Apa yang Anda lakukan {khusus Para Hoster}


Status
Not open for further replies.

SulisSoft

Hosting Guru
Verified Provider
Salam buat semua... :)

Pagi ini teman saya bercerita karena email kantor mereka tidak bisa dibuka kareda di suspend oleh penyedia layanan.

Agustus 2014 kantor mereka membuat email untuk karyawan2 mereka dengan domain .COM
dan pilihannya adalah salah satu hoster ternama dengan layana unlimited space & Bandwidth. kebetulan ada diskon 50%.

Terus mereka melakukan chat dengan Sales Online, mengungkapkan kebutuhan mereka ingin membuat email (kurang lebih 70 email), awalnya sales menyarankan untuk menggunakan Google Aplikasi. Tetapi setelah nego2, akhirnya sales menyetujui dengan batasan 900 email / jam, dengan fasilitas serba unlimited plus diskon 50%.

Mereka langsung kontrak 3 Thn. itung2 murah banget :D
setelah berjalan 1 thn 4 bln. pemakaian membengkah hingga 100GB.

Alhasil pagi tadi email tidak bisa dibuka karena disuspend, satu kantor bingung karena hampir semua aktifitas perhari menggunakan email.

Lalu mereka menghubungi tiket support, dan tim support menjawab ini dikarenakan penggunaan email yang melebihi 100GB, mereka menyarankan untuk pindah ke VPS.

Pada dasarnya Klien menyadari akan hal itu, dan mereka tidak keberatan untuk berpindah ke VPS tetapi yang menjadi masalah adalah :
Mengapa tidak ada peringatan atau dikomunikasikan terlebih dahulu sebelum melakukan suspend, sehinga proses pekerjaan mereka tidak terhambat dengan adannya masalah ini. disini membuktikan bahwa begitu pentingnya komunikasi dengan Klien.

Akhirnya hari ini pihak kantor tersebut memutuskan untuk menyewa layanan Dedicate server untuk kebutuhan email mereka.


Nah Pertanyaan-nya apa yang Anda lakukan jika menemui masalah klien seperti ini ?

1. Langsung Suspend tanpa pemberitahuan
2. Memberikan Peringatan & memberikan solusi untuk memindahkan layanan pada VPS atau Dedicate Server sebelum melakukan Suspend.. (karena pada dasarnya klien merasa mereka mendapatkan space unlimited)

Monggo dijawab.... :)
 
Last edited:

cyberhostservice

Expert 1.0
Seharusnya si provider tersebut sudah paham jika email yang di gunakan sekitar 70 email kenapa diarahkan ke Shared Hosting bukan langsung VPS? Perkiraan kasar saja jika 70 email x 1Gb per email = 70GB kapasitas apa sanggup Shared Hosting spt itu? Jika sudah pakai VPS kenapa harus di arahkan lagi ke Dedicated? seharusnya 100GB VPS masih sanggup jalankan semua itu lebih baik di arahkan ke spek VPS yang lebih tinggi artinya dalam hal memory dan vSwap nya

Menurut saya ini hanya trik dagang sales mereka saja untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak yang mana hanya tau menjual tapi after sales nya buruk.

Jadi pihak hoster tidak boleh main suspend sembarangan apalagi sudah dapat space unlimited
 

SulisSoft

Hosting Guru
Verified Provider
Seharusnya si provider tersebut sudah paham jika email yang di gunakan sekitar 70 email kenapa diarahkan ke Shared Hosting bukan langsung VPS? Perkiraan kasar saja jika 70 email x 1Gb per email = 70GB kapasitas apa sanggup Shared Hosting spt itu? Jika sudah pakai VPS kenapa harus di arahkan lagi ke Dedicated? seharusnya 100GB VPS masih sanggup jalankan semua itu lebih baik di arahkan ke spek VPS yang lebih tinggi artinya dalam hal memory dan vSwap nya

Menurut saya ini hanya trik dagang sales mereka saja untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak yang mana hanya tau menjual tapi after sales nya buruk.

Jadi pihak hoster tidak boleh main suspend sembarangan apalagi sudah dapat space unlimited

yah layanan mereka telah berjalan 1thn 4bln dari kontrak 3 thn, saat email itu sudah memakan space 50GB harusnya mereka telah memberikan peringatan kalau ini akan membekak...?

apakah itu yang anda maksud...??
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
2. dari awal sudah ada kesepakatan dan si sales juga tidak menjelaskan mengenai batasan dari unlimited, jika alasannya disk space terlalu besar ini sebenarnya agak lucu, karena harus ada penjelasan lebih rinci jika memang melanggar TOS,
untuk kasues nomor 1, ini biasanya jika ada urgent action seperti spamming email dll dan tentu pasti harus dengan pemberitahuan...

Jika sudah pakai VPS kenapa harus di arahkan lagi ke Dedicated?

dari informasi di atas, menurut saya si sales tidak menawarkan dedicated, melainkan dari keinginan si klien sendiri yang ingin menggunakan dedicated.. CMIIWW
 

Nina Prasetyo

Expert 2.0
Kl ngga siap sama "unlimited" jangan coba-coba dehhhhh :D

- Nah Pertanyaan-nya apa yang Anda lakukan jika menemui masalah klien seperti ini ?

1. Dengan gentle meminta maaf kepada client, bahwa fasilitas unlimited hosting tidak dapat dilanjutkan dengan adanya keterbatasan resources pada saat ini.
2. Menawarkan untuk mengupgrade ke layanan VPS atau DS dengan memberikan discount sebagai rasa permohonan maaf karena tidak bisa memenuhi janji unlimited hosting.
3. Bila sudah ditawarkan, namun menolak, maka silakan bermusyawarah untuk mendapatkan win-win solution. Misalnya dengan membantu mencarikan webhosting "unlimited" lainnya serta membantu memindahkan accountnya secara cuma-cuma.
 

SulisSoft

Hosting Guru
Verified Provider
2. dari awal sudah ada kesepakatan dan si sales juga tidak menjelaskan mengenai batasan dari unlimited, jika alasannya disk space terlalu besar ini sebenarnya agak lucu, karena harus ada penjelasan lebih rinci jika memang melanggar TOS,
untuk kasues nomor 1, ini biasanya jika ada urgent action seperti spamming email dll dan tentu pasti harus dengan pemberitahuan...
dari informasi di atas, menurut saya si sales tidak menawarkan dedicated, melainkan dari keinginan si klien sendiri yang ingin menggunakan dedicated.. CMIIWW

betul, saya menyarankan kantor tersebut untuk menggunakan layanan Dedicate Server.
Ternyata owner-nya welcome banget. dan mereka tidak masalah harga asalkan pekerjaan mereka lancar.
 

SulisSoft

Hosting Guru
Verified Provider
Kl ngga siap sama "unlimited" jangan coba-coba dehhhhh :D

- Nah Pertanyaan-nya apa yang Anda lakukan jika menemui masalah klien seperti ini ?

1. Dengan gentle meminta maaf kepada client, bahwa fasilitas unlimited hosting tidak dapat dilanjutkan dengan adanya keterbatasan resources pada saat ini.
2. Menawarkan untuk mengupgrade ke layanan VPS atau DS dengan memberikan discount sebagai rasa permohonan maaf karena tidak bisa memenuhi janji unlimited hosting.
3. Bila sudah ditawarkan, namun menolak, maka silakan bermusyawarah untuk mendapatkan win-win solution. Misalnya dengan membantu mencarikan webhosting "unlimited" lainnya serta membantu memindahkan accountnya secara cuma-cuma.

Bu @Nina Prasetyo sebenarnya yang di keluhkan klien adalah suspend yang mendadak tanpa pemberitahuan, yang mengakibatkan banyak progress terbengkalai karena ini, masalahnya mereka sangat tergantung pada email untuk koordinasi pekerjaan mereka.
mereka merasa telah membayar layanan unlimited.
 
Status
Not open for further replies.

Top