[ask] Mengubah Engine InnoDB ke MyISAM di Shared Hosting?


Status
Not open for further replies.

sangprabo

New Member
Salam
Saya menggunakan shared hosting sejak lama di sebuah webhosting. Pada beberapa table, saya menggunakan engine InnoDB. Hal ini berjalan lancar hingga ketika beberapa waktu lalu saya check bahwa aplikasi saya mengeluarkan pesan error "unknow table engine InnoDB". Karena penasaran, saya masuk ke phpmyadmin dari Control Panel dan menemukan bahwa fasilitas InnoDB di server MySQL shared hosting tersebut sudah di-disable.

Saya berusaha mengubah engine beberapa table tersebut ke MyISAM, namun tidak berhasil (dengan pesan error yang sama). Saya coba export keseluruhan database tapi saya tidak mendapatkan isi/data dari table dengan engine InnoDB. Sepertinya, apapun querynya (pada table bersangkutan), tidak akan berhasil.

Saya juga sudah mengirim support ticket pada perusahaan webhosting, namun kurang mendapat jawaban yang memuaskan (disarankan upgrade ke VPS (?)). Apakah teman2 ada yang mengalami masalah serupa? Mohon solusinya. Terima kasih..
 

vishualhost

Expert 2.0
salam kenal brader , untuk engine innodb sebenernya default ini aktif memang, namun ada beberapa hoster disabled untuk engine ini.
jika anda mengalami error tersebut untuk converting itu bisa via phpmyadmin cuma syarat agar bs di convert si pemilik hoster harus enabledkan dulu innodb nya agar bisa di converting ke myisam klo nda gitu ga akan bisa di convert via phpmyadmin .
 

sangprabo

New Member
Salam kenal juga Bos. Saya udah lama pake hosting shared (dulunya emang innodb diaktifkan, jadi aman2 aja). Semua table saya sekarang sudah ke MyISAM, saya lihat sepertinya perusahaan hostingnya mereset service Mysqlnya (bisa dilihat di status phpmyadmin). Terima kasih.
 
Status
Not open for further replies.

Top