Saran untuk keamanan data website anda.


Status
Not open for further replies.

robert

Beginner 2.0
Betapapun securenya sebuah server, tidak ada yang bisa menjamin 100% aman (data anda tidak hilang) oleh berbagai sebab.

Untuk itu kami sarankan gunakan Offsite Backup.

Artinya dilakukan backup (harian, mingguan, bulanan) otomatis ke server yang berbeda lokasi.

Hanya dibutuhkan kira2 20% Space dari web asalnya, (misal website mempunyai 1GB space, hanya dibutuhkan kira2 200MB space untuk backup).

Hal ini bisa dilakukan jika anda mempunyai root access, atau membeli space backup di tempat lain.

Smoga bermanfaat!
 

PusatHosting

Hosting Guru
Meskipun provider sudah melakukan backup rutin,
Lebih baik melakukan backup juga secara mandiri

Bisa menggunakan ftp backup ato rsync ada provider yg nyediakan akses shell khusus backup jd ga perlu beli vps dan pastinya lebih murah
Cuman di provider lokal indonesia belum ada
Sy dulu biasa pakai rsyncpalace
 

mediainspirat

Poster 2.0
yup. tapi terkadang klient merasa malas untuk membackup secara mandiri. hanya mengandalkan provider saja :)

Bukan seperti itu sih bos sebenarnya... Klien percaya kepada Provider.. dan bisa jadi tidak hanya di sibukkan dengan masalah hosting.. Jadi Provider memang harus telaten..ini adalah nilai tambah bagi Provider jika mengalami hal itu.. sewaktu2 membutuhkan backup provider sdah ada..
 

robert

Beginner 2.0
Jika kita perhatikan baik2 hampir semua Term of Service jasa hosting, tidak ada yang menjamin data cliennya 100% aman atau jika data hilang jasa hosting tidak bertanggung jawab atau memberi kompensasi karena memang tidak dijanjikan untuk itu. (artinya client juga diwajibkan melakukan backup sendiri).
Lalu jika diperhatikan berbagai keluhan adalah hilangnya data oleh berbagai sebab. Jika client membaca baik2 ToS karena setiap saat oleh berbagai sebab data website bisa hilang, mestinya tidak perlu ada keluhan / komplain.

Kepada client yang terhormat, jika website Anda dirasa penting apapun alasannya Anda harus mempunyai backup sendiri yang independen. Jika Anda tidak ingin menemui masalah di kelak kemudian hari.
 

Lombard

Banned!
Hello guys....!
In a broad perspective, web security doesn't just encompass the software technology, but also other areas such as the physical location of your web server...!
 
Status
Not open for further replies.

Top