kenapa jangan bandingin antara hoster lokal dan luar? apa karena merasa kurang mampu menyaingi? web hosting itu pelayanan untuk keperluan internet mas dan internet itu global mendunia. ya tentu saja saya membandingkannya dengan layanan hoster luar yg biasa saya pakai. kalau seandainya saya bisa menemukan web hosting lokal yg kualitas dan biaya nya menyamai dgn hosting luar yg selama ini saya pakai, bukan tidak mungkin, bahkan pasti saya akan berpindah layanan.
good Point, memang harus berbenah diri
dan terima kasih sekali atas kritikan serta saran yang ditujukan kepada hoster Indonesia
bagian ini dibaca nggak mas? jangan baca awal trus scroll-down.. apa saya minta support 100000%? atau 100%? apakah salah kalo saya mengkritik layanan live-chat yg setelah di kontak berkali-kali (pada waktu yg berbeda, bukan jam namun hari jg berbeda) selalu di ignore? apa salah bila saya mengkritik operator live-support nya yg enggan membantu dan mencari cara gampang dgn menyuruh send support ticket untuk hal yg seharusnya bisa ditangani / memberikan penjelasan saat itu jg?
memang tidak semua siap memberikan layanan 24x7
karena beberapa problem, seperti skala layanan yang belum memenuhi
biaya operasional
dan lain lain
24x7 itu costly
di sini saya kecewa dgn support nya yg untuk case sederhana saja : live-chat support susah dihubungi. begitu bisa dihubungi langsung menyuruh bikin support ticket tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu (andai operator live-chat nya mau meluangkan sedikit waktu untuk melihat web yg bermasalah, tentu akan tahu dgn mudah permasalahannya dan tidak perlu bikin support ticket), support ticket yg lambat respon nya.. 2 hari bukan hal yg baik dalam segi pelayanan. selama ini saya kalau support ticket ke hoster yg biasa saya pakai tidak sampai 1 x 24 jam support ticket di balas (benar-benar dibalas with concern, bukan auto reply system).
dari sinilah si cost mahal itu berawal
kalau cost server dll, masih mudah menghitungnya
cost manusia luar biasa mahal
dan perang hargalah yang menentukan baik atau tidaknya pelayanan
semakin diikutin si perang harga, semakin jelek kualitasnya
bagaimana jika perang service?
server loading terasa lama. hingga untuk buka page pun bisa ber menit-menit dan bahkan "could be temporarily unavailable or too busy", kadang" database error.. ini terjadi kerap kali dan setiap hari. apalagi di jam" efektif. jelas ini akan sangat merugikan. maaf membandingkan lagi, rata" hoster yg baik akan memberikan garansi up time 97% - 99%. buat standar saya sendiri 90% up time sudah bisa saya tolerir. tapi kalo saya hitung proporsional yg terjadi, uptime yg terjadi jauh di bawah itu.
overselling problem, harga murah bisa mengakibatkan kejadian ini lebih sering
dari 2 case di atas, apa saya menuntut 100000% support? 100% support? kalau memang layanan hoster indonesia seperti di atas adalah wajar dan marah serta tidak berani untuk dibandingkan kualitasnya dgn hoster luar, saya mohon maaf yg sebesar-besarnya dan tidak akan melanjutkan thread ini. silahkan anda anggap saya pembuat onar, hoax, or apapun itu
mbak lidya yang baik, masukan seperti ini justru diperlukan oleh kawan kawan hoster
agar mau menaikkan kualitas pelayanan
sebenernya bukan Money Back nya mas yg saya ingin utamakan, tapi lebih ke Guarantee nya. tidak semua sifat org dan customer sama. mungkin ada yg (meskipun salah terletak di customer) tetep keukeuh minta refund meskipun tidak tercantum. tapi gak sedikit jg yg karena tidak tercantum guarantee apapun akhirnya cuma bersikap "cukup tahu az" dan akhirnya "cukup tahu az" itu menyebar luas dan memicu "boikot hoster lokal". who knows kan mas?
ya memang saya kecewa thd 2 hoster tsb, dan maaf kalau thread saya spt menghantam semua. but you know what? segelintir "oknum" org indonesia yg bermain sbg spammer, scammer dan hal negatif lainnya. namun dampaknya dari segelintir itu dirasakan oleh yg lainnya.
jadi di sini saya angkat guarantee atau jaminan ini sehingga calon customer spt saya ini tidak ikut2 menyebarkan "cukup tahu az" nya itu. dan untuk hoster yg merasa memanage web host nya dgn baik dan benar sesuai dgn aturan dan juga memberikan pelayanan yg sesuai, kenapa harus takut? guarantee kan bisa diberikan jikalau sesuai dgn aturan dan itu bisa dipasangkan di label "guarantee" nya. kalau merasa guarantee ini sesuatu hal yg merugikan, i think either they going to scam their customer or they're not prepare to the "credible" state
saya yakin orang yang membeli hosting ini jika dipakai untuk kegiatan bisnis atau serius, maka tentunya mereka tidak mau bermain main, lagipula mungkin memang mbak belum beruntung menemukan partner yang pas
anyway, terima kasih sekali masukannya, semoga dimasa mendatang kualitas pelayanan web hosting Indonesia akan menjadi lebih baik