[INFO] Pastikan Intel EIST dalam posisi OFF pada server Anda


Status
Not open for further replies.

pacare_drac

Beginner 1.0
Hi,

Ingin memberikan informasi saja kepada teman-teman mengenai penggunaan processor bertipe / berjenis Intel. :) Cerita awalnya seperti ini, kami menyewa 1 Dedicated Server di salah satu perusahaan penyedia hosting. Nah, kemarin saat kami iseng melakukan checking, clock processor yang kami dapat jauh di bawah spesifikasi yang ditentukan.

Spesifikasi clock processor yang kami sewa adalah C2Q 6600 @ 2.4GHz, namun saat melakukan checking dengan cara # cat /proc/cpuinfo, kami hanya mendapatkan 1.6Ghz saja.

Memang benar adanya, karena katanya Intel hemat energi. Jadi saat cpu idle dia akan turun ke 1.6GHz, tapi saat request tinggi cpu clock juga akan naik.

Namun, di sini timbul suatu masalah :) Saat ada proses query dari client, maka barulah cpu mengirimkan pesan ke kernel untuk menaikkan clock processor. Nampaknya, hal tersebut menggangu kinerja asli dari performance cpu nya.

Jadi yang seharusnya load sekian % bisa ditangani dengan mudah, mengalami kesulitan. Dan load kecil yang seharusnya tidak berdampak buruk pada proc sekelas Q66 sangat menggangu sekali. (clock proc yg tidak normal a.k.a naik/turun)

Untuk mengatasi hal tersebut, dan supaya membuat load proc menjadi lebih baik. Dihimbau agar mematikan fitur EIST saat boot. Fungsi EIST ini bisa dilihat langsung di situs Intel, dan tidak akan dijabarkan di sini. Fungsi EIST bisa di rubah melalui BIOS Settings.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi member DWH yang menggunakan Intel Series :) Silakan bertanya kalau ada hal yang ingin di diskusikan.

* Dalam Intel Xeon kemungkinan fitur ini sudah disable pada default. CMIIW. :)
 

hostingceria

Expert 1.0

rendy

Hosting Guru
Verified Provider
maaf ngeup thread lama, kebetulan sedang ada masalah dengan ini dan ketemu cara lain untuk matiin cpu throttling tanpa lewat bios:

Untuk stop cpu throttling = /sbin/service cpuspeed stop
Untuk start cpu throttling = /sbin/service cpuspeed start

sumbernya dari sini = http://blog.taragana.com/index.php/archive/how-to-disable-on-demand-cpu-scaling-on-linux/
buat saya pribadi, cpu throttling amat berguna,
jadi mencegah si server ngehang akibat overload cpu usage
 
Status
Not open for further replies.

    
Top