Ingin berbagi pengalaman: Saya sudah 3 tahun berjualan online, di mana saat ini merasa dirugikan oleh pelayanan salah satu penyedia jasa web hosting/building. Sementara ini perusahaan penyedia jasa tidak saya sebutkan, karena saya masih menunggu respon perusahaan tersebut (yang saat ini sama sekali tidak bisa dihubungi).
kronologisnya begini:
1. Setahun kemarin, saya sudah memiliki website katalog produk, tapi karena tampilannya kurang 'pro' sebulan lalu saya menyerahkan urusan hosting + desain web ke xxx.biz dengan kesepakatan Rp. 1,6jt, di mana pihak xxx.biz telah menyanggupi membangun website sesuai kebutuhan/ keinginan saya (website katalog produk).
2. Mereka menjanjikan website selesai dalam waktu 7 hari setelah saya membayar DP (yang saat itu juga dibayar). Namun, seminggu kemudian website saya belum juga rampung. Setelah saya tanyakan, ternyata pihak xxx.biz mendadak kebingungan tentang format website saya, katanya website saya harus menyatukan toko online + portal, dan sangat sulit dilakukan. Kalau begitu kenapa menyanggupi dari awal? Saya bilang tidak usah toko online karena tidak perlu format seperti itu, tapi pihak xxx.biz meyakinkan saya bahwa toko online akan lebih memudahkan saya menjalankan bisnis. Selain itu katanya menyatukan format toko online + portal hampir mustahil. Karena saya tidak terlalu mengerti soal teknis website, akhirnya saya mengikuti saran xxx.biz.
3. Setelah telat hampir 1 minggu dari yang dijanjikan, akhirnya saya melakukan full-payment dengan harapan website cepat rampung, karena desakan konsumen saya yang ingin melihat katalog produk. Beberapa jam kemudian, benar saja website langsung tampil. Namun, sesaat itu pula saya dibanjiri keluhan konsumen, karena format toko online yang membingungkan, selain itu tampilannya juga aneh.
4. Saya langsung komplain ke xxx.biz, tetapi tidak terlalu ditanggapi. Mereka berkelit, bahwa urusan selanjutnya jadi tanggung jawab saya, karena website mereka anggap sudah selesai. Pihak xxx.biz berjanji akan memandu saya dalam memperbaharui/modifikasi konten website, tapi janji itu tidak pernah dilakukan. Saya tagih melalui Live Chatt pun tidak pernah ditanggapi. Terkesan mereka 'kabur' setelah mendapatkan full-payment.
5. Akhirnya saya mencari pedoman joomla gratisan di internet dan singkat cerita website itu rampung juga. Setelah itu saya merasa sangat heran, ternyata membangun website seperti keinginan saya sangat mudah, apalagi bagi pihak profesional seperti xxx.biz, mengapa xxx.biz mengatakan sangat sulit ibarat sesulit 'membalikan gunung'.
Pada sebelum kesepakatan (DP), saya berkali-kali bertanya apakah xxx.biz merupakan hosting yang stabil? karena jika sering down, saya akan mengalami kerugian akibat kehilangan konsumen yang biasa mengunjungi website saya. Sekarang, sudah hampir dua hari website saya error. Ketika saya kunjungi website xxx.biz, juga sama error. Saya bingung harus mengeluhkan masalah ini kepada siapa? Apakah ada cara memindahkan hosting dan konten saya kepada perusahaan lain yang kredibel? Bagi saya reasonable price tidak masalah selama pelayanannya juga profesional.
Terima kasih telah membaca postingan ini, saran sangat saya harapkan
kronologisnya begini:
1. Setahun kemarin, saya sudah memiliki website katalog produk, tapi karena tampilannya kurang 'pro' sebulan lalu saya menyerahkan urusan hosting + desain web ke xxx.biz dengan kesepakatan Rp. 1,6jt, di mana pihak xxx.biz telah menyanggupi membangun website sesuai kebutuhan/ keinginan saya (website katalog produk).
2. Mereka menjanjikan website selesai dalam waktu 7 hari setelah saya membayar DP (yang saat itu juga dibayar). Namun, seminggu kemudian website saya belum juga rampung. Setelah saya tanyakan, ternyata pihak xxx.biz mendadak kebingungan tentang format website saya, katanya website saya harus menyatukan toko online + portal, dan sangat sulit dilakukan. Kalau begitu kenapa menyanggupi dari awal? Saya bilang tidak usah toko online karena tidak perlu format seperti itu, tapi pihak xxx.biz meyakinkan saya bahwa toko online akan lebih memudahkan saya menjalankan bisnis. Selain itu katanya menyatukan format toko online + portal hampir mustahil. Karena saya tidak terlalu mengerti soal teknis website, akhirnya saya mengikuti saran xxx.biz.
3. Setelah telat hampir 1 minggu dari yang dijanjikan, akhirnya saya melakukan full-payment dengan harapan website cepat rampung, karena desakan konsumen saya yang ingin melihat katalog produk. Beberapa jam kemudian, benar saja website langsung tampil. Namun, sesaat itu pula saya dibanjiri keluhan konsumen, karena format toko online yang membingungkan, selain itu tampilannya juga aneh.
4. Saya langsung komplain ke xxx.biz, tetapi tidak terlalu ditanggapi. Mereka berkelit, bahwa urusan selanjutnya jadi tanggung jawab saya, karena website mereka anggap sudah selesai. Pihak xxx.biz berjanji akan memandu saya dalam memperbaharui/modifikasi konten website, tapi janji itu tidak pernah dilakukan. Saya tagih melalui Live Chatt pun tidak pernah ditanggapi. Terkesan mereka 'kabur' setelah mendapatkan full-payment.
5. Akhirnya saya mencari pedoman joomla gratisan di internet dan singkat cerita website itu rampung juga. Setelah itu saya merasa sangat heran, ternyata membangun website seperti keinginan saya sangat mudah, apalagi bagi pihak profesional seperti xxx.biz, mengapa xxx.biz mengatakan sangat sulit ibarat sesulit 'membalikan gunung'.
Pada sebelum kesepakatan (DP), saya berkali-kali bertanya apakah xxx.biz merupakan hosting yang stabil? karena jika sering down, saya akan mengalami kerugian akibat kehilangan konsumen yang biasa mengunjungi website saya. Sekarang, sudah hampir dua hari website saya error. Ketika saya kunjungi website xxx.biz, juga sama error. Saya bingung harus mengeluhkan masalah ini kepada siapa? Apakah ada cara memindahkan hosting dan konten saya kepada perusahaan lain yang kredibel? Bagi saya reasonable price tidak masalah selama pelayanannya juga profesional.
Terima kasih telah membaca postingan ini, saran sangat saya harapkan
Last edited: