[curhat] Mohon agar lebih berhati2 dalam memilih vps murahan


Status
Not open for further replies.

localhost

Apprentice 2.0
wew,... kreatif kalo sampai vps pelanggan di "install ulang"... nggak salah ?
 

Adhie

Expert 1.0
Verified Provider
node servernya mas.. mas ada2 aja, logikanya darimana dasar provider bisa tau klo vps saya malfunction atau mengalami kernel panic tanpa saya yang memberitahukan?. toh vps saya KVM :D



saya juga tau soal ini mas, seperti yang saya bilang pada post pertama
saya gk menyalahkan provider, makanya saya "blur" ini posting dan saya jadikan pengalaman saya dalam memilih vps


nodenya mas..
itu dia maksud saya mas, saya mempertanyakan "kesiapan" si provider dalam membangun server vps tersebut
saya sendiri pernah mengalami kernel panic (KVM tandem virtualizor) justru saya sendiri memberikan log terperinci kepada client
dan hanya vps windows yang tidak bisa di restore





mas arie,
pada ketentuan tos tertulis seperti ini

Anda bertanggungjawab penuh untuk melakukan backup atas masing-masing data web, backup yang dilakukan semata-mata untuk keperluan internal.

namun ketika saya bertanya kepada mas arie (anggaplah mas arie sbg providernya),
keperluan internal seperti apa yang dimaksud mas??

seperti yang saya sebutkan jg pada post pertama, kejadian ini terjadi setelah saya baru berlangganan sekitar 2 minggu. dan tidak bisa online dikarenakan ada kesibukan

2. sudah dijawab pada diatas mas, node
3. terima kasih atas sarannya mas
VPS Mas belum pernah kenak kernel panic ya?
Dulu ada client saya kenak kernel panic dan ngamuk2 di forum ini.. :D

Untuk backup, mas backup rutin aja pakai cron job,
Ga perlu susah2 harus backup manual

Salam
 

idnix

Hosting Guru
Verified Provider
VPS Mas belum pernah kenak kernel panic ya?
Dulu ada client saya kenak kernel panic dan ngamuk2 di forum ini.. :D

Untuk backup, mas backup rutin aja pakai cron job,
Ga perlu susah2 harus backup manual

Salam


yup, silahkan dibaca kembali posting ini dari awal
terima kasih sarannya
 

kadal

Poster 2.0
nonton dulu.
komen ga penting, mending ga usah reply

BTW, buat mas ponari, backup data rutin.
dan jangan terlalu percaya kepada penyedia, setidaknya node tidak 100% Uptime, nyawa tidak selalu menyala,
untuk mencegah hal2 yang tidak diinginkan saja,
kalau mas malas backup, mas bisa menggunakan script backup yang mengirim data langsung ke email atau ftp mas,
banyak script yang bertebaran kok.
 

Nina Prasetyo

Expert 2.0
komen ga penting, mending ga usah reply

BTW, buat mas ponari, backup data rutin.
dan jangan terlalu percaya kepada penyedia, setidaknya node tidak 100% Uptime, nyawa tidak selalu menyala,
untuk mencegah hal2 yang tidak diinginkan saja,
kalau mas malas backup, mas bisa menggunakan script backup yang mengirim data langsung ke email atau ftp mas,
banyak script yang bertebaran kok.

Saya komen begitu, buat ngasih tau, kalau saya sedang memperhatikan thread-nya dan saya sedang mempelajarinya.
Maksudnya begitu boss... kl dianggap gak penting, ya karepmu dewe lah :)

Lagian komennya situ juga sudah banyak yg ngasih tau tuh soal BACKUP...
Kayaknya gak penting juga deh komennya situ... lagipula udah dijawab sama TS, bahwa dia udah baca dan udah mengerti ttg backup ! ;)
 
Last edited:

idnix

Hosting Guru
Verified Provider
kasus yang sulit juga..
ini jadinya, masi bisa login pakai pass root yang lama ?

bisa jadi juga, backup file nya corrupted...
tapi kalau TOS berkata "bertanggung jawab penuh", pihak provider juga tidak bisa dipersalahkan..

aduh maaf om benny, saya kelewatan menjawab
tidak bisa login sama sekali om. password berubah dan si pihak provider terkesan "tidak tahu" atau "tidak mau tahu" akan server client
seperti yang saya blg pada post pertama dengan kesan "server bapak online kok"

klo masalah backup, saya bisa terima. tapi ini yang saya maksud adalah, pemberian kronologis secara detail. jadi saya bisa mempertimbangkan apakah masih bertahan atau tidak pada provider tersebut

semoga om benny paham maksud saya. saya sebagai pelanggan butuh provider yang profesional, bukan jawab asal-asalan apalagi terkesan cuek seperti itu


Saya komen begitu, buat ngasih tau, kalau saya sedang memperhatikan thread-nya dan saya sedang mempelajarinya.
Maksudnya begitu boss... kl dianggap gak penting, ya karepmu dewe lah :)

Lagian komennya situ juga sudah banyak yg ngasih tau tuh soal BACKUP...
Kayaknya gak penting juga deh komennya situ... lagipula udah dijawab sama TS, bahwa dia udah baca dan udah mengerti ttg backup ! ;)

tolong mas dan mbak kalau OOT apalagi pacaran jgn disini. skrg lagi bulan puasa, hehe :)
 

valent

Apprentice 1.0
kalau saya baca beberapa postingan yang dijabarkan mas pocari (sebelomnya maap kalau salah tanggap dalam membacanya), node vps yang digunakan mas pocari mengalami crash/kernel panic, lalu vps mas di rebuild jadi isi datanya hilang. sebab seperti yang mas pocari bilang passwordnya berubah, berarti ada dua kemungkinan:
- memang krn node crash/kernel panic sehingga vm menjadi corrupt
- ada yang ngehack (kemungkinannyaada walau kecil, krn rooting tidak semudah seperti deface atau hacking yg cm sampe dpt akses user saja (misal www-data), kecuali kalau memang root passwordnya lemah)

memang soal data yg hilang tidak sepenuhnya tanggung jawab provider, apabila node tertimpa bencana. tp ya setidaknya provider harus bisa memberikan penjelasan, bukan menutupi kejadian yang sebenarnya, mungkin kesalahan provider ada disini.

dan untuk mas ponari, entah mau pake vps murahan atau vps mahal sekalipun tetap saja urusan backup adalah tanggungjawab pelanggan. sebaik apapun node hardware tetap saja suatu saat bisa rusak. raid10 pun bukan jaminan krn fungsi dan tujuannya berbeda dengan backup.

kalau pengalaman saya sih, sama seperti kang @arieonline:
ketimbang beli vps mahal (kebanyakan disini mahal :peace), saya lebih suka beli beberapa vps murah dari provider yg berbeda di leb, disini dapat 1 disana bisa dapat 3.

2 vps lainnya bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan data backup. sebab dengan begitu sangat jauh lebih kecil kemungkinan tertimpa masalah kehilangan data. dengan adanya 2 vps lain yg digunakan sebagai backup dari vps utama tadi, sebab kalau udah punya 2 vps buat backup di provider yg berbeda dan datanya masih hilang juga, berarti 100% kemungkinannya cuma krn lagi kurang beruntung aja.

untuk backup banyak sekali metode yg bisa digunakan, cara yg umum bisa pakai rsync atau bittorrentsync. kalau hanya sekedar backup data website aja, bisa pakai cara yg sederhana dgn bash script atau script php, dan kemudian di sFTP kan ke vps backup dan diattach ke email (kalau ukurannya nggak besar).
 

localhost

Apprentice 2.0
masukan yang bagus dari mas @valent. tapi saya masih penasaran apa tidak ada notifikasi dari providernya apabila mau ada perbaikan ? IMHO dalam beberapa hal provider seharusnya dapat "mounting" partisi atau data vps pelanggan untuk backup sebelum melakukan perbaikan.
 
Status
Not open for further replies.

Top