Persiapan Hamil pada Usia Mapan


Status
Not open for further replies.

seo_rumaherbal

Beginner 1.0
Persiapan Hamil pada Usia Mapan

PERTANYAAN:
Yang terhormat Dr. Sofie.
Dok, saya (36) baru menikah beberapa bulan. Saya tak menahan-nahan untuk punya momongan, apalagi mengingat usia saga gang sudah sangat mapan. Meski begitu saya belum juga telat menstruasi.
Dok, seandainya saya dianugerahi hamil oleh Allah beberapa tahun lagi apakah aman? Sebenarnya berapa usia ideal seorang perempuan untuk hamil pertama kali. Apa yang harus saya lakukan agar saya bisa cepat hamil. Saya ingin anak minimal dua. Terima kasih atas perhatiannya.

JAWABAN
INSYA Allah sekitar 80 persen pasangan subur akan hamil dalam masa satu tahun perkawinan. Karin baru saja beberapa bulan menikah sehingga tidak perlu terlalu cemas kalau saat ini belum hamil.

Upaya yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan umum dan mempersiapkan diri unluk hamil. Mengingat usia Karin saat ini 36 tahun, memang sudah termasuk golongan risiko tinggi untuk hamil pertama, artinya meningkat risikonya untuk mendapatkan hal-hal yang kurang baik bagi ibu ataupun janin.

Risiko yang dapat terjadi antara lain angka keguguran, kejadian hipertensi dalam kehamilan (terutama pada kehamilan di atas 20 minggu), kemungkinan janin kecil, perdarahan dalam kehamilan, dan kejadian sindroma down (bentuk kelainan kromosom janin, cacat janin) akan meningkat, demikian pula komplikasi persalinan seperti persalinan lama, persalinan sulit, dan perdarahan pascasalin.

Usia terbaik untuk hamil adalah 20-30 tahun (ibaratnya lampu hijau), lampu kuningnya (waspada terhadap kelainan yang akan terjadi) usia 16-19 dan 31- 34 tahun, sedangkan risiko tinggi (meningkatkan komplikasi kehamilan dan persalinan) pada usia kurang dari 16 tahun dan lebih dari 35 tahun.

Yang ibu harus lakukan saat ini adalah screening (menapis) hal-hal yang dapat meningkatkan risiko, yakni dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium untuk melihat adakah faktor ibu yang dapat memberatkan kehamilan seperti infeksi kronis, kelainan pembuluh darah, atau penyakit lainnya.

Hubungan yang teratur dan dikondisikan dengan jadwal masa subur sangat dianjurkan, demikian juga konsumsi folat sebanyak 400 ug dianjurkan 3 bulan sebelum kehamilan untuk mencegah beberapa macam cacat janin.

Apabila Allah mengizinkan, ibu dapat saja hamil dua kali dengan jarak yang optimal, yakni antara 2 tahun (mengingat usia ibu sudah 36 tahun).


Sumber: Pikiran Rakyat 11 Juli 2010
 
Status
Not open for further replies.

Top