Facebook Mastery Part 4


Status
Not open for further replies.

Mr Greenvia

Beginner 1.0
Beli Data

Disini memaksudkan mengumpulkan informasi dari traffic yang terkirim ke web kita baik menggunakan google analytic dan tracking seperti voluum.com. Setiap kali kita membuka web apa pun misalnya tokopedia, bukalapak, google dan lain – lain, kita selalu membawa informasi data.

Misalnya anda menggunakan handphone samsung galaxy J5 dengan os version android 5.1. browser yang anda gunakan untuk membuka web seperti tokopedia.com adalah browser chrome mobile 56. Anda menggunakan kartu xl dan anda berada di Bali. Ketika membuka tokopedi di hari rabu jam 13.00 Wib. Bahkan bisa diketahui berapa lama anda berada di web dan apa saja yang anda klik.

Informasi tersebut adalah data yang anda bawa setiap kali membuka web apapun. Data ini sangat penting karena kita bisa lebih mengetahui karakter dan tipe pembeli kita. Untuk mengetahui data – data ini, pentingnya untuk “membakar uang”.

Artian membakar uang disini adalah anda harus mengumpulkan semua informasi untuk di analisa dan diambil kesimpulan. Untuk itu, anda harus menjalankan iklan dulu dalam waktu beberapa hari. Untuk menemukan iklan dengan konversi bagus, anda juga harus menggunakan split test.

Setelah mendapatkan pemenangnya, anda bisa stop iklan yang kalah dan pemenangnya dibiarkan jalan. Seperti contoh dibawah ini :


Kalo anda perhatikan ada 12 iklan di dalam 1 adset. Saya melakukan split test untuk mendapatkan iklan yang menang. Split test yang di lakukan pada gambar di atas adalah pada headline, deskripsi, gambar & text.

Ini namanya membeli data dengan mengeluarkan biaya iklan beberapa hari untuk menemukan iklan pemenang. Baiklah, ini dari segi iklan, bagaimana dengan membeli data melalui tracking ? Ada baiknya setiap beriklan, anda menggunakan tracking software yang tepercaya untuk mendapatkan data yang maksimal.

Tracking software yang banyak digunakan oleh top affiliate dan internet marketer adalah voluum. Disini, anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang calon customer anda. Baik itu negara, kota, isp, os version, browser version, brand, device type, ip, model version, connection type, jam sampai hari apa yang banyak pengunjungnya.

Data dibawah ini adalahd data untuk traffic dari indonesia. Ini bisa jadi gambaran bagi anda bahwa customer anda juga mempunyai data yang sama seperti dibawah ini. Anda bisa mengambil banyak manfaat dan bisa melakukan split test dalam kampanye iklan facebook anda.

Selamat Menikmati :D

Brand



Browser Version



Browser


Kota



Connection Type


Country


Hari dalam seminggu



Device Type



Jam Paling Banyak Klik Dalam Satu Hari


ISP Carrier



Mobile Carrier



Model


Operating System (OS)



Operating System Version (OS Version)



State Region


Bahkan anda bisa memilih klik mana yang banyak dengan melakukan beberapa kombinasi seperti dibawah ini :

Brand & OS Version & Device Types



Brand & OS & Model







City & ISP & OS







City & OS Version & Browser Version





Day Of the week & Hour of the day










Hour of Day





Dari data diatas, yang mana paling banyak kliknya bisa anda prioritaskan. Ini traffic yang masuk ke web toko online dan pembayaran melalui transfer dan tokopedia. Karakter orang indonesia adalah suka bertanya – tanya dulu melalui whatsapp dan kemudian melakukan transferan.

Nah, jika begitu, tracking voluum tidak bisa menampilkan konversi secara automatis. Beda jika bermain cpa, anda bisa menaruh pixel atau postback ke dalan affiliate network anda. Anda bisa bisa lebih maksimal memilih mana yang menghasilkan keuntungan (warna hijau) dan mana yang merugikan (berwarna merah)

Dengan begini, anda bisa fokus yang berwarna hijau untuk di optimasi lebih lanjut sehingga menghasilkan konversi yang beratus kali lipat. Anda bisa mempelajari screenshot dibawah ini :







Data – data ini bisa dibilang menggali harta karun. Karena anda bisa fokus kepada mana yang menghasilkan keuntungan dengan memperhatikan warna hijau. Sebagai contoh liat gambar diatas. Yang mendatangkan keuntungan adalah traffic dari android dan iphone. Sedangkan yang mendatangkan kerugian adalah traffic dari operating sistem linuk, JVM, Live area dll.

Ini kita optimasi berdasarkan data yang dibawa menggunakan tracking voluum. Jika anda beriklan menggunakan facebook ads, anda juga bisa mengoptimasi interest dengan menggunakan facebook marketing API.

Jika anda memasukkan banyak interest kedalam iklan anda dan kemudian mau mencari tahu interest mana yang banyak melakukan interaksi baik itu di comment, share maupun like maka facebook marketing api adalah solusi bagi anda.



Anda bisa menonton cara menggunakan facebook marketing api disini :

Anda bisa menganalisa data melalui google analytics. Liat gambar dibawah ini :


Jika anda menggunakan sales letter, di google analytics saya memperhatikan berapa lama visitor berada di halaman sales letter kita. Jika hanya 3 detik, maka anda harus mengoptimasi lebih lanjut headline anda.

Kemudian jika visitor rata – rata hanya bertahan 10 detik, maka penting memperhatikan di kalimat mana pada detik ke 10 yang harus di optimasi lebih lanjut. Begitu seterusnya sampai – sampai visitor anda betah membaca sales letter anda sampai beberapa menit.

Dengan mengukur berapa lama visitor berada di web kita, itu sangat berpengaruh dengan konversi penjualan. Jika sales letter anda memiliki 20 halaman panjangnya dan menghabiskan waktu 15 menit untuk membaca keseluruhan, maka apakah mungkin mendatangkan banyak penjualan jika pengunjung rata – rata anda hanya bertahan 5 detik ?

Selain itu, anda bisa menganalisa data di google analytic di bagian demographic, interest, Geo , behavior, mobile dan lainnya. Kemudian bandingkan dengan data yang anda dapatkan di facebook ads & tracking voluum. Hasilnya Joss !

Kesimpulan

Intinya adalah kita harus membakar uang untuk mendapatkan data – data yang bisa dioptimasi lebih lanjut. Mungkin pada saat pertama kali beriklan, kita mengeluarkan biaya iklan yang tidak sedikit. Tapi jika kita tahu membaca data melalui facebook ads reporting, tracking voluum & google analytics maka anda bisa mengubah kerugian menjadi keuntungan.


download aja ya microsoft wordnya....

wakkaka
ini linknya :

https://drive.google.com/open?id=1zE04uEBsrNxec1S5ILdKNyGimALW6iYt
 
Status
Not open for further replies.

Top