IP server terblacklist / detek sebagai spam


Status
Not open for further replies.

alvingiovanno

Apprentice 2.0
Halo,

apa solusi yang bisa kita lakukan jika ip utama server terblacklist / detected sebagai spam ?
saya sudah berkali-kali melakukan delist IP, investigasi server (suspend yang spamming)

namun masih tetap masuk blacklist. dan jika ada client yang komplain, kita harus jawab gimana ya yang tepat? karena dari sisi kita sebagai penyewa server / colo / ip hanya bisa meminta delist IP dan investigasi, mau di blacklist permanent / temporary kan bersifat bukan hak kita.

pernah di saranin ganti IP server, tapi yang minta hanya 1-2 orang, padahal bapak bapak tau sendiri gimana "repotnya" ganti IP utama server dan mengorbankan akun cPanel yang lebih dari 500 ini.

jadi disini saya minta pencerahan harus melakukan apa.
 

junior riau

Hosting Guru
Verified Provider
di protes client ya mas?
saya juga mas :46:
tapi walau sudah pakai DKIM dan SPF tetap masuk spam juga :46:
server saya yang 1 lagi juga sudah mulai kena sekali-sekali masuk spam,
udah capek hapus black list nya, tapi kadang masih masuk juga

ikut nimbrung cari solusi bareng-bareng
 

FluidaWeb

Hosting Guru
mungkin kedepannya lebih diketatin masalah pengiriman email,,misal perjamnya dibuat dikit,,baru jika client memadai unyuk lbh tinggi baru di naikkan..
 

junior riau

Hosting Guru
Verified Provider
di tweak setting -> mail
saya set nya begini
The percentage of email messages (above the account’s hourly maximum) to queue and retry for delivery. (Minimum: 100; Maximum: 10,000)[?] = 100(saya set 100)
itu berapa email ya perjam nya dibolehin kirim email? 100 email perjam atau gimana, rada bingung sedikit sih soalnya
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
kalau terblaclist itu kan email tidak akan pernah sampai, tapi kalau detect sebagai spam itu ada beberapa kemungkinan, mungkin juga karena isi emailnya memang spam,
yang lebih repot kalau sudah diblaclist sama google, itu minta whitelistnya lama banget...
 

alvingiovanno

Apprentice 2.0
lebih seringnya masuk spamhaus dan barracuda networks.
ada cara jitu, matiin php mailer, tapi nanti yang ngga ngerti smtp complain, di nyalain php mailer, spam dari situ semua kebanyakan.
 

handris

Apprentice 1.0
kalau terkena blacklist spam, berarti memang ip tersebut melakukan spaming bro alvin.
kalau pake cloud linux, bisa hanya satu akun saja yang function mailnya dimatikan.

Saya juga pernah mengalami kena blaclist IP. imbasnya bukan hanya di email yang terkirim akan masuk folder spam, tp datacenter di US kadang tegas dan akan melakukan suspen bagi server yang suspect spam.

Solusi dari saya :
Tech support / bro alvin harus rutin melakukan controling server eg. sehari 3x seperti makan :D
Nah dengan kontrol yang rutin akan tau deh akun mana yang melakukan spam.

Langsung diperingatkan, dan jika tetap melakuakan spam atau spamnya terlalu parah langsung di suspen.
 

ceo.ahlul

Expert 1.0
Halo,

apa solusi yang bisa kita lakukan jika ip utama server terblacklist / detected sebagai spam ?
saya sudah berkali-kali melakukan delist IP, investigasi server (suspend yang spamming)

namun masih tetap masuk blacklist. dan jika ada client yang komplain, kita harus jawab gimana ya yang tepat? karena dari sisi kita sebagai penyewa server / colo / ip hanya bisa meminta delist IP dan investigasi, mau di blacklist permanent / temporary kan bersifat bukan hak kita.

pernah di saranin ganti IP server, tapi yang minta hanya 1-2 orang, padahal bapak bapak tau sendiri gimana "repotnya" ganti IP utama server dan mengorbankan akun cPanel yang lebih dari 500 ini.

jadi disini saya minta pencerahan harus melakukan apa.

Sebenarnya untuk share hosting memang itu resikonya. Namun untuk menghindari resiko berulang memang harus di cek mana akun yang ngirim spam, sebelum dapat bisa jadi tidak akan berhenti spamnya. Salah satunya dengan mengecek email statistic nya. Dan juga kalau ada relay baik local atau remote biasanya LFD ngasih kabar kalau LFD nya aktif.

Sementara untuk klien biasanya kita di sini agar kliennya tidak terganggu jika ada kejadian ip kena blacklist kita anjurkan mereka pakai dedicated IP sehingga email atas akun tersebut bisa memakai IP dedicated tadi sehingga kalau ip utama/shared kena yang ke dedicated IP tidak akan terkena dampaknya.
 

junior riau

Hosting Guru
Verified Provider
kalau terkena blacklist spam, berarti memang ip tersebut melakukan spaming bro alvin.
kalau pake cloud linux, bisa hanya satu akun saja yang function mailnya dimatikan.

Saya juga pernah mengalami kena blaclist IP. imbasnya bukan hanya di email yang terkirim akan masuk folder spam, tp datacenter di US kadang tegas dan akan melakukan suspen bagi server yang suspect spam.

Solusi dari saya :
Tech support / bro alvin harus rutin melakukan controling server eg. sehari 3x seperti makan :D
Nah dengan kontrol yang rutin akan tau deh akun mana yang melakukan spam.

Langsung diperingatkan, dan jika tetap melakuakan spam atau spamnya terlalu parah langsung di suspen.
tips donk mas cara ngontrol/ngetahui akun yang menjadi spammer
 
Status
Not open for further replies.

Top