Google.com dan Google.co.id, Mana yang Harus Dioptimasi?


Status
Not open for further replies.

thomasw3r

Beginner 1.0
Saat ini, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh umat manusia dimuka bumi. Digunakan oleh berbagai suku dan bahasa di berbagai wilayah lintas negara dan budaya, wajar jika kemudian Google membuat interface khusus pada halaman mesin pencari nya untuk berbagai macam wilayah dan bahasa, agar lebih mudah digunakan oleh seluruh pengguna nya diberbagai negara.

Contoh Google untuk wilayah Indonesia, Google.co.id yang juga memiliki beberapa opsi bahasa. Diantaranya, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Bali.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah apakah interface Google yang multi domain negara dan multi bahasa ini ada pengaruhnya dengan proses SEO? Ternyata ada.

Katakanlah Jasa SEO Klikseo.com mendapat pesanan untuk optimasi keyword berbahasa Indonesia untuk website tertentu. Keyword berbahasa Indonesia ini jelas diperuntukkan untuk orang yang berlokasi di Indonesia dan paham dengan bahasa Indonesia bukan? Maka keyword tersebut akan dioptimasi untuk Google.co.id berbahasa Indonesia.

Kemudian jika keyword tersebut sudah muncul di halaman pertama Google.co.id dengan bahasa Indonesia, apakah dia juga akan otomatis muncul pada Google.co.id berbahasa Inggris? Belum tentu. Inilah uniknya mesin pencari Google.

Maka sebelum memulai proses optimasi akan lebih baik jika anda mengikuti tips berikut:

1. Pastikan untuk wilayah target pembaca/konsumen anda
Jika website atau toko online anda memiliki target pembaca/konsumen di Indonesia saja, maka fokuskan optimasi keyword yang anda bidik untuk Google Indonesia (Google.co.id). Tapi jika target pembaca/konsumen anda adalah global, maka fokuskan optimasi keyword anda pada Google Global (Google.com).

2. Pastikan bahasa yang digunakan pembaca/konsumen anda
Jika website/toko online anda memiliki target orang yang berbahasa Indonesia, maka jelas anda harus memfokuskan pada Google berbahasa Indonesia, jika targetnya adalah orang berbahasa Inggris maka optimasi keyword untuk Google yang berbahasa Inggris.


Yang harus diingat, optimasi pada Google.com jelas lebih sulit dan memakan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan optimasi untuk Google.co.id. Ini dikarenakan anda akan memperebutkan posisi untuk keyword tersebut dengan website/toko online seluruh dunia. Jasa SEO kebanyakan pun biasanya meminta fee lebih banyak untuk optimasi Google.com.

Kesalahan menentukan fokus Google yang anda optimasi akan berdampak pada kerugian waktu dan uang. Karena meski website anda muncul pada halaman pertama Google.com untuk keyword tertentu, belum tentu akan muncul pada halaman pertama Google.co.id, begitu pula kebalikannya, dan berlaku pula untuk Google.co.id berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris.

sumber : http://www.klikseo.com/google-com-dan-google-co-id-mana-yang-harus-dioptimasi/
 

exabytes-id

Expert 1.0
Setuju dengan tips di atas,
Sebaiknya jika ingin optimasi SEO kenali dulu target visitor web kita apakah web kita hanya untuk visitor indo atau hanya untuk luar.
 

Yunita

Beginner 1.0
Informasi yang sangat bermanfaat, saya coba dulu tipsnya. kebetulan saya sedang mengoptimasi blog untuk target dalam negeri
 

Digital Hound

Beginner 2.0
Baru tau ini informasi, mungkin Mesin Pencari Google.com dan Google.co.id itu berbeda di algoritma nya ya?
Tapi sepertinya utk sekarang orang lebih memilih Google Ad dibanding SEO ,ada juga yang bilang kalau websitenya sdh dipsang google ad otomatis SEO Rank nya naik :)
 

el_makong

Hosting Guru
kalo saya sih pasang 2 jenis kata kunci...1 bahasa indonesia, 1 bahasa inggris..knapa?target client adalah 2...orang indonesia yang menggunakan bahasa inggris dalam pencarian, dan orang indonesia yang menggunakan bahasa indonesia dalam pencarian..
dan sepengalaman saya, hit count dengan kata kunci bahasa inggris di indonesia cukup tinggi..
dan saya sndiri, kalo googling, selalu cari dengan bahasa inggris..kecuali udh depresi, baru cari pake bahasa indonesia...hasil pencarian lebih baik yg pake bahasa inggris...dan biasanya lebih lengkap....kalo hasil pencarian bahasa indonesia, rata2 kontennya hasil copas...ini yg bikin males...haha
 

sigmabisnis

Hosting Guru
Verified Provider
Baru tau ini informasi, mungkin Mesin Pencari Google.com dan Google.co.id itu berbeda di algoritma nya ya?
Tapi sepertinya utk sekarang orang lebih memilih Google Ad dibanding SEO ,ada juga yang bilang kalau websitenya sdh dipsang google ad otomatis SEO Rank nya naik :)

Sepertinya kalau Google ads tidak mempengaruhi terhadap SEO rank websitenya.

Doing Adwords does NOT directly help or effect rankings. Integrity in this area is a cornerstone of Google’s business. If this were violated it would damage Google beyond repair, not to mention a slew of legal actions. Google would never risk those consequences. Google has stated over and over that Adwords advertising will not affect rankings. I don’t always believe Google but….

I have been managing Adwords and doing search engine optimization for my clients for many years. I have managed every combination of clients that do or don’t do AdWords combined with SEO. There have also been cases where SEO clients stop doing AdWords, or start doing AdWords. I can say that I have never seen anything that indicated that Adwords affected rankings.

There are a number of reputable SEO research firms that study this issue and every one of them has come to the same conclusion: Adwords does not affect rankings.

http://www.wsiroiwebresults.com/blog/does-doing-adwords-help-your-seo.aspx
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
setuju Om, apa lagi kl search howto/solving problem lebih suka pakai bahasa inggris

kalo saya sih pasang 2 jenis kata kunci...1 bahasa indonesia, 1 bahasa inggris..knapa?target client adalah 2...orang indonesia yang menggunakan bahasa inggris dalam pencarian, dan orang indonesia yang menggunakan bahasa indonesia dalam pencarian..
dan sepengalaman saya, hit count dengan kata kunci bahasa inggris di indonesia cukup tinggi..
dan saya sndiri, kalo googling, selalu cari dengan bahasa inggris..kecuali udh depresi, baru cari pake bahasa indonesia...hasil pencarian lebih baik yg pake bahasa inggris...dan biasanya lebih lengkap....kalo hasil pencarian bahasa indonesia, rata2 kontennya hasil copas...ini yg bikin males...haha
 

el_makong

Hosting Guru
setuju Om, apa lagi kl search howto/solving problem lebih suka pakai bahasa inggris
ampun Tuan...saya blom punya pacar..apalagi istri..masa d panggil om...haha:24:
 

bukainfo

Beginner 1.0
Baru tau ini informasi, mungkin Mesin Pencari Google.com dan Google.co.id itu berbeda di algoritma nya ya?
Tapi sepertinya utk sekarang orang lebih memilih Google Ad dibanding SEO ,ada juga yang bilang kalau websitenya sdh dipsang google ad otomatis SEO Rank nya naik :)
setuju dengan pendapat sampean karena saya sering menjumpai semakin sering web tersebut menggunakan google ad maka seo akan meningkat secara signifikan, inilah yang terjadi sekarang.
 
Status
Not open for further replies.

Top