1 Juta Domain .id Gratis


Status
Not open for further replies.

ALVonChen

Poster 2.0
Berita bagus Tuan, Menkominfo katanya berencana membagikan 1 juta domain .id gratis (mungkin tahun depan). Katanya untuk menghemat bandwith international yg memakan dana sangat besar dan menggunakan anggaran 2016 akan memakan 50 milyar untuk 1 juta domain .id gratis ini :D

Berita bagus, tapi pertanyaannya :
1. Bukannya lokasi server yg lebih pengaruh ya ke bandwith y? (Domain .id tpi server luar ya apa bedanya)
2. Yakin beli banyak bisa dapet harga sampe 50ribu / domain? Atau dalam arti cuma 10% dari harga skrg? (Tadinya saya pikir malah itu ekstensi domain .id memang pure punya & dikelola indo jdi gak perlu bayar lagi keluar)
3. Hubungan domain dengan bandwith local / internasional ( agak kurang ngerti jga, apa memang ekstensi domain itu ngaruh y? )
4. Kayaknya akan lebih efektif utk menurunkan harga domain .id yg cukup mahal itu daripada memberikan 1 juta domain gratis di tahun pertama ( kalo selamanya sih gpp, hehehe :D )
5. Tujuannya juga katanya biar masyarakat beralih dari domain .com ke domain .id (bagus sih, cuma saya gak yakin bakal pada mau apalagi harga aslinya 500ribu, pasti pada milih .com juga yg lebih general di seluruh dunia + lebih murah)

Sekian terima kasih :D
 

cyberidiot

Poster 2.0
lagi-lagi "projek" pemerintah nih,
1juta domain GRATIS, kalau cuman di pakai asal-asalan juga percuma
buang-buang duit rakyat aja, drpd buat gratis domain, mending
untuk pengobatan atau sumbangin ke panti asuhan / jompo / fakir miskin yg membutuhkan :35:
 

ALVonChen

Poster 2.0
Yap, sebenernya memang gak efektif ini. Bakal jauh lebih efektif kalau dibuat subsidi jadi diturunkan harganya.

Sebelumnya juga menkominfo ada bilang "daripada promosi 1 minggu domain .id gratis kurang greget" «« Jujur kalau pendapat sy, perkataannya yg ini lebih efektif. 1 juta domain gratis hanya membuang uang saja tanpa memberikan hasil yang optimal utk 2 tujuan utamanya.

Sumber berita =
detik.com/inet/read/2015/04/06/193836/2879561/328/menkominfo-alokasikan-rp-50-miliar-untuk-sejuta-domain-id-gratis
 

Rifki

Beginner 2.0
Sebetulnya kalo Menkominfo atau Pandi berniat ingin .id sama keshornya spt .com atau ext lainnya gak perlu bagi-bagi domain gratis apalagi harus pakai dana yang seharusnya untuk rakyat, gampang saja tinggal hilangkan tuh semua peraturan dan ketentuan yang bikin ribet salah satunya persyaratan ktp/sim jadi semua org di seluruh dunia bisa pakai domain .id, tiru apa yang dilakukan pengelola .co, .io atau .in.

.io dengan kisaran harga yg sama dgn .id jumlah domain yang sudah diregister jauh lebih banyak dan menghasilkan pemasukan banyak buat negaranya, jgn sok2 mau ngejadiin .id sbg domain exclusive. Belum lagi jika melihat domain-domain yg di blacklist alias gak boleh di register, banyak sekali domain yang seharusnya ga perlu di blacklist.

Saya suka domain .id dan rencana mau daftarin beberapa tapi kendalanya ya itu harus pake ktp, sementara ktp saya sudah expire tambah ribet lagi deh prosesnya.. Harus ke pak RT dulu bayar 25rb minta surat pengantar, terus ke pak RW minta surat pengantar juga bayar 25rb, terus ke kelurahan bayar agak lebih gede mungkin 50-100rb dilanjutkan ke kecamatan gak tau deh bayar berapa.. Harus tunggu pula beberapa hari baru selesai. Kalo udah jadi ktp di scan buat daftar domain bayar 500rb (ada diskon 50% sih) masih harus tunggu pula max 24 jam untuk validasi.. hadeuh.

Saya cinta Indonesia dan jgn pernah ragukan rasa nasionalisme saya tapi aduuh ribet betul hidup di negara kita tercinta ini saudara-saudara!

P.S: Sorry agak sewot, soalnya setiap hari listrik pln mati belum harga gas naek. :D
 
Status
Not open for further replies.

Top