Perbandingan Tier pada Pusat Data (Data Center)


XXIKU.COM

Hosting Guru

Perbandingan Tier pada Pusat Data (Data Center)​

Tabel di bawah ini menawarkan ikhtisar tingkat tinggi dari empat tingkatan pusat data dan menunjukkan berbagai model Data Center umum yang diberikan.
PARAMETERTINGKAT 1TINGKAT 2TINGKAT 3TINGKAT 4
Jaminan waktu aktif99,671%99,741%99,982%99,995%
Waktu henti per tahun<28,8 jam<22 jam<1,6 jam<26,3 menit
Redundansi komponenTidak adaRedundansi daya dan pendinginan parsial (sebagian N+1)N+1 penuhToleransi kesalahan (2N atau 2N+1)
Dapat dipelihara secara bersamaanTIDAKTIDAKSebagianYa
Harga$$$$$$$$$$
KompartmentalisasiTIDAKTIDAKTIDAKYa
KepegawaianTidak ada1 shift1+ shift24/7/365
Pelanggan biasaPerusahaan kecil dan start-up dengan persyaratan sederhanaUKMBisnis yang sedang berkembang dan besarEntitas pemerintah dan perusahaan besar
Alasan utama mengapa perusahaan dan pelanggan memilih tingkatan iniTingkat pusat data paling terjangkauRasio biaya terhadap kinerja yang baikGaris tipis antara kinerja tinggi dan keterjangkauanFasilitas toleransi kesalahan yang ideal untuk tingkat lalu lintas atau permintaan pemrosesan yang tinggi secara konsisten

Pusat Data Tingkat 1​

Infrastruktur Tingkat 1 menyediakan kapasitas daya dan pendinginan untuk mendukung seluruh beban TI. Fasilitas-fasilitas ini memiliki jalur tunggal untuk listrik dan pendinginan, dan tidak ada redundansi untuk sistem penting apa pun. Staf harus menghentikan operasi sepenuhnya untuk pemeliharaan rutin atau perbaikan darurat.
Persyaratan untuk fasilitas tingkat 1 adalah:
  • Catu daya tak terputus (UPS) untuk lonjakan dan pemadaman listrik .
  • Ruang khusus untuk sistem TI.
  • Sebuah mesin-generator.
  • Peralatan pendingin khusus yang beroperasi di luar jam kantor.
Pusat data tingkat 1 juga memerlukan sistem, protokol, dan peralatan yang memastikan pusat data aktif dan beroperasi di luar jam kerja standar (malam hari dan akhir pekan).
Karena kurangnya cadangan, klien pusat data tingkat 1 dapat mengalami waktu henti hingga 28,8 jam per tahun .

Pusat Data Tingkat 2​

Infrastruktur Tingkat 2 memiliki semua fitur pusat data tingkat 1 namun dengan opsi pencadangan tambahan. Pusat data ini menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap gangguan dengan:
  • Generator mesin ekstra.
  • Penyimpanan energi.
  • Pendingin.
  • Lantai yang ditinggikan.
  • Modul UPS.
  • Pompa.
  • Peralatan penolakan panas.
  • Tangki bahan bakar dan sel.
  • Unit pendingin ekstra.
Seperti halnya tingkat 1, pusat-pusat tingkat 2 mengandalkan satu jalur distribusi untuk listrik dan pendingin, sehingga fasilitas-fasilitas ini masih rentan terhadap gangguan yang tidak terduga. Waktu aktifnya lebih baik dibandingkan dengan pusat data berperingkat lebih rendah, sehingga klien tingkat 2 mengalami waktu henti hingga 22 jam per tahun .
faktor pemeringkatan pusat data

Pusat Data Tingkat 3​

Pusat data tingkat 3 adalah fasilitas yang dapat dipelihara secara bersamaan dengan beberapa jalur distribusi untuk daya dan pendinginan. Berbeda dengan pusat data tingkat 1 dan 2, fasilitas tingkat 3 tidak memerlukan penghentian total selama pemeliharaan atau penggantian peralatan.
Fasilitas tingkat 3 memerlukan semua komponen yang ada di pusat data tingkat 2, namun fasilitas ini juga harus memiliki ketersediaan N+1 :
  • "N" mengacu pada kapasitas yang diperlukan untuk mendukung beban TI secara penuh.
  • "+1" berarti komponen tambahan untuk tujuan pencadangan.
Redundansi N+1 memastikan komponen tambahan mulai beroperasi jika elemen utama mengalami kegagalan atau staf memindahkan komponen untuk pemeliharaan terencana.
Pusat data tingkat 3 juga memerlukan solusi cadangan yang dapat menjaga operasional tetap berjalan jika terjadi pemadaman listrik lokal atau wilayah. Fasilitas Pusat Data harus memastikan peralatan dapat terus beroperasi setidaknya selama 72 jam setelah pemadaman.
Penyiapan Tingkat 3 mengalami lonjakan ketersediaan yang signifikan jika dibandingkan dengan peringkat yang lebih rendah. Klien yang mengandalkan pusat data tingkat 3 mengalami waktu henti hingga 1,6 jam per tahun .

Pusat Data Tingkat 4​

Pusat data tingkat 4 menambahkan mekanisme toleransi kesalahan ke daftar persyaratan tingkat 3. Pusat data ini memiliki beberapa sistem yang terisolasi secara fisik yang bertindak sebagai komponen dan jalur distribusi yang berlebihan. Selain semua kondisi tingkat 3, fasilitas tingkat 4 harus memastikan:
  • Seluruh komponen mendapat dukungan dua buah generator, dua sistem UPS, dan dua sistem pendingin.
  • Setiap jalur distribusi bersifat independen sehingga kegagalan satu kali saja pada salah satu jalur tidak menimbulkan efek domino pada komponen lainnya.
  • Operasional terus berjalan selama minimal 96 jam setelah pemadaman listrik lokal atau regional.
  • Sumber listrik tidak terhubung ke sumber eksternal apa pun.
Pemisahan antara komponen-komponen yang berlebihan sangat penting untuk pusat data tingkat 4. Pemisahan fisik mencegah peristiwa lokal membahayakan kedua sistem.
Pusat data tingkat 4 memiliki redundansi 2N atau 2N+1 :
  • Redundansi 2N (atau N+N) berarti fasilitas tersebut memiliki sistem independen yang sepenuhnya tercermin dalam keadaan siaga. Jika terjadi sesuatu pada komponen utama, replika cadangan yang sama akan mulai beroperasi untuk memastikan kelanjutan pengoperasian.
  • Model 2N+1 menyediakan dua kali kapasitas operasional (2N) dan komponen cadangan tambahan (+1) jika terjadi kegagalan saat sistem sekunder aktif.
Fasilitas level 4 dapat memastikan klien tidak mengalami downtime lebih dari 26,3 menit setiap tahunnya . Alasan mengapa perjanjian tingkat layanan (SLA) tingkat 4 selalu tidak menjamin waktu aktif 100% adalah karena ada kemungkinan kecil suatu komponen mengalami masalah selama pemeliharaan komponen yang berlebihan.

Bagaimana memilih tingkat pusat data

Tingkat Pusat Data Mana yang Tepat untuk Anda?​

Meskipun tingkat yang lebih tinggi menawarkan layanan yang lebih andal, memilih tingkat 3 atau 4 tidak selalu merupakan pilihan yang tepat :
  • Tingkat 1: Pusat data ini paling cocok untuk usaha kecil dan perusahaan rintisan yang mencari opsi hosting paling terjangkau. Perusahaan kecil tanpa persyaratan TI yang rumit atau operasional sepanjang waktu dapat menoleransi downtime yang lebih sering.
  • Tingkat 2: Fasilitas ini merupakan pilihan utama bagi UKM yang menginginkan pilihan yang lebih hemat biaya dan lebih dapat diandalkan dibandingkan mitra tingkat 1. Perusahaan kecil hingga menengah biasanya menggunakan fasilitas tingkat 2, sering kali untuk menampung cadangan data atau basis data yang tidak terlalu penting.
  • Tingkat 3: Jenis pusat data ini ideal untuk perusahaan besar dengan operasional TI yang membutuhkan pengaman ekstra. Bisnis yang menampung kumpulan data yang luas (khususnya data pelanggan) adalah kandidat utama untuk tingkat ini.
  • Tingkat 4: Pusat data ini cocok untuk perusahaan tanpa batasan anggaran yang memerlukan ketersediaan tanpa gangguan. Organisasi pemerintah dan perusahaan besar dengan server yang sangat penting dan permintaan pelanggan atau bisnis yang tinggi merupakan pengguna umum fasilitas tingkat 4.
Biasanya, dua pertimbangan utama saat memilih tingkatan adalah biaya dan waktu aktif.
 
Last edited:

Top