Hosting lokal: No Money Back Guarantee feature -- trick yang disengaja?


Status
Not open for further replies.

rendy

Hosting Guru
Verified Provider
kenapa jangan bandingin antara hoster lokal dan luar? apa karena merasa kurang mampu menyaingi? web hosting itu pelayanan untuk keperluan internet mas dan internet itu global mendunia. ya tentu saja saya membandingkannya dengan layanan hoster luar yg biasa saya pakai. kalau seandainya saya bisa menemukan web hosting lokal yg kualitas dan biaya nya menyamai dgn hosting luar yg selama ini saya pakai, bukan tidak mungkin, bahkan pasti saya akan berpindah layanan.

good Point, memang harus berbenah diri
dan terima kasih sekali atas kritikan serta saran yang ditujukan kepada hoster Indonesia


bagian ini dibaca nggak mas? jangan baca awal trus scroll-down.. apa saya minta support 100000%? atau 100%? apakah salah kalo saya mengkritik layanan live-chat yg setelah di kontak berkali-kali (pada waktu yg berbeda, bukan jam namun hari jg berbeda) selalu di ignore? apa salah bila saya mengkritik operator live-support nya yg enggan membantu dan mencari cara gampang dgn menyuruh send support ticket untuk hal yg seharusnya bisa ditangani / memberikan penjelasan saat itu jg?

memang tidak semua siap memberikan layanan 24x7
karena beberapa problem, seperti skala layanan yang belum memenuhi
biaya operasional
dan lain lain

24x7 itu costly


di sini saya kecewa dgn support nya yg untuk case sederhana saja : live-chat support susah dihubungi. begitu bisa dihubungi langsung menyuruh bikin support ticket tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu (andai operator live-chat nya mau meluangkan sedikit waktu untuk melihat web yg bermasalah, tentu akan tahu dgn mudah permasalahannya dan tidak perlu bikin support ticket), support ticket yg lambat respon nya.. 2 hari bukan hal yg baik dalam segi pelayanan. selama ini saya kalau support ticket ke hoster yg biasa saya pakai tidak sampai 1 x 24 jam support ticket di balas (benar-benar dibalas with concern, bukan auto reply system).

dari sinilah si cost mahal itu berawal
kalau cost server dll, masih mudah menghitungnya
cost manusia luar biasa mahal

dan perang hargalah yang menentukan baik atau tidaknya pelayanan
semakin diikutin si perang harga, semakin jelek kualitasnya

bagaimana jika perang service?


server loading terasa lama. hingga untuk buka page pun bisa ber menit-menit dan bahkan "could be temporarily unavailable or too busy", kadang" database error.. ini terjadi kerap kali dan setiap hari. apalagi di jam" efektif. jelas ini akan sangat merugikan. maaf membandingkan lagi, rata" hoster yg baik akan memberikan garansi up time 97% - 99%. buat standar saya sendiri 90% up time sudah bisa saya tolerir. tapi kalo saya hitung proporsional yg terjadi, uptime yg terjadi jauh di bawah itu.

overselling problem, harga murah bisa mengakibatkan kejadian ini lebih sering

dari 2 case di atas, apa saya menuntut 100000% support? 100% support? kalau memang layanan hoster indonesia seperti di atas adalah wajar dan marah serta tidak berani untuk dibandingkan kualitasnya dgn hoster luar, saya mohon maaf yg sebesar-besarnya dan tidak akan melanjutkan thread ini. silahkan anda anggap saya pembuat onar, hoax, or apapun itu

mbak lidya yang baik, masukan seperti ini justru diperlukan oleh kawan kawan hoster
agar mau menaikkan kualitas pelayanan


sebenernya bukan Money Back nya mas yg saya ingin utamakan, tapi lebih ke Guarantee nya. tidak semua sifat org dan customer sama. mungkin ada yg (meskipun salah terletak di customer) tetep keukeuh minta refund meskipun tidak tercantum. tapi gak sedikit jg yg karena tidak tercantum guarantee apapun akhirnya cuma bersikap "cukup tahu az" dan akhirnya "cukup tahu az" itu menyebar luas dan memicu "boikot hoster lokal". who knows kan mas?

ya memang saya kecewa thd 2 hoster tsb, dan maaf kalau thread saya spt menghantam semua. but you know what? segelintir "oknum" org indonesia yg bermain sbg spammer, scammer dan hal negatif lainnya. namun dampaknya dari segelintir itu dirasakan oleh yg lainnya :(.

jadi di sini saya angkat guarantee atau jaminan ini sehingga calon customer spt saya ini tidak ikut2 menyebarkan "cukup tahu az" nya itu. dan untuk hoster yg merasa memanage web host nya dgn baik dan benar sesuai dgn aturan dan juga memberikan pelayanan yg sesuai, kenapa harus takut? guarantee kan bisa diberikan jikalau sesuai dgn aturan dan itu bisa dipasangkan di label "guarantee" nya. kalau merasa guarantee ini sesuatu hal yg merugikan, i think either they going to scam their customer or they're not prepare to the "credible" state

saya yakin orang yang membeli hosting ini jika dipakai untuk kegiatan bisnis atau serius, maka tentunya mereka tidak mau bermain main, lagipula mungkin memang mbak belum beruntung menemukan partner yang pas

anyway, terima kasih sekali masukannya, semoga dimasa mendatang kualitas pelayanan web hosting Indonesia akan menjadi lebih baik
 

Michael Nicky

Hosting Guru
Permisi.. saya newbie di forum ini, mohon maaf kalo salah tempat. saya hanya ingin menyampaikan keluh kesah saya tanpa bermaksud memojokan siapapun.

sebagai internet marketer, saya sudah faham mengenai web hosting, ttg resource usage, bahasa marketing "unlimited space or bandwith", etc. selama ini saya selalu menggunakan jasa hosting luar dan tidak mempunyai masalah. dimana mereka memperhatikan hak dari customer mereka (mungkin karena hukum di sana lebih jelas kali ya?). jadi klo suspend or banned, itu benar" karena customer memang sudah menyalahi aturan ToS mereka. dan biasanya meskipun di banned karena pelanggaran ToS, customer tetap menerima hak nya (spt file" dan data" website customer, refund pembayaran yg telah dibayarkan setelah dipotong masa pemakaian, etc).
dan hampir setiap penyedia hosting memberikan feature "money back guarantee" apabila customer nya tidak puas dengan pelayanannya. hal ini membuat saya nyaman dan tidak susah dalam mencari web hosting luar.

hingga akhirnya saya punya client yg minta dibikinkan web company profile dengan target lokal. atas pertimbangan segi seo, saya memutuskan untuk memakai hosting dengan server lokal iix. di sini saya terkejut dgn kondisi penyedia hosting lokal. harga sangat-sangat bervariasi dari mulai yg murahan smp yg fantastic. dan dari semua penyedia hosting lokal, none of them alias tidak ada satupun (at least dari yg saya dapet dgn googling dan baca" reviewan) yg di dalam ToS nya memperhatikan hak customer.

akhirnya saya memilih penyedia hosting yg sesuai dgn kebutuhan client saya saat ini. namun baru bbrp hari saya menemukan banyak masalah dgn server nya. dari mulai server down, server loading very very very slowly, etc. dan apabila saya mengeluh kepada live-chat nya, itupun setelah sekian kali kontak setelah berkali-kali tidak digubris, sangat sangat sangat berbeda seperti pada saat kita ingin membeli sebagai calon customer sepertinya sebelum kita nanya pun sudah dijawab (lebay mode: on), jawabannya : "bapak bole kirim pertanyaan bpk ke email kami di support kami" dimana kalo saya buka support ticket, jawabannya bisa melebihi 1 x 24 jam. and guess what, klo kita tidak puas dgn layanan yg diberikan dgn enteng jawaban mereka : "silahkan bapak cari penyedia hosting lain, money refund tidak dapat diberikan"... really funtastic!!!

akhirnya skrg sebelum memutuskan untuk membeli layanan hosting, hal pertama yg saya tanyakan : "apakah ada feature money back guarantee?" and amazingly, none of them can provide it. hal yg sepertinya menjadi keharusan bagi penyedia hosting untuk kredibilitas nya dalam memperhatikan hak customer, sepertinya menjadi hal yg tabu bagi penyedia hosting lokal. apakah hal seperti ini memang trick dari penyedia hosting lokal dimana setelah menerima pembayaran untuk jangka waktu tertentu setelah itu mulai mencari celah untuk "menendang" customer tanpa merasa bertanggungjawab akan pembayaran yg telah diterima? is it realy a good business? no wonder there are so much local web hosting but none of them have a good reputation. it is true, banyak di kalangan internet marketer yg meragukan kualitas hosting lokal. dan baru saya sadari sekarang ternyata memang demikian adanya.

saya mohon maaf untuk para penyedia layanan hosting lokal namun saya beranikan menulis ini di internet (yg tentunya akan dibaca oleh umum) dikarenakan memang seperti ini ada nya. feature money back guarantee seakan dianggap menjadi suatu hal yg tidak menyenangkan, bukan sebagai kesempatan untuk membuktikan kredibilitas dari penyedia hosting tsb.

sad but its true..
saya kira ini bukan keluhan ...... ini tulisan yang sangat bagus sekali... Thanks @Lidya.
Namun demikian tidak semua hoster berkaitan jasa layanan hosting dan domain registration lainnya memberikan support yang sangat buruk sekali atau layanan luar selalu lebih baik.
Justeru banyak sekali layanan hosting luar sangat buruk sekali layanannya, bahkan system pembayaran/billing system mereka "jadul" alias menggunakan system konvensional.

Dan barangkali juga mari kita berusaha jujur bahwa tidak bisa kita selalu berkonotasi jika HARGA MURAH=KWALITAS LAYANAN BURUK (Ini adalah TIDAK selalu benar), karena ada beberapa hoster memberikan jasa layanan hosting dan registration lainnya berawal dari "hobby" yang selanjutnya terpanggil untuk membantu anak bangsa agar tidak "gaptek" sehingga memberikan harga MURAH (Sosial >>> Tidak berharap selalu untung terus)

Semoga jadi renungan kita semua..... Jangan selalu serba luar itu baik dan segalanya, dan Murah tidak selalu 'jelek'

Tetap semangat semua memberikan yang terbaik dan berupaya bisa murah.
 

QudwahWeb

Beginner 1.0
Saya sangat appreciate dengan adanya keluh kesah seperti ini, dan sungguh ini masukan yang luar biasa. Setidaknya menjadi awareness bagi para hoster terkait kualitas Customer Service yang sebenarnya.

Saya yakin kita semua setuju ketika ada sebuah pertanyaan tentang "Bagaimana Kulitas Pelayanan Kami?", maka akan lebih obyektif ketika pertanyaan tersebut dijawab oleh customer, bukan oleh penanya. Beginilah memang yang namanya public service, satu yang makan semua dapat getahnya n kebetulan getahnya negatif. Tapi kalau kemudian perkaranya positif, satu customer merasa puas, merekapun akan teriak terkait kepuasan tsb.

Yah, semoga jadi renungan bersama dan ayo DWH members, ubah citra 180°, ubah fokus bisnis kita dari profit oriented ke Satisfaction Oriented dan biarkan customer yang cerita tentang senyum dan tawa mereka bersama kita. :D
 
Status
Not open for further replies.

Top