4 Alasan Website Perlu Menggunakan SSL


masterwebnet

Beginner 2.0
Website merupakan salah satu hal utama yang menjadi komoditi terbesar sebuah bisnis agar bisa go online. Kenapa? Karena dengan situs web kamu dapat menawarkan jasa atau produk perusahaan kamu secara online. Tidak hanya menjangkau satu lingkupan saja, dengan promosi melalui website, kamu dapat mempromosikan jasa atau produk perusahaan kamu sampai ke mancanegara bahkan bisa sampai menjangkau seluruh dunia.

Karena semakin pentingnya website untuk tumbuh kembangnya sebuah perusahaan, tidak sedikit yang mulai mengembangkan web mereka menjadi lebih baik dan menarik lagi. Bahkan agar web mereka lebih dipercaya lagi oleh para pelanggan dan pengunjungnya, mereka mulai mencoba untuk memasangkan sertifikat ssl pada websitenya.

Bagaimana mengetahui sebuah website pakai sertifikat SSL atau tidak?
Jadi untuk kamu yang ingin tahu website yang menggunakan sertifikat SSL atau tidak melalui Google Chrome dapat ditandai dengan adanya ikon gembok di samping kiri nama domain, bisa dipastikan website tersebut sudah menggunakan HTTPS. Sedangkan website yang masih menggunakan HTTP alias tidak menggunakan sertifikat SSL, ditandai dengan indikator “Not Secure“.

Selain itu, ikon gembok (sering disebut padlock) ini bisa di klik untuk melihat jenis sertifikat ssl yang website tersebut gunakan, teknologi enkripsi seperti apa yang digunakan dan identitas pemilik situs web tersebut.

Manfaat Menggunakan Sertifikat SSL

Banyak website seperti website online store yang menggunakan sertifikat ssl untuk kebutuhan bisnisnya, hal tersebut karena sertifikat ssl memiliki banyak manfaat yang baik untuk sebuah website, manfaat utamanya adalah sebagai berikut :
  1. Dapat memberikan tingkat kepercayaan (trust) yang lebih tinggi para pengunjung website untuk melakukan transaksi atau bisnis yang ada di dalam website.
  2. Situs web yang telah diproteksi dengan sertifikat SSL dapat dengan mudah mendapatkan ranking SEO yang lebih baik dari Google.
  3. Dapat mengamankan setiap kegiatan transaksi yang ada di website dengan sebuah enkripsi data seperti password, data kartu kredit, dan lain sebagainya.
  4. Karena kepercayaan dari para pengunjung website meningkat, tentunya hal ini dapat meningkatkan jumlah penjualan yang dilakukan melalui website.
  5. Situs web yang sudah menggunakan SSL, berhak menampilkan SSL Secure Seal pada websitenya.
Empat Alasan Website Perlu Sertifikat SSL

- Untuk Meningkatkan Keamanan
Setiap situs website, entah itu website yang digunakan hanya untuk company profile atau website e-commerces yang digunakan untuk mempromosikan jasa atau produk tentu dengan adanya SSL pada website akan menambahkan kepercayaan (trust) dari para pengunjung website. Apalagi situs ecommerces yang banyak sekali kegiatan transaksi di dalamnya sangat disarankan untuk menggunakan SSL untuk tingkat keamanan situs itu sendiri.

Penggunaan Sertifikat SSL sangat penting digunakan untuk melindungi website, karena untuk informasi penting seperti data pribadi, data transfer, informasi kartu kredit, transaksi di kartu kredit, sampai dengan informasi login pelanggan website kamu harus dijaga kerahasiaanya. Apalagi untuk situs ecommerces yang memiliki banyak informasi atau data penting pelanggan, sangat berbahaya apabila informasi penting tersebut diketahui oleh orang lain termasuk para hacker.

- Mencegah Pencurian Data
Dengan adanya sertifikat SSL pada website dapat menjaga website kamu dari pencurian data yang bisa dilakukan oleh para hacker. Cara untuk mencegahnya adalah dengan melakukan sebuah enkripsi atau dengan melakukan filter data yang sensitif. Dengan melakukan filterisasi data sensitif tentunya dapat mencegah dan mengelola data yang sangat penting. Oleh karena itu, tidak sembarangan orang bisa dengan mudah mendapatkan informasi data yang kamu.

- Mencegah Not Secure Sites
Ketika sedang asik menjelajah di internet untuk menemukan situs web yang sedang kamu cari kemudian kamu akses situs web tersebut, namun tampilannya ada tulisan Not Secure Sites, seketika hal apa yang terlintas dipikiran kamu?
Artian dari kalimat Not Secure Sites itu sendiri bukan berarti website kamu terjangkit malware atau tidak aman untuk diakses ya, tapi maksud dari artian Not Secure Sites tersebut adalah ketika kamu memasukkan data ke dalam website tersebut, maka data kamu tersebut dapat dengan mudah diambil oleh para hacker. Oleh karena itu, sangat penting sekali penggunaan sertifikat SSL di dalam website untuk mencegah terjadinya pengambilan data oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

- Meningkatkan Ranking Website
Sebagian besar pemilik website menginginkan websitenya mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencarian Google. Karena dengan ranking yang tinggi, maka akan tumbuh pesat juga traffic website kamu. Selain itu, jika traffic website kamu semakin hari mengalami kenaikan secara signifikan, tentu hal tersebut akan membuat bisnis atau usaha yang kamu jalani tersebut semakin sukses.

Tapi apakah kamu tahu? Selain SEO, ternyata sertifikat SSL memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan ranking website juga lho! Pasalnya website yang sudah dipasangkan sertifikat SSL, sudah dipastikan para pengunjung website kamu akan merasa aman saat mengakses website kamu. Sehingga ada ketertarikan untuk mengunjungi setiap halaman lainnya yang ada pada website kamu tersebut. Otomatis traffic website kamu juga akan meningkat pesat.

Dengan demikian, pihak Google tidak segan-segan untuk memberikan penghargaan terhadap website yang memiliki ranking bagus dan paling baik dengan hasil pencarian di mesin pencari Google.
 
Last edited by a moderator:

CyberDaeng

Apprentice 1.0
Verified Provider
Sekalian dibahas perbedaan jenis SSLnya Tuan biar lebih komplit
 

TopBgtWeb.com

Poster 2.0
apakah free SSL yang ada sekarang seperti Letsencrypt yang banyak provider hosting dan orang-orang pakai benar-benar 100% secure?
 

CyberDaeng

Apprentice 1.0
Verified Provider
apakah free SSL yang ada sekarang seperti Letsencrypt yang banyak provider hosting dan orang-orang pakai benar-benar 100% secure?

Sangat secure kok... Cuman, tidak Trustworthy. Kalau cuman web web biasa aja, pake LetsEncrypt fine fine aja. Tapi kalau dah corporation / enterprise / ecommerce, sebaiknya pakai yang berbayar dengan standard EV (Extended Validation).
 

ujangmaulana

Poster 2.0
Penjelasannya donk pak seperti apa terkait yang saya bold
Sekalian perbandingan secure yg basic dan yg high/pro
SSL Letsencrypt adalah ssl yang dibuat oleh Letsencrypt yang merupakan organisasi nonprofit.

Mungkin menurut saya saja, ini dibentuk atas dasar google akan menandai situs yang tidak menggunakan https sebagai situs yang tidak aman namun sebenarnya situs itu adalah situs yang aman untuk dikunjungi (isi kontennya).

Inilah dasar saya atas pendapat saya mengapa secure basic, karena SSL Letsencrypt ini gratis bagi siapapun dan mudah dalam aktifasinya. Jadi siapapun yang memiliki website namun memiliki keterbatasan dana letsencrypt memberikan solusi agar situsnya tidak ditandai sebagai situs berbahaya.

Fitur SSL Letsencrypt itu sendiri ialah bisa membuat SSL dibanyak domain bahkan subdomain dalam 1 akun hosting.

Perbandingan dengan high/pro (berbayar) sangat jelas yaitu

SSL berbayar akan memberikan jaminan asuransi ganti rugi atas kebocoran data atau kerugian customer. Masing-masing perusahaan SSL memiliki kebijakan sendiri dalam memberikan asuransi tersebut.

SSL ini merupakan kategori SSL EV yang cara aktifasinya memerlukan persyaratan khusus seperti informasi perusahaan dll. Biasanya akan ditandai dengan greenbar dan nama perusahaannya akan terlihat.

Maaf jika ada kekurangan hehe
 

Top