Hati2x Order Domain!


Status
Not open for further replies.

Michael Nicky

Hosting Guru
Sekedar himbauan, barangkali perlu untuk berhati- hati untuk 'beli domain' ... kapan/ sama siapa/ dan dimana saja. Kenapa harus perlu hati- hati?

Ada beberapa 'new-customer' yang ternyata mengalami kendala berkaitan account domain-nya. Yang bersangkutan 'si customer' tadi tidak mempunyai hak akses "Control Domain Manager" , padahal panel "Control Domain Manager" adalah hak-nya si-customer tadi ketika yang bersangkutan membeli domain tersebut.

SARAN :
  • Tanyakan dulu sebelum anda order Domain, apakah dikasih hak akses login ke "Control Domain Manager"
  • Jika dikasih, berapa lama proses 'aktivasi' domain tsb.
  • Seperti apakah panel "Control Domain Manager" tsb, dan bebas-kah anda menentukan pilihan lainnya.
 

jagoan

Apprentice 1.0
untuk temen2 hoster : setidaknya jika memang tidak memungkinkan untuk memberikan control panel domain secara utuh, minimal tidak mempersulit proses2 yang seharusnya bisa dilakukan klien seperti : transfer, rubah NS, rubah data dll

sempet juga mengalami kesulitan proses transfer karena pihak hoster / tempat pendaftaran domain sebelumnya menahan domain klien yang bersangkutan. kasihan klien nya kan?

tujuan yang baik (tetap mempertahankan klien dan memberikan layanan) namun dilakukan dengan cara yang salah, tetaplah salah, begitu kata Mario Teguh semalam di Metro TV :blah:

:peace:
 

jagoan

Apprentice 1.0
Suka nonton TV ya.... waah update terus tuuh info-nya Tuan.

selama yang ditonton memberikan manfaat positif ya ditonton Bro ....

so sebelum di semprot sama admin mari kita :focus:


biar post nya mengandung topik, nambahin dikit soal domain:

Buat Hoster : kalau memang memberikan harga domain murah bahkan gratis, jelaskan secara gamblang apa yang ditahan dan apa yang diberikan, karena domain adalah harta yang berharga bagi klien

Buat Pembeli domain : kalau harga murah / dapet domain gratis silahkan ditanyakan duu dengan detail beberapa point yang sudah di-share di thread ini oleh TS. Sekali kita bikin domain dan terkenal / memiliki nilai, akan butuh perjuangan besar di kemudian hari jika harus mengganti domain tersebut. sangat disayangkan. Selisih 10rb - 50 rb ($1-$5) per tahun tapi pada akhirnya SIA-SIA. harga nya suatu saat nanti pasti jauh lebih mahal daripada selisih sekarang misal 50rb / tahun atau Rp 136,- / hari (itu kalau selisih 50rb /tahun, kalau selisih kurang dari itu pasti lebih kecil lagi nilai yang Anda hemat sekarang).

semoga berkenan :hail:
 

Michael Nicky

Hosting Guru
@jagoan
Betul Boss.., panel "Control Domain Manager" TETAP adalah hak-nya si-customer walaupun itu dia dapat-kan secara gratis misal akibat order hosting yg domain-nya include di paket itu.
 

bedebah

Apprentice 2.0
Saya punya beberapa klien. Sekitar 10 orang tidak mau tahu domain control panelnya / info WHOISnya, yang penting webnya online.
Saya sudah memberiken akses ke mereka, tp akhirnya cuma saya sendiri yang buka :)
 

nicosoftmedia

(RIP) Community Guide
Menurut saya secara default memang sebaiknya di pegang oleh hosternya langsung, kecuali jika si client meminta akses ke domain panelnya dengan berniat untuk menghandle sendiri domainnya. Maka barulah si hoster tersebut memberikannya.
 

galuh82

Hosting Guru
Verified Provider
bagusnya fasilitas tetep diberikan, digunakan atau tidak itu kembali ke pelanggan :) saya beberapa kali ngalamin client yang kurang paham dengan CP Domain, akhirnya iseng2 otak-atik fasilitas FREE DNS trus webnya jadi tidak bisa diakses karena nameserver berubah dan akhirnya komplain deh ..

tapi hikmahnya, ada pembelajaran tersendiri bagi pelanggan jadi paham dan sedikit banyaknya menambah wawasan :)

btw, bagi pelanggan yang sudah paham biasanya tanyain juga dapet CP domain sendiri atau tidak.

salam,
 
Status
Not open for further replies.

Top