Hosting lokal: No Money Back Guarantee feature -- trick yang disengaja?


Status
Not open for further replies.

Bforce

Hosting Guru
dari 2 case di atas, apa saya menuntut 100000% support? 100% support? kalau memang layanan hoster indonesia seperti di atas adalah wajar dan marah serta tidak berani untuk dibandingkan kualitasnya dgn hoster luar, saya mohon maaf yg sebesar-besarnya dan tidak akan melanjutkan thread ini. silahkan anda anggap saya pembuat onar, hoax, or apapun itu
Tulisan anda berdampak positif, hasilnya bisa anda lihat, banyak yang ikut memberikan pendapat.
Saya mendukung anda yang mau memberikan dorongan positif dan tantangan kepada hosters Indonesia (lokal), Thanks. :)

Contohnya hal positif di bawah ini, yang mengajak jasa lokal untuk membenahi diri:

kenapa jangan bandingin antara hoster lokal dan luar? apa karena merasa kurang mampu menyaingi? web hosting itu pelayanan untuk keperluan internet mas dan internet itu global mendunia. ya tentu saja saya membandingkannya dengan layanan hoster luar yg biasa saya pakai. kalau seandainya saya bisa menemukan web hosting lokal yg kualitas dan biaya nya menyamai dgn hosting luar yg selama ini saya pakai, bukan tidak mungkin, bahkan pasti saya akan berpindah layanan.
 

BennyKusman

Hosting Guru
Verified Provider
kalau saya pribadi menilai thread ini secara keseluruhan seperti ini:
ini kan setidaknya saya anggap sebagai keluhan dari pelanggan hosting, tidak perlu di dispute/dibikin onar.. saya rasa keluhan yang diberikan ini ngga dibuat2..

saya sendiri pernah mau chatting sama salah satu webhost lokal yang besar (top 10 indo), susahnya minta ampun... kalau dijawab syukur, ngga dijawab bikin gerem... kalau pas web nya down, susah diajak chatting, ntar pas website uda UP baru deh dibalas YMnya....

mengenai persoalan membandingkan hosting luar dan hosting lokal, saya rasa ini penilaian pribadi.. kita harus menghargai apapun testimoni/keluhan pelanggan..
 

1stserver

Hosting Guru
Verified Provider
Kalau membaca dua case yang disampaikan oleh TS memang saya juga akan bilang 'too bad' bila cara hoster melayaninya seperti itu, kalau saya yg jadi klien-nya pun mungkin akan segera kabur ke hoster lainnya. Bagi para hoster yg merasa tidak memberikan layanan yang 'terlalu jelek' seperti itu, saya kira case ini tetap bisa dijadikan 'cambuk' paling tidak untuk tetap mempertahankan kualitas layanannnya.

Untuk diketahui 'sub forum' ini biasanya digunakan untuk membantu klien yg punya masalah dengan hoster tertentu (hosternya ngilang dll), dan biasanya kita para hoster akan mencoba membantu mencarikan solusinya.

Nah kalau ini gimana kita bisa membantunya yach ?
 

nicosoftmedia

(RIP) Community Guide
Saya kira ini thread sangat menarik ... karena baru disubmit kemarin (2 x post) oleh TS sudah ada 31 reply dari para hoster penghuni DWH ..... yang tampaknya pada gerah membaca pernyataan 'sepihak' TS tentang buruknya layanan hoster lokal.

Secara positif, komplain atau keluhan seperti apapun dari klien harus kita tanggapi secara bijak, karena bagaimanapun No One is Perfect .... bahkan hoster luarpun tidak ada yg sempurna. Jadi kita hargai keluhan TS yang menginginkan para hoster lokal menjadi lebih baik dan lebih baik lagi ..... Tetapi kalau TS juga mau bertanggungjawab dengan tulisannya maka sebaiknya perlu disampaikan saja hoster lokal yang mana yang dianggap tidak bertanggungjawab, sehingga kita bisa cross-check dan bantu mengangkat permasalahannya secara balance. Yang pada akhirnya akan banyak pelajaran yg mungkin bisa kita serap untuk perbaikan layanan hosting Indonesia kedepannya.

Dan kalau kita melihat statistiknya dimana hoster lokal tetap bertumbuh dan banyak yang bisa bertahan selama bertahun-tahun saya kira itu saja sudah bisa membuktikan bahwa secara umum masih banyak klien Indonesia yang masih percaya pada kredibilitas hoster lokal. Tetap semangat boz ....

Saya sendiri menulis posting diawal thread hanya memberikan pengertian saja kepada TS. Mau diboikot??? silahkan :). Rejeki sudah ada yang mengatur, jadi ya tetap berusaha, semangat dan tenang2 saja :D.
 

PusatHosting

Hosting Guru
Dan kabar baiknya adalah ini...

Notes : saya sudah dapat (akhirnya..) hosting lokal yg cukup reliable yg bisa memberikan guarantee (MBG) dan juga bentuk jaminan kepedulian akan kepuasan pelanggan ke depannya (dari review bbrp masalah yg telah diselesaikan dgn baik dan benar).

dan dari komentar ini

Namun tetap saya berani katakan, masih banyak hoster (bahkan lebih banyak dari hoster terpercaya) yg memberikan pelayanannya asal-asalan dan semau gw. hanya bertujuan untuk mendapatkan profit tanpa mengindahkan kualitas dan kenyamanan pelanggan.

Bisa jadi, karena dari beberapa term kata kunci saja saya bisa menemukan 100 lebih data hoster aktif dan sebagian kecil saja yang aktif dan hadir memberikan komentar di forum ini. "hanya sebagian kecil"

untuk anda ketahui : 2 hosting tsb (dan bbrp hosting lagi yg sempat saya contact untuk menanyakan perihal jaminan kepuasan pelanggan yg bisa diberikan) saya dapatkan dari hoster yg terdaftar disini juga (sekali lagi "cukup tahu az", saya gak akan membeberkan ke publik.

Daftar yang ada di Listing direktori sudah di filter mengikuti peraturan yang ada disini http://www.diskusiwebhosting.com/direktori/daftar-jasa-web-hosting-indonesia.php
dan di verifikasi oleh CG

Sempat diawal aturan2 tersebut sedemikian ketat,
Saya ingat betul ketika awal saya akan mendaftar pada item point 2. Bisnis & Situs Web aktif minimal 2 tahun bisnis untuk bisa terdaftar di direktori dan saya menunggu hampir 1 tahun baru bisa terdaftar ke direktori itupun masih ada proses lanjutan.

Seandainya peraturan yang sekarang melunak, memang ada harapan dari hoster yang aktif di forum ini untuk memberikan kesempatan ke hoster baru sehingga limit waktu bisnis di perpendek menjadi 6 bulan saja itupun dari hasil diskusi yang panjaang sekali.

Dari sini bisa dilihat bahwa daftar direktori adalah tidak asal pasang melainkan sudah melalui proses yang disetujui bersama-sama.

Harapan saya menyampaikan ini yaitu agar TS bisa langsung mengajukan komplain dengan membuka tred baru dan menyebut nama provider yang dimaksud.
Selanjutnya jika terbukti misalnya hoster tersebut telah melanggar Kebijakan/TOS tentang support atau jaminan apapun yang sudah dibuatnya maka bisa jadi kita bersama akan mereview ulang daftar rekomendasi tersebut. Sepertinya begitu akan lebih baik.
 

hostingceria

Active Member
Awalnya sedikit acuh saya baca thread ini, tapi setelah dibaca dengan detil kesan yang muncul tetap negatif.

mau saya baca bagaimanapun juga dibolak balik dari atas kebawah, tetap kesan yang muncul adalah "semua" hosting lokal tidak bonafit hanya karena ulah segelintir webhoster yang anda temui tidak memberikan pelayanan optimal, buat saya, sangat disayangkan posting ini dibuat langsung pada arah keluhan ketimbang diskusi terbuka (diluar forum keluhan).

Mengenai masalah dengan 2 webhoster yang TS alami, menurut saya pribadi itu karena faktor belum ketemu yang "pas" saja.

Prihatin "ajakan" boikot hosting lokal malah muncul ditengah banyaknya pelaku industri bidang ini yang justru mengkampanyekan untuk lebih banyak menggunakan Provider Lokal, apa kita kurang "Indonesia" sehingga yang namanya produk "lokal" harus diblokir? Malah saya selalu bangga kalau ada provider lokal yang bisa mencapai prestasi yang diakui di seluruh dunia dan semakin terpacu untuk bersaing (dengan sehat).
 

BOCindonesia

Expert 1.0
Verified Provider
*mengelus dada*

Baru tahu thread ini, semoga tidak telat ya. Maaf saya tdk mengomentari tanggapan teman-teman, namun langsung saja saya menanggapi keluhan mbak TS:
- Sebelum omong disini, browsing dulu para hoster di direktori web hosting milik DWH ini. Pelajari satu-persatu. Kawatirnya, si TS hanya gunakan 1 perusahaan hosting lokal, namun berikan kesimpulan secara general. Padahal ada lho yg dalam waktu 30 hari, gak pake nanya, gak pake komplen, pokoknya gak suka, duit Anda balik 100%!!
- Hoster diluar tuh pebisnis, kami pun para hoster lokal juga pebisnis. Sapa sih pebisnis yang mau turun kwalitas layanan dan produknya ?
- Anda itu penganut profesionalisme kan ? Terbukti dengan asas pembanding antara Indonesia dan Luar Negeri. Sebaiknya proporsional (profesional) juga dalam memberikan penilaian.
- Saya yakin, hoster Indonesia tidak kalah dengan hoster luar negeri ---> Tunjuk diri sendiri!
Maaf jika ada salah kata. Jika ada mohon dimaafkan. Jika tidak bermanfaat, mohon diabaikan kalimat saya diatas :)
 

indoc0der

Apprentice 1.0
saya pribadi lebih menilai dari sudut yang berbeda.

ada baiknya kita jadikan introspeksi buat para hoster lokal (dan juga web developer seperti saya) :D
yah, kalo kita ndak termasuk seperti yang disebutkan TS ya sudah ndak usah panas. jadikan keluhan TS sebagai sesuatu yang kita hindari dalam service kita. kalopun ternyata ada dikit-dikit, ya coba diperbaiki.

paling tidak, positifnya kita bisa dapat pelajaran baru. keluhan TS bisa jadi merupakan cerminan dan sudut pandang beberapa klien di negara kita dalam melakukan penilaian kriteria hoster yag kredible. jadikan ini sebagai momentum untuk memberikan yang lebih baik. mari lakukan perbaikan, jangan sampai klien lokal justru lebih suka hoster luar. :)
 

BennyKusman

Hosting Guru
Verified Provider
i like this yo!

seperti kata mas indoc0der, kalau ga termasuk, ya ga usa panas..
ditanggapin dengan tangan dingin aja..


saya pribadi lebih menilai dari sudut yang berbeda.

ada baiknya kita jadikan introspeksi buat para hoster lokal (dan juga web developer seperti saya) :D
yah, kalo kita ndak termasuk seperti yang disebutkan TS ya sudah ndak usah panas. jadikan keluhan TS sebagai sesuatu yang kita hindari dalam service kita. kalopun ternyata ada dikit-dikit, ya coba diperbaiki.

paling tidak, positifnya kita bisa dapat pelajaran baru. keluhan TS bisa jadi merupakan cerminan dan sudut pandang beberapa klien di negara kita dalam melakukan penilaian kriteria hoster yag kredible. jadikan ini sebagai momentum untuk memberikan yang lebih baik. mari lakukan perbaikan, jangan sampai klien lokal justru lebih suka hoster luar. :)
 
Status
Not open for further replies.

Top