Saya selalu berusaha cari hoster yang terpercaya, bahkan saya tadinya ga mau sama hoster yang dikelola secara perorangan (tidak berbadan hukum, pt/cv).
Akhirnya ketemu deh sama salah satu hoster dan sudah lebih dari 4 tahun dengan hoster ini. Tapi apa daya, hoster dengan pengalaman mumpuni dan berbadan hukumpun tidak menjamin layanan yang baik.
Permasalahannya sebenarnya simple, server mereka overloaded.. kebanyakan klien ! Tapi apa daya para reseller bila tidak ada kebijakan untuk upgrade server atau bikin server baru... ujung2xnya 'seleksi alam' reseller yang ga tahan monggo pergi biar load balance kembali normal.
Ironi ya ?
Berikut chat saya dengan staff hoster ini (nama hoster saya samarkan dulu biar ga ada keributan ntar.. saya sudah cukup pusing nangani klien2x yang komplain tiap hari gara2x website down).
Nama support juga saya samarkan karena beliau juga seorang staff tanpa wewenang managerial.
Saatnya hengkang... semoga pebisnis hoster yang baca thread ini tidak memiliki niat untuk melakukan hal yang sama dengan hoster ini.. walau berbadan hukum, klien banyak, pengalaman mumpuni, tapi ya jangan terlalu profit minded... justru rangkul para reseller biar sukses bersama.
Salam !
Akhirnya ketemu deh sama salah satu hoster dan sudah lebih dari 4 tahun dengan hoster ini. Tapi apa daya, hoster dengan pengalaman mumpuni dan berbadan hukumpun tidak menjamin layanan yang baik.
Permasalahannya sebenarnya simple, server mereka overloaded.. kebanyakan klien ! Tapi apa daya para reseller bila tidak ada kebijakan untuk upgrade server atau bikin server baru... ujung2xnya 'seleksi alam' reseller yang ga tahan monggo pergi biar load balance kembali normal.
Ironi ya ?
Berikut chat saya dengan staff hoster ini (nama hoster saya samarkan dulu biar ga ada keributan ntar.. saya sudah cukup pusing nangani klien2x yang komplain tiap hari gara2x website down).
Nama support juga saya samarkan karena beliau juga seorang staff tanpa wewenang managerial.
Please wait, an operator will be with you shortly.
You are now chatting with <petugas support> - Technical Support
16:59 <petugas support>: Welcome to <hoster>, My name is <support>. How may I Help You?
17:00 <petugas support>: Selamat sore. Selamat datang dalam session Live Chat <hoster>. Apakah ada hal tertentu yang dapat saya bantu?
17:00 Viktor: pak <support> database mati lagi ya
17:01 <petugas support>: Mohon maaf pak victor, terkait akun reseller baru saja di restart MySQL service karena load tinggi sekali. statusnya saat ini sudah up kembali.
17:02 Viktor: Pak <support> khan dari tim support manajemen <hoster> nih, boleh saya tanya secara pribadi... apa dari <hoster> ada rencana untuk solve masalah ini ?
17:02 Viktor: karena ini khan kejadian terus menerus
17:03 Viktor: klien sering komplain... ini khan jadi ga win-win...
17:04 Viktor: artinya kalau solusinya pas load tinggi adalah di reset terus... ini khan solusi cepat, tidak mendeteksi akar masalahnya..
17:04 Viktor: apa mungkin server reseller sudah mulai penuh ?
17:04 Viktor: atau dari <hoster> lagi ada rencana upgrade ?
17:05 Viktor: tapi kalau tidak ada rencana apa apa dan solusi dari pimpinan cuma reset server.. ya berarti ini tinggal masalah "seleksi alam", menunggu reseller yang jengah pindah tempat, sehingga load balancenya normal lagi
17:06 Viktor: saya buat cron job setiap 5 menit hanya untuk cek koneksi localhost saja
17:06 Viktor: itu recordnya sangat ga bagus
17:07 <petugas support>: Terima kasih pak, informasi yang saya terima memang server sudah mulai penuh dalam artian secara teknis untuk kapasitas harddisk kita masih luang tapi untuk resources Processor dan RAM yang sudah agak berat
17:07 Viktor: iya.. secara logis saya rasa kejadiannya begitu...
17:08 Viktor: ini bukan masalah 1 atau 2 orang reseller 'nakal'
17:08 Viktor: tapi resource mulai penuh
17:08 Viktor: so.. dari pak <support> sendiri ngeliat dari pimpinan manajemen gimana ?
17:08 <petugas support>: Dan kita pun sudah tidak terima akun reseller baru
17:09 <petugas support>: Kemungkinan akan dilakukan upgrade pak
17:09 <petugas support>: tapi kapan kami tidak tahu
17:09 Viktor: ini rahasia para pimpinan ya.. he he he
17:10 Viktor: saya rasa yg 'bombardir' tim support pada saat database down banyak
17:12 <petugas support>: sudah resiko dan tanggung jawab kami pak
17:16 Viktor: jadi solusi yg sekarang ini.. kl penuh, database crash... di reset ya
17:17 Viktor: atau <hoster> tambah memory dulu.. biar server kuat 'ngangkat' databasenya ?
17:19 <petugas support>: untuk saat ini yang paling aman memang merestart MySQL services saja sedangkan utk Email server, Web Server, dan FTP server tetap running. karena jika load MySQL server tinggi nanti malah server down secara keseluruhan. Untuk tambah RAM sepertinya slot dimm sudah maksimal pak,
17:20 Viktor: Oh ya sudah de... make sure kalau databasenya dah keberatan.. langsung di restart ya sebelum down... karena tracker saya pernah deteksi database downnya sampe 10 menit lebih ga hidup2x
17:23 <petugas support>: baik pak, keluhan bapak untuk saat ini kami tampung dan kami teruskan kembali ke manajemen
17:23 Viktor: ok selamat bertugas kembali
17:24 <petugas support>: Terima kasih pak, selamat sore. Kami senang dapat membantu Anda. Sampai jumpa, terima kasih telah menghubungi <hoster> melalui Live Chat. Informasi dan pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi kami kapan pun.
Saatnya hengkang... semoga pebisnis hoster yang baca thread ini tidak memiliki niat untuk melakukan hal yang sama dengan hoster ini.. walau berbadan hukum, klien banyak, pengalaman mumpuni, tapi ya jangan terlalu profit minded... justru rangkul para reseller biar sukses bersama.
Salam !