Tips Sukses Jualan Online Ala Milenial


bitbitbit

Beginner 2.0
jualan online -1.jpg
Kredit Pintar - Tidak dapat dipungkiri lagi, pandemi corona yang mewabah di Indonesia setahun belakangan ini memang berdampak pada semua lini kehidupan. Agar tetap dapat bertahan, kamu harus pintar-pintar mencari celah atau peluang, salah satunya adalah dengan jualan online.

Mengapa harus jualan online? Pertama, karena saat ini semua serba digital, jualan online lebih praktis dan mudah. Kedua, berjualan online tanpa harus bertemu langsung dengan pembeli, dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona

Jadi, jualan online adalah kunci jawaban tetap menghasilkan uang di tengah krisis ekonomi akibat pandemi. Kendati demikian, masih banyak toko online yang bangkrut,lho. Nah, agar jualan online bisa laris manis dan berkembang pesat, maka Kamu harus menyimak 10 tips mudah berikut ini!

10 Tips Sukses Jualan Online Ala Milenial
jualan online 2.jpg

1. Kenali nilai unik dari produk yang hendak dijual
Penting sekali mengenali apa kelebihan produk yang hendak Kamu jual. Memilih produk jualan tidak boleh asal, harus benar-benar dipikirkan secara matang, apakah keunikan produk jualanmu yang tidak ada di kompetitor?
Untuk menjawab ini, Kamu bisa memposisikan menjadi seorang pembeli terlebih dahulu.

2. Bangun brand awareness dengan membuat website toko online sendiri
Pembuatan website bagi toko online mempunyai banyak keuntungan, seperti :
  • bisa mendesain web sesuai branding yang diinginkan, sehingga keunikan produk jualan dapat ditonjolkan.
  • memegang kendali atas traffic penjualan sendiri, misalnya data penjualan, demografi pembeli dan model produk yang paling disukai pelanggan.
  • segala bentuk pemasaran produk menjadi lebih mudah dilakukan.
3. Jual di banyak marketplace
Selain berjualan di web toko online sendiri, Kamu juga harus gentar memasarkan produk di beberapa marketplace. Seperti Tokopedia, JD.id, Shoppe, dan sebagainya.

4. Gunakan foto produk yang menarik
Foto merupakan magnet pada produk yang dijual. Orang akan lebih tertarik membeli produk jika gambarnya jelas. Tidak perlu memotret produk dengan kamera mahal, cukup perhatikan pencahayaan ruangan, sehingga hasilnya tidak buram, tidak ngeblur dan jelas.

5. Aktif di media sosial
Meskipun sudah memajang jualan di website toko atau melalui marketplace, Kamu juga perlu memasarkan jualan di media sosial. Kamu bisa memanfaat fitur adsense yang tersedia di Facebook, Google, Youtube atau Instagram. Kamu juga bisa membuat URL toko online dan membaginya di chat WA, FB atau lainnya.

6. Gencar promosi offline
Berjualan online bukan berarti melupakan cara konvensional, ya. Kamu juga bisa memasarkan produk secara offline, seperti menawarkan pada keluarga, teman terdekat atau membuka stand di depan rumah.

7. Mengatur ketersediaan produk
Mengatur laju penjualan juga perlu Kamu lakukan. Sebaiknya rekrut pekerja yang khusus untuk mencatat semua persediaan barang. Sehingga barang yang sudah habis dapat ditandai.
Jika perlu carilah distributor yang selalu memperbarui daftar stok barang, agar Kamu tidak lagi repot bertanya apakah barang available atau tidak?

8. Buat berbagai promo menarik
Saat ini sedang ngetren HARBOLNAS alias hari belanja online nasional yang menjadi ajang melakukan promo besar-besaran. Di momen seperti itu, Kamu bisa menawarkan promo untuk menghabiskan stok barang.
Mainkan psikologis konsumen dengan permainan kata “promo”, misalnya “Buy 1 Get 1” atau “Gratis ongkir setiap belanja Rp. 50000” dan lainnya.

9. Deskripsikan produk dengan menarik
Jelaskan produk yang dijual secara spesifik, termasuk manfaat dan material pembuatannya tersebut. Dalam membuat deskripsi produk, gunakan kalimat superlatif beserta bukti nyatanya.

10. Kemas pesanan dengan aman
Sepele namun mengemas barang yang dijual dengan asal-asalan akan merugikan toko online Kamu sendiri. Sebab barang yang dikirim tidak aman dan berisiko rusak. Jika barang cacat, jangan heran kalau pelanggan akan memberikan penilaian buruk pada toko online-mu.
Bungkus produk yang dijual menggunakan bubble wrap sebelum dimasukkan ke dalam kardus. Jika perlu, lapisi kardus dengan lakban atau plastik agar terhindar dari cipratan air. Jika produk berukuran cukup besar, manfaatkan styrofoam agar isi paket tidak terguncang. Jangan lupa, sertakan logo “fragile” pada setiap kemasan yang dikirim. Agar kurir pengiriman lebih berhati-hati memperlakukan barang jualanmu.

Itulah tadi 10 tips sukses yang dapat dicoba ketika memulai jualan online.
 

Top