Aturan Baru Pemberian Nama Domain Internet Disepakati



Status
Not open for further replies.

galuh82

Hosting Guru
Verified Provider
Bagi yang belum sempet baca, ada info menarik nih tentang akan adanya extention domain untuk perusahaan

link: http://www.pikiran-rakyat.com/node/149358

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) , pada pertemuan di Singapura dengan melakukan voting menyetujui pembentukan alamat situs berakhiran nama perusahaan. Perubahan itu, secara dramatis akan meningkatkan jumlah nama-nama situs dan membuka kesempatan nama baru bagi perusahaan-perusahaan, kota-kota dan lainnya.

"Ini adalah perubahan terbesar untuk nama domain sejak penciptaan .com sekitar 26 tahun lalu," ujar Theo Hnarakis, chief executive dari Melbourne IT Services Digital Brand, sebuah perusahaan konsultan branding online yang berbasis di California.

Berdasarkan perubahan, bisnis tidak lagi akan terbatas pada daftar generik domain tingkat atas (gTLD) yang mencakup .com,. net dan .org ketika mereka mengajukan permohonan untuk mendaftarkan alamat website.

Para pengamat industri menyatakan, beberapa perusahaan raksasa global seperti Apple, Toyota dan BMW akan berada di garda terdepan untuk meluncurkan website dengan nama domain mereka sendiri, yang berakhiran .apple, .toyota dan . bmw.

Ketua ICANN, Thrush Petrus, menyatakan pada konferensi pers, sistem penamaan baru ini akan menjadi "kesempatan luar biasa bagi para pihak untuk mengendalikan berbagai aspek branding mereka dan mengembangkannya dengan cara mereka sendiri." Dewan ICANN memberikan suara 13-1 yang mendukung perubahan dengan dua abstain, ujar seorang jurubicara.

CEO ICANN, Rod Beckstrom, menyatakan bahwa aplikasi untuk akhiran web baru akan mulai dibuka pada tanggal 12 Januari 2012 dan akan ditutup 90 hari kemudian.

Adrian Kinderis, chief executive AusRegistry Internasional, mengungkapkan bahwa sistem baru akan memungkinkan perusahaan untuk melindungi merek dagang mereka di dunia maya. "Ini akan menjadi periode yang menarik di masa depan," tegasnya.

Anggota dewan ICANN Sebastien Bachollet, yang mendukung perubahan, menyatakan "beberapa orang merasa bahwa gTLD baru ini akan menyebabkan kebingungan, namun saya percaya kita memiliki alat untuk memastikan situasi kebingungan itu tak akan lama."

ICANN, sebuah badan nirlaba pengelola Domain Name System and Internet Protocol, tengah mengadakan pertemuan global di Singapura pekan ini untuk membahas berbagai hal.

Namun nama domain perusahaan tidak akan murah karena sebuah perusahaan butuh biaya sebesar USD 185 ribu hanya untuk mendaftar dan masih terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi sebelum ICANN memberikan persetujuan bagi sebuah perusahaan untuk memiliki nama domain sesuai pilihannya.

Biaya sebesar itu dikeluarkan untuk menutupi biaya yang berkaitan dengan program gTLD baru dan untuk memastikan bahwa (proses pemberian nama domain baru) itu sepenuhnya didanai, ujar ICANN.

Hal itu juga bertujuan untuk menyingkirkan para pendaftar oportunis yang berusaha untuk menjual kembali nama domain untuk meraih keuntungan setelah membeli dengan harga murah, seperti dahulu masa awal Internet. Hanya "perusahaan, organisasi, atau lembaga yang didirikan dengan performa baik" yang mungkin akan mendaftar untuk gTLD baru, menurut pedoman ICANN. ICANN tidak akan mempertimbangkan aplikasi dari individu atau perseorangan. (dw/afp/A-147)***
 

rendy

Hosting Guru
Verified Provider
bukan aturan baru sih sbenernya
cuma nanti perusahaan bisa ngeregisterin domain dengan extensinya

misal : www.qwords

itu bayar sekitar 185ribu usd

gitu kira-kira laporan pandangan mata
 

rendy

Hosting Guru
Verified Provider
$185000 -> Rp. 1.613.200.000 (Rate @8720)
busssett.. mudah-mudahan tahun 2012 $1 -> Rp.100 :D/

dan extensi domain ini berlaku selamanya om Rendy?
itu baru biaya aplikasi aja
belom sama biaya operasional, dan iuran tahunan ke icann

besok baru kita rapatin soal aturan main dan guidelinesnya

wish us luck
 

bonbon

Poster 2.0
Perusahaan yang wajib beli kayaknya google deh.

gmail > email.google
google.co.id > indonesia.google
youtube > video.google
blogspot.com > blog.google
 

dtxc

Poster 2.0
itu baru biaya aplikasi aja
belom sama biaya operasional, dan iuran tahunan ke icann

besok baru kita rapatin soal aturan main dan guidelinesnya

wish us luck
woh manteb kalo bro rendy jadi bagian dari pembahasan penting itu, tapi saya sepakat jika harga domain perusahaan itu ribuan dollar supaya tidak sembarangan orang bisa mendaftar extension aneh2..

ayo ayo coba bayangkan nanti akan ada extension domain:

.porn
.playboy
.indonesia
.malaysia

dsb...

[malah bikin ruwet kayaknya]
 

ngalam

Apprentice 1.0
Penamaan nama domain semakin menarik jadinya :), selain bayarnya mahal, persyaratan administrasi lebih ketat sepertinya.
 

evan

New Member
jadi mirip2 kayak beli plat kendaraan yah? bisa di pesen sesuai selera.
ya pastinya juga harganya mahal dan pastinya juga eksklusif,
jadi gak semua orang bisa pake kecuali perusahaan yg punya.
 

shadows

Poster 2.0
$185000 -> Rp. 1.613.200.000 (Rate @8720)
busssett.. mudah-mudahan tahun 2012 $1 -> Rp.100 :D/

dan extensi domain ini berlaku selamanya om Rendy?
busett :13:
segitu tuh harga'a :35:
keren bangett Tuan harga'a :111:
 
Status
Not open for further replies.

Top