[ASK] Cek Domain Available Tanpa Record



kyuichi

Apprentice 2.0
Ini mungkin pertanyaan agak konyol tapi buat saya ini sepertinya terjadi, bukan pertama kali juga...

Jadi, saya kadang menggunakan beberapa fasilitas cek domain di banyak tempat, untuk mencari status domain available atau sudah dibeli. Nah pada saat kondisi domainnya masih terbuka/blm dibeli siapapun nih, saya sudah incar itu domain, tapi seringkali anehnya tidak sampai 1 minggu itu domain sudah menjadi milik orang.

Ok saya paham urusan domain first buy is the owner, tapi dari forum forum sebelah saya juga tau tidak semua website yang menyediakan form cek domain spt diatas saya sebutkan itu bersifat netral, dimana tidak melakukan penyimpanan data log berisi jumlah nama domain apa saja yang dicari (fresh - available), ip dari mana, berapa kali pencarian, dsb.

Agak janggal memang klo jawabannya hanya mentok first buy is the owner, rata-rata domain yang saya incar masih available itu .com dan .net, pernah beberapa .id potensial juga langsung terjadi demikian. Tempo jeda yang singkat membuat saya dan teman-teman forum lain penasaran.

Pertanyaan saya mungkin bisa dibantu pencerahan...

1. Adakah diantara teman-teman disini yang bisa share di website mana yang mana visitor melakukan cek whois/domain status/ketersediaan domannya itu tidak direcord di log sama sekali, dimana domain bagus yg masih tersedia (entah ini domain lama/baru). Yang saya dengar diluaran sana katanya klo cek di web verisign itu aman, tidak di log dsb. Mungkin teman-teman ada info lain?

Mengingat jeda antara cek domain dan masih tersedia kemudian seringkali sold by other as new owner ini menjadi kecurigaan besar ada permainan penawaran dan penjualan domain baru yang punya nilai nama domain bagus, jadi banyak keraguan klo jawabannya sekedar fist come first buy is the owner.

Terima kasih.
 

paijondablexs

Expert 1.0
mungkin lbh enak dan nyaman pake daftar reseller domain. jd cek whois / ketersediaan domain di panel domain sendiri. klo pun berhasil registrasi jg dpt harga murah jg untuk protect whois.
 

FlazzNetworks

Apprentice 2.0
Verified Provider
wkwkwk.. ada yang kejadian juga.. kirain saya doang yang ngalamin dan itu cuma kebetulan.. :17:
 

jaapns

Hosting Guru
Verified Provider
kalo cari yg tanpa log itu susah , sudah pasti apapun system nya ada log nya ...

cuma kembali lagi ke providernya , ada 1 provider luar yg lognya di pake untuk ngegrab domain, saya jaman 2008 juga pernah beberapa kali kena begitu di go papi :) akhirnya ga pernah mampir kesana lagi ...
 

iidbae

Expert 1.0
Pertama kali tahu rumor ini pas jaman presiden ke-6 dan ternyata benar.

Sejak itu, gak pernah ngecek ketersediaan di mana pun. Menyebutkannya pun enggak.

Sekarang, kalau sudah pengen tambah sampah digital, siapain 5 nama alternatif++.

Gak pakai cek-cek dulu. Begitu ada langsung beli.

Kata sastrawan baheula,

Apalah arti sebuah nama
Untuk kasus ini, setuju sama Shakespeare.
 
Last edited:

FlazzNetworks

Apprentice 2.0
Verified Provider
kalo cari yg tanpa log itu susah , sudah pasti apapun system nya ada log nya ...

cuma kembali lagi ke providernya , ada 1 provider luar yg lognya di pake untuk ngegrab domain, saya jaman 2008 juga pernah beberapa kali kena begitu di go papi :) akhirnya ga pernah mampir kesana lagi ...
iya, gopapi, namamurah, hostgarot... ati ati dah kalo whois domain di sana.. wwkwk
 

HostingPas

Poster 2.0
search di penyedia hosting Indonesia saja, walaupun di record biasanya jarang diambil sendiri oleh penyedianya.
 

dekat.page

Poster 2.0
Pernah mengalami kejadian itu juga, ngetik nama domain yang pengen dibeli, tapi karena masih ragu jadinya nanti-nanti aja. Beberapa hari kemudian sudah sold. Tadinya saya kira saya doang yang pernah mengalami. Di sisi lain saya pernah mengalami ada domain yang saya biarkan expire Juli lalu karena tidak ingin digunakan lagi, ternyata di bulan Agustus sudah ada yang mengambilnya dan digunakan buat situs p*rn (padahal saya pikir akan ada yang mengambil domain itu buat bikin blog topik ekonomi karena ada kata "ekonomi" di domain itu), sepertinya memang ada sistem yang bekerja ya.
 

kyuichi

Apprentice 2.0
Ini persoalan log n get buy a.s.a.p lalu ditawarkan djual lg ga melihat si hoster asal negara mana, mau d indo jg ga ada bedanya krn saya pernah alami buat domain .id, domain sangat bagus sblmnya sudah saya cek n pantau 2 Minggu pas ada duit eh itu .id udah dboyong si hoster n djual k klien lain skrg jd startup (ya biar keren disebutnya gtu pake .id itu).

Skrg klo dpt domain bagus, udah pasang duit dulu ga usah ragu, langsung beli, pertahanin minimal 3thn dpajang park domain di web penjualan domain.

Domain .id skrg saya perhatikan jd alternatif .com harga emang mahal tp msh terbuka lebar nama domain bagus yg ga ada lg di .com larinya ke .id.
 

Top