Domain Aktif di Niagahoster, Tapi Whois di Godaddy (dan Tidak Bisa Update Nameserver)


ryuga

Beginner 2.0
Permisi, saya sedang mencoba mencari solusi atas masalah yang saya alami terkait salah satu domain saya (lebih tepatnya domain adik ipar saya).

Singkatnya, domain ini di register di Niagahoster pada tahun 2020 yang lalu, domain yang dimaksud adalah shabannar.com.

Bukti pembelian: http://prntscr.com/1xxmmox

Selanjutnya, karena domain tersebut memang bukan pribadi milik saya (adik ipar saya nitip lewat akun saya), maka saya tidak begitu memantau domain ini. Hingga pada akhirnya, domain tersebut expired pada 3 September yang lalu.

Pada tahap ini, saya sudah menerima email dari Niagahoster, tapi masih menunggu "komando" dari adik ipar saya apakah mau di renew apa enggak.

Hingga pada akhirnya, dapat email kembali pada tanggal 25 September: http://prntscr.com/1xxnge0. Email tersebut menyebutkan bahwa domain akan dihapus 7 hari ke depan. Jika mengacu pada email yang dikirim Niagahoster, maka Grace Period akan berakhir pada tanggal 1 Oktober.

Akhirnya, pada tanggal 27 September, diputuskan bahwa domain akan di renew. Tapi, pada jam tanggal 27 September, pukul 12.57, ada email pemberitahuan bahwa perpanjangan gagal: http://prntscr.com/1xxo36b.

Belum sempat follow up perihal email yang memberitahukan 'renewal gagal', di tanggal yang sama, 27 Sepetember, pukul 13:22, ada email baru yang menyatakan domain sudah aktif: http://prntscr.com/1xxoeeg.

Sampai pada tahap ini, saya berfikir domain sudah aktif kembali, dan mengira email yang pertama adalah 'glitch' dari sistem mereka.

Saya juga tidak melakukan check apakah website sudah aktif, karena umumnya langsung aktif kembali setelah di renew (tanpa harus setting ulang DNS). Pun dengan adik ipar saya, karena sibuk magang, gak ngecek website tersebut atau enggak.

Puncaknya, pertengahan oktober (lupa tanggal tepatnya), baru sadar kok website tidak bisa di akses. Awalnya saya fikir masalah server, akhirnya mau saya coba pindah ke server lain. Tapi ketika saya mau update nameserver, saya dapat notif seperti ini: http://prntscr.com/1xxp7wu

Akhirnya, saya coba iseng buat cek who.is/whois/shabannar.com, dan mengejutkan sekali, domain tersebut registrar-nya berganti menjadi Godaddy, pun juga nameservernya tidak mengarah ke server saya http://prntscr.com/1xxpvlh.

Padahal status domain tersebut dalam kondisi 'aktif' di panel niagahoster http://prntscr.com/1xxrj3c.

Sampai pada tahap ini, pada akhirnya saya coba chat support Niagahoster. Awalnya dijawab dengan jawaban template, sebelum pada akhirnya saya dilempar ke tim teknis.

- Mereka bertanya, apakah saya mentransfer domain tersebut? Tentu jawaban saya enggak.
- Kemudian mereka bertanya, apakah akun ini aksesnya dimiliki orang lain? (sehingga domain tersebut bisa di transfer). Akun ini, loginnya hanya saya yang pegang. Pun jika domain di transfer, bukankah harusnya ada email pemberitahuan ke email saya?

Pun menurut saya, akun saya di kondisi ini bukan di hack (kemudian domainnya di transfer), tapi karena domain ini gagal di renew.

Pada akhirnya, team support Niagahoster menyebutkan akan melacak history domain (di ICANN), dan menyebut akan mengabari saya jika ada update. Tapi sampai hari ini, belum ada update terkait case ini.

Kira-kira para suhu disini adakah pengalaman yang serupa dengan saya? Kira-kira solusinya bagaimana.

Sekain, mohon maaf kalau ada salah-salah, karena saya member baru yang kebetulan nyasar disini buat nyari solusi.
 
Last edited:

XXIKU.COM

Hosting Guru
kalau sudah lari ke registrar lain tentunya itu sudah tidak bisa diganggu gugat sepertinya. karna sudah beda kewenangan.
 

Top