Postfix, Mailman, Dovecot



Status
Not open for further replies.

blu3_x30n

Beginner 2.0
Setahu saya ke tiga program ini adalah mail server bukan ? CMIIW nah pertanyaannya, karena ketiga program ini jalan di server saya, saya mau stop process ketiga program ini.

Sebagai informasi, untuk handling e-mail saya pake google apps. Apakah aman jika saya mau stop ketiga program ini ?
 

ruangweb

(Ret) Community Leader
kalo MX sudah di-set ke server luar (dalam hal ini googleapps) emang lebih disaranin menonaktifkan service "mail" karena akan mubazir jika ttp dijalanin, kecuali utk mengirim email notifikasi dari sistem (misalnya firewall, cron, bruteforce detection, csf/lfd, dan sbg nya).
 

blu3_x30n

Beginner 2.0
kalau begitu berarti saya bisa stop 2 dari 3 program itu ya bro ? tapi bagaimana caranya mengetahui mana yang di pakai oleh sistem ? thx before
 

nicosoftmedia

(RIP) Community Guide
Coba nonaktifkan Dovecot dan Mailman, karena Dovecot ini berfungsi untuk POP3 dan menerima email, sedangkan Mailman ini untuk Mailing List. Kalau Postfix berguna untuk mengirim email yang mungkin dalam hal ini menotifikasi Sistem Anda. :)
 

blu3_x30n

Beginner 2.0
sekarang malah ada problem baru bro, pake google apps, bisa kirim tapi nggak bisa terima alasannya unknown virtual table bla bla bla....

settingan dns saya untuk google apps termasuk settingan dns yang lain kecuali sub domain

----------------------------------------------------------------------
$ttl 38400
@ IN SOA ns1.namadomain.com. tonggos.namadomain.com. (
1247047267
10800
3600
604800
38400 )
@ IN NS ns1.namadomain.com.
@ IN NS ns2.namadomain.com.
namadomain.com. IN A 192.168.0.1
www.namadomain.com. IN A 192.168.0.1
ftp.namadomain.com. IN A 192.168.0.1
m.namadomain.com. IN A 192.168.0.1
localhost.namadomain.com. IN A 127.0.0.1
webmail.namadomain.com. IN A 192.168.0.1
admin.namadomain.com. IN A 192.168.0.1
mail.namadomain.com. IN A 192.168.0.1
namadomain.com. IN MX 5 mail.namadomain.com.
namadomain.com. IN TXT "v=spf1 a mx a:namadomain.com ip4:192.168.0.1 ?all"
---------------------- GOOGLE APPS ------------------------------------
webmail. 14400 IN CNAME ghs.google.com.
namadomain.com. 14400 IN MX 10 ASPMX.L.GOOGLE.COM.
namadomain.com. 14400 IN MX 20 ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
namadomain.com. 14400 IN MX 20 ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
namadomain.com. 14400 IN MX 30 ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM.
namadomain.com. 14400 IN MX 30 ASPMX3.GOOGLEMAIL.COM.
namadomain.com. 14400 IN MX 30 ASPMX4.GOOGLEMAIL.COM.
namadomain.com. 14400 IN MX 30 ASPMX5.GOOGLEMAIL.COM.
-------------------------------------------------------------------------
ns1.namadomain.com. IN A 192.168.0.1
ns2.namadomain.com. IN A 192.168.0.2
server.namadomain.com. IN A 192.168.0.1

-----------------------------------------------------------------

untuk settingan mail yang di google apps adalah : webmail.namadomain.com

nah pertanyaannya, ini dimana yang salah ya ? saya udah coba start kembali mailman & dovecot tapi nggak ngaruh sama sekali

mohon bantuannya master2 disini
 

blu3_x30n

Beginner 2.0
weleh kok aneh...... saya barusan aja mencoba menghilangkan ini :

namadomain.com. IN MX 5 mail.namadomain.com.
namadomain.com. IN TXT "v=spf1 a mx a:namadomain.com ip4:192.168.0.1 ?all"

pada record file nya dan stop postfix malah BISA !!!( terima dan kirim ).

btw ada yang bisa jelasin nggak ya ?
 

ruangweb

(Ret) Community Leader

jr-webhost

Apprentice 2.0
Itu IP local ya ?
Biasanya support email google itu untuk domain yang aktif, bukan domain virtual localhost.

Hasil surve :
Resolving Host: namadomain.com...
Name: namadomain.com
IP: 69.20.59.206
Domain: namadomain.com
 
Status
Not open for further replies.

Top