Antara Kualitas dan Kuantitas


Status
Not open for further replies.

Ahmad Saiful Mujab

Beginner 1.0
Belakangan ini muncul promo gila-gilaan antara sesama pelaku bisnis hosting. Dengan harga minim dan kuantitas yang super wah. Seperti pepatah, diatas langit masih ada langit. Ketika pihak A obral gila-gilaan, ternyata masih ada pihak B yang lebih "gila" lagi.

Apakah memang masyarakat kita lebih mudah tergiur dengan "banyak" dibandingkan "bagus"?

Lalu apa yang seharusnya kita lakukan sebagai pelaku bisnis hosting?
Terlebih jika kita adalah seorang pemula?
Haruskah kita lebih gila lagi?

Adakah standarisasi harga untuk setiap paket hosting?
Bagaimana menghadapi masalah seperti ini?

Karena jujur, ketika kita memberikan paket dengan harga Rp. x , sering yang didapat adalah:
" Kok mahal bos, di tetangga sebelah cuma Rp. xxx"

Dimahalin dengan kalitas bagus salah
Banting harga salah..

Buat mastah-mastah, kasih dong saran, tips, share pengalamannya mengatasi masalah ini
Sebelumnya maaf kalau ada pihak2 disini yang tersinggung, tidak ada maksud apa-apa kok :)
Karena saya yakin, dalam hati kita pernah terlintas seperti ini...

Keep Spirit!
 

handris

Apprentice 1.0
Kalau saya tetap yakin, harga akan tetap berpengaruh pada kualitas.
Tapi memang ada juga yang memberikan kualitas bagus tetapi tetap dengan harga yang terjangkau. Walau jarang (menurut saya lo)

Buat mastah-mastah, kasih dong saran, tips, share pengalamannya mengatasi masalah ini
Menurut saya lagi, ini bukan sebuah masalah. Kita fokus aja pada bisnis kita sendiri.

Bagaimana jika ada client yang membandingkan harga? Nah disinilah kemampuan marketing kita di uji. Bro Ahmad pasti bisa :)
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
untuk standar harga memang tidak ada, dan promo itu hanya strategi marketing saja...
kalau kita merasa sudah memberikan pelayanan yang oke ya tetap pertahankan,

saya juga ada yang nanya "kok mahal? disebelah lerbih murah", bahkan ada yang nawar minta harganya disamain dengan yang sebelah...
sebenarnya saya bingung dengan klien yang berkata seperti itu, kalau memang menurut dia di sebelah harganya lebih oke kenapa tidak beli di mereka saja...

di kasih murah, masalah dikit langsung marah-marah, padahal tidak tau kesalahan di siapa...
 

WarnaHost

Expert 2.0
Verified Provider
Masalah klasik kalau yang seperti ini, karena bukan hanya hosting saja tapi produk dan bidang lain pun banyak yg promosi gila-gilaan.

Pada intinya kalau ingin lancar dalam usaha apapun do'a dan fokus saja pada usaha tersebut dan lebih giat lagi termasuk pada bidang promosi.
Boleh kita promo besar-besaran, namun harus melihat pada sisi kita juga dengan kesanggupannya :)
Promosi hanya bersifat sementara saja tidak selamanya kalau menurut saya, jadi wajar kalau banyak yang promosi dengan biaya murah...
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
newbie izin nimbrung om,
benar apa yg dikatakan oleh Mas Ivan di atas ini masalah klasik dan tidak hanya terjadi pada bidang hosting namun semua aspek usaha
manurut saya jika promo gila2an seharusnya tidak masalah (yg penting orgnya jangan ikut gila saja :)) kan hanya semasa promo saja
namun jika harga gila2an sdh menjadi standard (sdh dibawah batas normal) harga ini sedikit agak kurang di sarankan karena akan merusak harga pasar dan secara tdk sengaja akan membuat org2 yg mudah tergiur untuk membanting harga dgn tdk memperhatikan kualitas efeknya akan merusak citra secara umum (contohnya sebagaimana kita ketahui saat ini posisinya banyak sebagian yg mendewakan hoster luar dan menganggap agak sedikit di bawah hoster local. ini efek dari sebagian kecil hoster yg belum begitu sanggup untuk gila2an malah ikut2 para pamain besar untuk gila2an efeknya sama saja bunuh diri) yg mana sebenarnya hoster2 lokal pada bagus2 ko ga kalah ama yg luaran, untuk kekurangan kelebihan pasti ada dan itu semuanya jg yg luaran jga seperti itu.
Jadi, kl menurut saya jalankanlah sesuai dengan kondisi yg ada. perhitungkan pengeluaran dan pemasukan untuk menentukan harga. jangan terlalu membanting harga dan jangan juga terlalu melangitkan harga. tetap jaga kenyamanan, kualitas dan support.
Terserah tetangga mau harga naik atau turun itu urusan dan kebijakannya dia dan sebelum mennetukan juga dia pasti sdh mempertitungkan untung ruginya, dan kita tetap kita usahakan berjalan di kondisi kita dan di kemampuan kita.

CMIIW

Mohon maaf jika ada salah2 kata

Piss n gaullll :peace:
 

1stserver

Hosting Guru
Verified Provider
Menurut saya simple, kalau ingin dapat klien untuk jangka panjang yang bisa betah bertahun-tahun maka pilihlah strategi 'perkuat di sisi kualitas'. Kalau ingin dapat klien lebih banyak tapi hanya untuk jangka pendek, mainkan strategi 'perkuat di sisi kuantias' kalau perlu dengan promo gila-gilaan seperti yang telah TS kupas.
 

hostingceria

Active Member
topik lama, tapi pelanggan yang serius tetap akan tahu webhsoting yang terlalu murah diluar kewajaran pastinya ada merasa perbedaan dari sisi kualitas, baik itu support/kecepatan/dll.

Pepatah bilang "selalu ada rupa ada harga"
 
Status
Not open for further replies.

Top