ternyata sayuran dan buah-buahan baik untuk tulang Anda


Status
Not open for further replies.

ramadoni

Apprentice 1.0
oleh Rosalie Marion Bliss

DokterSehat – Pada penelitian terbaru diketahui bahwa pewarna alami yang terdapat dalam tumbuhan dapat membantu menghindari kehilangan tulang pada pria dan wanita lanjut usia. penelitian yang dilakukan oleh ARS (Agricultural Research Service) yang dipublikasikan dalam jurnal online di The American Jurnal of Clinical Nutrition.

Penelitian yang dilakukan oleh epidemiologist Katherine Tucker dan Jean Mayer dari USDA Human Nutrition Research Center on Aging (HNRCA) pada Tufts Unifersity di Boston, USA.

Penelitian-penelitian yang telah dilakukan secara konsisten menunjukan bahwa asupan buah dan sayuran baik untuk tulang. antioksidan biologis dalam buah dan sayur seperti karotenoid, melindungi sel dan jaringan dari kerusakan karena adanya radikal bebas yang ada dalam tubuh. Nutrisi tertentu dari tumbuhan dapat melindungi tulang dengan mengurangi paparan oksidasi dan mencegak penghancuran tulang atau penyerapan kalsium tulang oleh darah.

Peleliti tersebut memeriksa potensi pengaruh asupan beberapa senyawa karoten termasuk alpha karoten, beta karoten, beta cryptoxantin, lycopene dan lutein beserta zeaxantin secara individu atau gabungan terhadap kepadatan minerat yang terdapat pada tulang.

Penelitian dilakukan dengan pengamatan perubahan kepadatan mineral tulang pada tulang panggul dan tulang pinggang milik sukarelawan berumur rata-rata 75 tahun yang mengikuti program Framingham Osteoporosis study. Diantara sukarelawan tersebut 213 laki-laki dan 390 wanita dipelajari selama 4 tahun.

Selama pengamatan 4 tahun tersebut, karoten dihubungkan dengan pencegahan kehilangan kepadatan mineral tulang pada tulang panggul pria dan tudalng pinggang pada manusia. Tidak ada pengaruh yang cukup signifikan pada tulang-tlang lainnya yang teramati.

Hasil penelitian ini mengungkapkan pengaruh protektif dari karoten terutama lycopene terhadap kerusakan tulang pada lanjut usia. Peneliti tersebut menyimpulkan bahwa ada karoten berpengaruh dalam perlindungan derhadap kerusakan tulang.

Untuk melihat kandungan karoten pada bahan pangan, dapat dilihat di ARS Nutrient Data Laboratory

Source

Read more: http://doktersehat.com/2009/01/30/menjaga-kesehatan-tulang-dengan-karoten/#ixzz0baxh0FYk
nah sekrang terserah kita, rajinkah kita mengkonsumsi buah dan sayur?? karena sudah jelas berdasarkan artikel di atas bahwa buah dan sayur mengandung zat yang sangat berguna bagi kesehatan tulang manusia.
 

galuh82

Hosting Guru
Verified Provider
nah sekrang terserah kita, rajinkah kita mengkonsumsi buah dan sayur?? karena sudah jelas berdasarkan artikel di atas bahwa buah dan sayur mengandung zat yang sangat berguna bagi kesehatan tulang manusia.
trims infonya ..
 
Status
Not open for further replies.

Top