tulisan ini dibuat kondisi ratusan member HOSTKAWAN dengan sekitar 1400 web hosting masih terbengkalai tanpa kejelasan.
Thread ini saya buat sebagai ungkapan kekecewaan terhadap layanan HostKawan dan sikap pengelolanya yang tidak menunjukkan itikad baik kepada Kami membernya. Dan bisa menjadi contoh buat teman-teman terutama yang masih awam di dunia Web Hosting untuk tidak tergiur kata-kata UNLIMITED. Ingat kata UNLIMITED adalah bahasa marketing, tidak ada layanan yang benar-benar UNLIMITED.
Semoga teman-teman tidak ada lagi yang bernasib seperti kami, lebih baik mencari layanan yang memang sudah teruji dan terpercaya, jangan mudah tergiur iklan bombastis yang akhirnya sangat sangat mengecewakan.
Apa ada pengelola HostKawan yang jadi member di sini ya? Moga-moga ada ya, biar bisa memberi tanggapan :67:
 

jaapns

Hosting Guru
Verified Provider
turut pihatin .. kami baru tau ada nama itu , sayangnya juga penyedia tersebut sepertinya tidak ada statusnya sebagai member disini , jadinya akan sulit mendapat tanggapan .
 

kwansya

Beginner 2.0
turut pihatin .. kami baru tau ada nama itu , sayangnya juga penyedia tersebut sepertinya tidak ada statusnya sebagai member disini , jadinya akan sulit mendapat tanggapan .
Makasih tuan...Iya kayaknya sih ga ada atau kalaupun ada cuma silent reader hehe
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
selamat sore,

Mohon dibantu untuk kirimkan bukti invoice / layanan yang tanpa screenshot ya pak.

oh iya, ini kan post pertama ya, mungkin ada baiknya kenalan dulu

semoga masalah cepat selesai,
 

kwansya

Beginner 2.0
selamat sore,

Mohon dibantu untuk kirimkan bukti invoice / layanan yang tanpa screenshot ya pak.

oh iya, ini kan post pertama ya, mungkin ada baiknya kenalan dulu

semoga masalah cepat selesai,
Siap...oya kirim bukti invoicenya kemana ya?
 

hostbadak

Beginner 2.0
Menyedihkan cerita2 seperti ini masih terus terjadi berulang-ulang. Semoga permasalahan yang teman2 korban hadapi segera bisa teratasi dan mendapat layanan yang lebih baik kedepannya. Semangat!!
 

kwansya

Beginner 2.0
Menyedihkan cerita2 seperti ini masih terus terjadi berulang-ulang. Semoga permasalahan yang teman2 korban hadapi segera bisa teratasi dan mendapat layanan yang lebih baik kedepannya. Semangat!!
Terima kasih tuan...sayangnya masih bnyk orang seperti saya yang silau ama janji2 unlimited. Btw apa kasus seperti ini bisa diperkarakan ya ke meja hijau? Korbannya lebih dari 100 orang soalnya. Masuk pasal wanprestasi ga sih?
 

Top