[curhat] Mohon agar lebih berhati2 dalam memilih vps murahan


Status
Not open for further replies.

idnix

Hosting Guru
Verified Provider
malam,

sebenarnya kejadian ini sebulan yang lalu, namun saya "tidak tahan" untuk posting kesini
saya membeli vps dari salah satu provider yang menjajakan produknya disini
dan akhirnya saya memutuskan membeli 1 vps iix pada provider tersebut

namun setelah beberapa hari, beberapa domain saya tidak bisa di akses/ not found
saya belum curiga, jadi saya coba selidiki lebih lanjut

setelah ditelusuri, saya mengambil kesimpulan vps saya ini di "install ulang"

akhirnya saya memutuskan bertanya kepada support mereka melalui ym (status ym kernel panic)

saya: kernel panic? termasuk vps saya om?
provider: ip vps bapak brp?
saya: xxx.xx.xxx.xxx
provider: harusnya lancar pak, sebentar kami cek
saya: saya gk ada ganti password, disitu ada 5 website, mati semua
provider: wew, ini saya lihat online
saya: ada salah install vps? kesemua server tersebut tidak bisa di akses
provider: sebentar saya tanya admin yang lain,
provider: oh ya pak, kemarin ada kernel panic

dan banyak lagi setelah percakapan bertele2 tersebut

kemudian saya minta vps saya di restore sesuai dengan perjanjian yang mereka buat yaitu

Menggunakan RAID10 active mirror untuk mencegah terjadinya kehilangan data akibat harddisk rusak.

namun apa dikata, saya malah diajari "untuk backup" server saya sendiri yang sepertinya kernel panic adalah salah client. padahal sebelum membeli, provider bilang bahwasanya ini adalah server baru

yang parahnya, provider terkesan tidak "share" dengan pelanggan dan tidak memberikan solusi
dan hanya memberikan akumulasi "refund" dengan catatan saya "terima" kehilangan data-data 5 website saya

disatu sisi, kondisi saya sedang sibuk dengan urusan keluarga selama beberapa pekan

sekian curhat saya, jika om2 dan tante2 butuh screenshot dan lampiran lainnya. saya siap mempertanggung jawabkannya
kesemuanya sudah saya simpan hingga sekarang

biarlah ini menjadi pengalaman saya, dan berhati2lah memilih vps/ server
 

junior riau

Hosting Guru
Verified Provider
tunggu dulu, ini yang kernel panic di vps nya apa di server induk??
kalau di server induk seluruh vps didalam nya pasti kena, kalau di vps mas saja ya itu memang malfunction dari vps masnya, bukan server induk,
oh iya soal raid 10 active mirror dengan restore backup itu beda kalau g salah,
raid active mirror itu jika salah satu harddisk rusak, vps tetap bisa jalan karena data nya di mirroring ke 3 hdd lagi, jadi pergantian hdd ke 4(yang rusak) tidak menyebabkan downtime, raid cuma untuk redundancy data,
CMIIW kalau salah yah
 

arieonline

Expert 1.0
1. [soal backup]
sy biasa order vps murah meriah dari promo di LEB/LET, dan mereka menyebutkan di TOS nya backup adalah tanggung jawab client
so, sy selalu routine remote backup setiap jam 11 malam ke vps lain

nah skrng anda cek TOS nya, itu backup tanggung jawab siapa?

2. [soal kernel panic]
ini yg panic node or vps anda?
klo node biasanya data2 vps masih aman
klo vps anda, dan anda order vps unmanaged, seharusnya ini bukan menjadi tanggung jawab provider

3. [soal raid]
raid ini berfungsi jika ada salah satu hdd rusak, system tetap berjalan. namun klo masalahnya karna file dihapus/vps corrupted, raid tidak dpt berbuat apa2

begitu kira2 pengalaman saya order vps murah meriah
 

drupadi

Apprentice 1.0
untuk kernel panic ini harus di perjelas, kernel servernya atau vpsnya.
Kalau vpsnya di oprek2 sendiri edit2 fstab atau delete /boot atau / ya salah sendiri, tapi kalau node servernya itu perlu di pertanyakan.
RAID 10 bukan berarti tidak akan kehilangan data, tapi cuma cara saja untuk meminimalisir hardware rusak, sehingga bisa cepat diganti tanpa down.
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
untuk backup kita tidak bisa berharap penuh pada provider, walalupun si provider mempunyai backup, bencana bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja...
alangkah baiknya kita mempunyai backup sendiri...

kalau vps sudah diinstall ya data sudah hilang semua, raid10 untuk "mencegah" kehilangan data, bukan untuk menyimpan backup data...
CMIIW
 

idnix

Hosting Guru
Verified Provider
tunggu dulu, ini yang kernel panic di vps nya apa di server induk??
kalau di server induk seluruh vps didalam nya pasti kena, kalau di vps mas saja ya itu memang malfunction dari vps masnya, bukan server induk,
oh iya soal raid 10 active mirror dengan restore backup itu beda kalau g salah,
raid active mirror itu jika salah satu harddisk rusak, vps tetap bisa jalan karena data nya di mirroring ke 3 hdd lagi, jadi pergantian hdd ke 4(yang rusak) tidak menyebabkan downtime, raid cuma untuk redundancy data,
CMIIW kalau salah yah

node servernya mas.. mas ada2 aja, logikanya darimana dasar provider bisa tau klo vps saya malfunction atau mengalami kernel panic tanpa saya yang memberitahukan?. toh vps saya KVM :D

untuk backup kita tidak bisa berharap penuh pada provider, walalupun si provider mempunyai backup, bencana bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja...
alangkah baiknya kita mempunyai backup sendiri...

kalau vps sudah diinstall ya data sudah hilang semua, raid10 untuk "mencegah" kehilangan data, bukan untuk menyimpan backup data...
CMIIW

saya juga tau soal ini mas, seperti yang saya bilang pada post pertama
saya gk menyalahkan provider, makanya saya "blur" ini posting dan saya jadikan pengalaman saya dalam memilih vps

untuk kernel panic ini harus di perjelas, kernel servernya atau vpsnya.
Kalau vpsnya di oprek2 sendiri edit2 fstab atau delete /boot atau / ya salah sendiri, tapi kalau node servernya itu perlu di pertanyakan.
RAID 10 bukan berarti tidak akan kehilangan data, tapi cuma cara saja untuk meminimalisir hardware rusak, sehingga bisa cepat diganti tanpa down.
nodenya mas..
itu dia maksud saya mas, saya mempertanyakan "kesiapan" si provider dalam membangun server vps tersebut
saya sendiri pernah mengalami kernel panic (KVM tandem virtualizor) justru saya sendiri memberikan log terperinci kepada client
dan hanya vps windows yang tidak bisa di restore



1. [soal backup]
sy biasa order vps murah meriah dari promo di LEB/LET, dan mereka menyebutkan di TOS nya backup adalah tanggung jawab client
so, sy selalu routine remote backup setiap jam 11 malam ke vps lain

nah skrng anda cek TOS nya, itu backup tanggung jawab siapa?

2. [soal kernel panic]
ini yg panic node or vps anda?
klo node biasanya data2 vps masih aman
klo vps anda, dan anda order vps unmanaged, seharusnya ini bukan menjadi tanggung jawab provider

3. [soal raid]
raid ini berfungsi jika ada salah satu hdd rusak, system tetap berjalan. namun klo masalahnya karna file dihapus/vps corrupted, raid tidak dpt berbuat apa2

begitu kira2 pengalaman saya order vps murah meriah

mas arie,
pada ketentuan tos tertulis seperti ini

Anda bertanggungjawab penuh untuk melakukan backup atas masing-masing data web, backup yang dilakukan semata-mata untuk keperluan internal.

namun ketika saya bertanya kepada mas arie (anggaplah mas arie sbg providernya),
keperluan internal seperti apa yang dimaksud mas??

seperti yang saya sebutkan jg pada post pertama, kejadian ini terjadi setelah saya baru berlangganan sekitar 2 minggu. dan tidak bisa online dikarenakan ada kesibukan

2. sudah dijawab pada diatas mas, node
3. terima kasih atas sarannya mas
 
Last edited:

BennyKusman

Hosting Guru
Verified Provider
kasus yang sulit juga..
ini jadinya, masi bisa login pakai pass root yang lama ?

bisa jadi juga, backup file nya corrupted...
tapi kalau TOS berkata "bertanggung jawab penuh", pihak provider juga tidak bisa dipersalahkan..
 

deRegen

Apprentice 1.0
mas @pocarisweat jangan pernah mempercayakan 100% backup data anda ke satu provider.
 
Status
Not open for further replies.

Top