Tips Menggunakan Jasa Paid Promote agar Kamu Tidak Keliru


achbarfarizqy

Beginner 2.0
6


Jika kamu punya bisnis, hal yang paling penting setelah punya produk adalah memasarkannya. Bila tidak, calon konsumen kamu tidak akan tahu kamu menjual apa. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan paid promote atau promosi berbayar.

Pada saat ini jasa paid promote yang paling populer menggunkan platform Instagram. Penyedia jasa ini biasanya adalah akun-akun Instagram yang memiliki jumlah pengikut yang banyak. Dengan kamu membayar sejumlah uang, brand atau produk kamu akan langsung dipromosikan dengan cara mengunggah foto atau video.

Paid promote tentunya tidak terbatas di Instagram saja, akun media sosial di Twitter dan Facebook juga termasuk di dalamnya. Tentunya juga penting untuk kamu tidak sembarangan memilih akun yang akan kamu bayar untuk mempromokan. Karena jika kamu salah memilih, hasil penjualan juga tidak akan sebaik yang kamu harapkan, atau bahkan tidak terjual sama sekali.

Kelebihan dan Kekurangan Paid Promote

66


Tentunya ada hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk promosi menggunakan paid promote.

Kelebihan Paid Promote
  • Biaya yang relatif lebih murah. Dibandingkan jika kamu membayar influencer atau iklan menggunakan Instagram Ads, promosi dengan sistem paid promote bisa lebih murah.
  • Jangkauan luas. Dengan biaya yang lebih murah, akun yang membuka jasa paid promote bisa memiliki jumlah pengikut yang sama atau lebih banyak dari influencer.
  • Konten Tertarget. Akun Instagram atau platform lain yang membuka jasa paid promote biasanya akan fokus membuat konten yang spesifik. Jika followersnya sesuai dengan target penjualan kamu, besar kemungkinan hasil promosi kamu akan berhasil.

Kekurangan Paid Promote
  • Terlalu banyak konten. Akun Instagram dengan followers banyak yang membuka jasa paid promote biasanya juga sangat rajin untuk malakukan posting konten lainnya. Hal ini bisa membuat postingan konten kamu mudah tenggelam dalam feeds
  • Admin terkadang malas. Beberapa admin yang memasang jasa paid promote banyak yang tidak peduli dengan konten yang dipromosikan. Mereka kadang hanya berfikir sekedar posting dan menerima uang.

Cara Melakukan Paid Promote

666


Nah, sekarang masuk ke tahap bagaimana sih cara melakukan paid promote?
Sebenarnya cukup mudah. Pertama kamu harus mencari dan mendata beberapa akun yang kamu anggap memiliki follower sesuai dengan karakteristik kostumer ideal kamu.

Beberapa aspek yang perlu kamu lihat adalah:
  • Seberapa banyak followernya?
  • Seberapa sering akun tersebut posting
  • Seberapa tinggi persentase engagement per postingannya
  • Apakah followernya real atau fake
Pada umumnya tingkat engagement per postingan minimal 2% per jumlah follower. Maka, jika follower mereka 100 ribu, minimal harus ada komentar atau like 2000 per postingannya.

Baca Juga: Mengenal Metode Persediaan Stok Barang LIFO

Tips Beriklan dengan Sistem Paid Promote

Lalu, sekarang kita bisa masuk ke intinya nih, yaitu tips untuk kamu menggunakan paid promote secara bijak di Instagram atau platform lainnya.
  1. Gunakan gambar atau video yang baik. Posting gambar yang langsung menarik perhatian calon pembeli, seperti menggunakan warna yang lebih terang, resolusi tinggi, dan to the point.
  2. Desain gambar yang sesuai. Misalnya jika target kamu adalah pecinta sepatu, maka buat desain gambar yang terkesan sepatu.
  3. Gunakan copywriting yang baik pada bagian caption.
  4. Minta Insight Data. Akun Instagram sekarang sudah dilengkapi dengan fitur Insight Analytics untuk melihat seberapa baik peforma akun mereka.
  5. Pastikan tarif yang wajar. Data semua akun dan tarif yang mereka pasang untung sekali posting. Pastikan kamu tidak membayar uang yang lebih banyak dari biasanya.
  6. Pastikan bukan akun BOT. Akun robot saat ini sangat menjamur dan mengincar pebisnis awam yang ingin melakukan paid promote.
  7. Request di jam dan tanggal yang optimal. Jika calon pelanggan kamu baru bisa media sosial pada sore hari, maka kamu harus meminta pada sore hari.

Itulah beberapa tips untuk menggunakan paid promote dengan bijak. Promosi berbayar mempunyai peranan sebagai media promosi yang baik, tapi banyak juga yang menyesatkan. Jadi jangan sampai kamu sia sia mengeluarkan dana untuk paid promote ya!

Dan jangan lupa, untuk membantu bisnis kamu, Gunakan software omnichannel Genie. Genie bisa membantu kamu berjualan di berbagai platform hanya dengan satu sistem. Dengan begitu, bisnis kamu akan lebih berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.
 

Top