Cara Disable/Nonaktifkan Gutenberg editor wordpress Tanpa Plugin

Mang Odeng

Beginner 2.0
Jika anda seorang blogger yang biasa main di wordpressdotcom (wordpress gratisan) tentu fitur gutenberg editor (Block Editor) bukanlah hal yang aneh karena fitur tersebut sudah nangkring sejak lama. Namun bagaimana bagi yang belum pernah menggunakannya? yupz tentu saja bisa membuat pusing, tapi sebenernya kalo dipelajari pasti nyaman dipakai. Namun apa daya, editor classic tetap menjadi pilihan favorit bagi para penulis. Semenjak dilunucurkannya wordpress 5.0 banyak para pengguna yang terpaksa beralih ke editor baru, karena memang tidak punya pilihan lagi. Tapi apakah anda tahu jika editor baru wordpress self host bisa diganti? Ya tentu saja bisa, ada banyak developer yang menciptakan plugin baru untuk mengembalikan editor wordpress lawas.

4226

Salah satu plugin tersebut contohnya seperti "disable gutenberg". Banyak sekali tutorial mematikan Block editor di wordpress yang bertebaran namun hanya beberapa yang memberikan panduan tanpa plugin. Memang menggunakan plugin lebih efektif dan simpel, akan tetapi jika blog anda sudah banyak plugin yang terinstal tentu bisa memberatkan kinerja blog wp anda. Kecuali jika anda menggunakan hosting mumpuni atau dedicated vps, hal tersebut tidak akan berpengaruh. Namun bagaimana jika hosting anda ternyata hosting dengan spesifikasi rendah? ya gak masalah juga jika memang masih kuat nampung banyak plugin :105:

Tapi kalo saya lebih memilih menggunakan plugin sedikit dan sisanya edit2 code php, lalu bagaimana cara mematikan gutenberg editor/block editor wordpress? silahkan ikuti langkah2 dibawah ini:

Cara disable Guttenberg editor wordpress :
1. Buka editor theme pada wordpress anda lalu kopikan code dibawah ini dan letakan pada Theme Functions (functions.php) tepatnya pada paling bawah. Seperti contoh gambar dibawah ini:

4227

PHP:
// disable for posts
add_filter('use_block_editor_for_post', '__return_false', 10);

// disable for post types
add_filter('use_block_editor_for_post_type', '__return_false', 10);
Jangan lupa untuk update file agar perubahannya terlihat. Lalu coba bikin artikel baru. Anda akan melihat tampilan editor lawas seperti sebelumnya.
Oh ya cara diatas sudah saya coba pada theme wordpress milik kentozz dan berhasil. Kemungkinan untuk theme lainnya juga bisa. Tapi jika tidak bisa anda bisa menghapus kode diatas tadi. Selamat mencoba :113:
 

    
Top