video tutorial OOP PHP (PHP 5.3)



Status
Not open for further replies.

morphine

New Member
Tuan.. beberapa framework PHP kan dah pada mau updrage dan mewajibkan PHP 5.3.x, contohnya Zend 2.0, Symfoni dll..
nah.. untuk meyambut tantangan tersebut, akan sangat bijak jika kita telah siap menghadapinya.. :o
bekal pengetahuan tentang OOP di PHP akan cukup membantu ketika menggunakan framwork2 tersebut..

nah saya baru ingat kalau saya pernah buat video tutorial tentang OOP PHP.. mungkin bisa dipakai Tuan2 buat belajar, karena memang untuk itulah video tersebut saya buat.. dan versi PHP yang saya gunakan pada video2 tersebut adalah PHP 5.3.0..

langsung saja ya Tuan TKP nya..

yang pertama tentang dasar-dasar OOP di PHP dapat di lihat di http://www.youtube.com/playlist?list=PLB1DF337F3AB33ED8

ada juga implementasi OOP untuk membuat paging.. lokasinya di http://www.youtube.com/playlist?list=PLD354FC0C25C669C3


atau mungkin ada yang ingin mendalami callback di PHP.. silahkan Tuan check http://www.youtube.com/playlist?list=PL31E6E73C1D9384A8 .. siapa tau bermanfaat..


semua video saya upload di youtube.. jadi gratis Tuan.. hehehe



sekedar info Tuan.. PHP 5.3.x itu banyak kelebihan di banding PHP sebelumnya (5.2.x).. :o



nah buat Tuan2 yang websitenya ngoding sendiri, saya doakan semoga website barunya yang menggunakan PHP 5.3.x cepat selesai dan siap di upload...


harapan saya sih sebenarnya makin banyak client webhosting yang pakai PHP 5.3.x.. supaya makin banyak webhosting yang mau upgrade PHP mereka ke versi 5.3.x


karena webhosting yang nyediain PHP 5.3.x SANGAT JARANG SEKALI.. atau meminta mereka buat upgrade ke versi 5.3.x SANGAT SUSAH SEKALI DI PENUHI..... #KampanyeWebhostingSegeraUpgradePHPnyaKeVersi5.3.x




itu saja ya.. wah jadi gk enak nih mengandung curcol..
 

dpnux

Expert 1.0
Resource yang bagus!

Secara spesifik ada beberapa bagian yang sangat krusial karena sering dipakai oleh script lama seperti fungsi - fungsi extension posix regex salah satunya contoh ereg yang sudah dianggap usang, hal ini kerap terjadi pada saat saya mendepoly aplikasi lama ke server php 5.3 jadi harus dilakukan refactoring.

Sebisa mungkin melakukan pengkodean dalam situasi E_STRICT yang bisa diset di php.ini pada saat development dengan memanfaatkan PHP 5. Menggunakan MySQLi sangat direkomendasikan pada PHP 5.

Menurut saya untuk memahami OOP karena permintaannya besar, melakukan pengkodean dengan teknik struktural masih ok. Kalau dari sudut pandang bisnis, shared hosting pindah ke PHP 5.3 kayaknya masih sulit karena tersandung dengan script lama yang bergantung pada magic quotes, safe mode, posix regex, dsb yang bisa menimbulkan komplain jadi musti nunggu cPanel yang bisa memberikan moda ke PHP 5.3 atau sebelumnya.
 

morphine

New Member
Secara spesifik ada beberapa bagian yang sangat krusial karena sering dipakai oleh script lama seperti fungsi - fungsi extension posix regex salah satunya contoh ereg yang sudah dianggap usang, hal ini kerap terjadi pada saat saya mendepoly aplikasi lama ke server php 5.3 jadi harus dilakukan refactoring.

Sebisa mungkin melakukan pengkodean dalam situasi E_STRICT yang bisa diset di php.ini pada saat development dengan memanfaatkan PHP 5. Menggunakan MySQLi sangat direkomendasikan pada PHP 5.
yang saya lihat, error yang paling muncul pada website yang masih menggunakan fungsi/extension yang usang adalah E_DEPRECATED. tapi sajauh yang saya ketahui E_DEPRECATED hanyalah cara PHP menyampaikan bahwa fungsi/extension yang digunakan akan di remove di versi selanjutnya.

tapi apakah fungsi/extension masih berfungsi? ya, masih. masih berfungsi dengan baik seperti versi sebelumnya. hanya saja para developer harus mengganti cara mereka menyusun code jika website mereka masih ingin bisa di jalankan di versi PHP berikutnya.

mendisabled E_DEPRECATED di php.ini seharusnya bisa menyelesaikan masalah "tampilan DEPRECATED" di PHP 5.3.

tentang E_STRICT juga sama. level error ini lebih lemah dari pada E_NOTICE. enable E_DEPRECATED & E_STRICT saat masih mengembangkan website sangat disarankan. lain halnya jika telah berada di lingkungan production. disable E_STRICT dan E_DEPRECATED bukanlah keputusan yang membahayakan.

jadi menurut saya mendisable E_STRICT dan E_DEPRECATED dan seting timezone di php.ini seharusnya bisa mengurangi masalah penggunaan PHP 5.3
PHP:
error_reporting = E_ALL & ~E_DEPRECATED;

date.timezone = 'benua/negara'

disamping itu.. release PHP 5.3.0 sudah 2 tahun yang lalu. applikasi2 web terkenal juga telah membuat versi mereka mendukung versi 5.3 (termasuk joomla dan codenightder).



Menurut saya untuk memahami OOP karena permintaannya besar, melakukan pengkodean dengan teknik struktural masih ok.
saya pribadi lebih suka OOP, karena lebih mudah dimaintain. dan sejauh pengamatan saya, PHP 5.3 adalah salah satu kabar baik bagi developer PHP di dunia (terutama framework). salah satu-nya karena PHP 5.3 memiliki fitur2 yang membuat framework PHP dapat diakses seperti Ruby on Rails yang tidak bisa dilakukan PHP 5.2. lihat saja Symfoni atau Doctrin atau Zend. mereka dalam pengembangan yang akan me-release versi yang require PHP 5.3.



Kalau dari sudut pandang bisnis, shared hosting pindah ke PHP 5.3 kayaknya masih sulit karena tersandung dengan script lama yang bergantung pada magic quotes, safe mode, posix regex, dsb yang bisa menimbulkan komplain jadi musti nunggu cPanel yang bisa memberikan moda ke PHP 5.3 atau sebelumnya.
saya mengerti tentang hal ini. seandainya saya mengelola hosting, saya juga akan pikir seribu kali untuk men-resiko-kan kepercayaan banyak palanggan lama dengan permintaan fiture baru dari setitik calon pelanggan baru.
tapi saya juga akan mengusahakan hal2 yang seharusnya saya ikuti sesuai dengan perkembangan zaman. akan tetapi, berbicara seandainya memanglah mudah karena tidak merasakan langsung. oleh karena hal tersebut, saya lebih baik mengajak teman2 pengguna PHP lain memahami PHP 5.3. setidaknya, jika permintaan PHP 5.3 semakin banyak, webhosting2 di Indonesia akan memikirkan kembali tentang PHP 5.3. saya juga sadar, hal tersebut akan memakan waktu, dan semuanya hanya Yang Maha Kuasa yang menentukan.




sekali lagi, apa yang saya ungkapkan diatas hanyalah "menurut saya", yang mungkin jika dilihat dari banyak sisi memiliki banyak subjeksitas.
 

vkios01

Expert 1.0
menarik ini thread..
saya pribadi kalau develop website, sudah memakai php 5.3
kalau saya sih selalu berfikir ke depan terus :p
pasti ada tanggal mainnya versi php server akan di upgrade besar-besaran karena masalah security mungkin

lagi dikantor :D belum bisa buffer ini..

semangat om TS.. saya juga mendukung kok upgrade versi php server ke 5.3.x

kalau pangsa pasar, kan sedikit yang pakai php 5.3.x mungkin ini bisa jadi nilai lebih ya.. buat developer yang mencari server dengan php 5.3.x kalau punya uang pasti sudah build server pakai php 5.3.x :evil:
 

m_rizki_r

Beginner 1.0
Bisa gak sih, satu web server (apache) menjalankan secara bersamaan beberapa versi PHP ?. misalnya, php 4.xxx, 5.1.x, 5.2.x, dan 5.3.x
 
Status
Not open for further replies.

Top