Manfaat Menggunakan Aplikasi Stok untuk Bisnis Online Kamu


achbarfarizqy

Beginner 2.0
2-2.jpg

Saat ini kamu masih mengelola stok dan inventaris secara manual serta memakan banyak waktu dan tenaga?

Pada zaman yang sudah mendukung kemajuan teknologi, sekarang ini sudah ada aplikasi stok barang. Di mana kamu bisa dapat mengatur stok marketplace maupun website dengan mudah melalui aplikasi stok barang. Tidak diragukan lagi, dengan mengadopsi teknologi untuk bisnis kamu, kamu tetap dapat bersaing dengan kompetitor dan juga untuk selalu siap dengan tuntutan pelanggan.

Dengan munculnya berbagai aplikasi pembayaran dan pengaturan operasional toko yang dapat membuat kegiatan berbisnis, membuat bisnis kamu dapat lebih efektif dan praktis.

Menggunakan teknologi membuat semuanya berjalan menjadi lebih sederhana, kamu dapat menikmati hal-hal lain dalam hidup dengan menjalankan bisnis kamu secara lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih efisien. Saat ini, kamu pun juga sudah mulai bisa mengatur stok atau inventory menggunakan teknologi.

Bayangkan saja. Dibandingkan harus memasukkan banyak data dan angka ke berbagai spreadsheet dan harus melakukan sinkronisasi data secara berkala. Kamu dapat mempersingkat waktu tersebut untuk melakukan hal lainnya dan biarkan sistem yang melakukan perhitungan dan sinkronisasi data.

Maka dari itu, mulailah pertimbangkan untuk menggunakan software atau aplikasi stok barang agar kamu dapat lebih mengatur segalanya dengan lebih mudah dan juga akurat.

Manfaat dan keunggulan dari aplikasi stok barang tersebut tidak hanya terbatas pada kemudahan dan akurasinya. Berikut berbagai manfaat aplikasi stok barang secara lengkap:

1. Meningkatkan Efisiensi & Produktivitas Bisnis

Stok atau produk merupakan aset berharga bagi bisnis kamu, dan dengan menjaga stok barang kamu, berarti kamu bisa menjaga uang yang ada pada nilai inventory. Kamu tidak dapat menyia-nyiakan nilai uang tersebut. Kamu tentunya menginginkan efisiensi dalam pengelolaan tingkat stok agar bisnis kamu bisa menjadi arus kas yang positif.

Selain itu, analisis dan laporan yang sederhana dapat membantu kamu melihat produk mana yang dapat kamu jual dengan cepat dan melalui saluran penjualan yang mana. Hal ini tentunya sangat membantu kamu untuk membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas untuk kedepannya atau mungkin kamu bisa memprediksikan tren bagi bisnis untuk tahap selanjutnya.

Karena itu, dengan menyederhanakan tugas-tugas manual sehari-hari yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, aplikasi stok barang sangat menghemat waktu kamu dalam menjalankan bisnis, sehingga memungkinkan kamu meningkatkan produktivitas dan efisiensi sambil berfokus memaksimalkan pertumbuhan bisnis.

Kamu juga akan memiliki kemampuan untuk mengelola stok, memproses dan mengirim pesanan, mencetak label pengiriman dan membuat serta memperbarui daftar, semua dari platform yang sama.

2. Minimalkan Biaya, Maksimalkan Penjualan serta Meningkatkan Profitabilitas

Kontrol terhadap inventaris juga penting jika kamu ingin meminimalkan biaya penyimpanan stok. Dengan kemampuan untuk mengotomatisasi operasi bisnis, kamu akan dapat lebih efisien dan secara akurat memenuhi tugas-tugas seperti mengelola tingkat stok, memperbarui daftar stok di semua saluran penjualan dan memproses pesanan. Yang pada akhirnya akan mengurangi biaya kamu secara keseluruhan dan memaksimalkan tingkat profitabilitas bisnis kamu.

3. Semua Kerjaan Manual Menjadi Otomatis

Tidak ada yang ingin duduk-duduk memasukkan data secara manual atau melakukan perhitungan secara manual yang rumit dan sangat memakan waktu setiap ada pesanan pembelian yang masuk. Kamu dapat menyerahkannya ke perangkat lunak untuk mengotomatiskan tugas umum ini.

4. Hindari Kesalahan Overselling

Dengan aplikasi stok barang, level stok kamu akan terus disesuaikan setiap kali kamu melakukan penjualan dan akan secara otomatis melakukan sinkronisasi catatan tersebut pada semua jalur penjualan kamu, yang akan mengurangi adanya kemungkinan overselling.

5. Terhindar dari Kehabisan Stok dan Kelebihan Stok

Memiliki stok yang terlalu sedikit dapat menyebabkan kehabisan persediaan dan pelanggan menjadi tidak bahagia, serta potensi bisnis toko online kamu mendapatkan rating yang buruk.

Sebaliknya, memiliki kelebihan stok juga dapat mengambil ruang gudang yang berharga dan menimbulkan biaya yang tidak perlu. Baik kekurangan atau kelebihan stok, semuanya akan berdampak tidak baik bagi pendapatan serta biaya yang harus dikeluarkan.

Untungnya, dengan sistem manajemen stok, kamu dapat melacak tingkat persediaan yang rendah serta mengatur pemesanan ulang secara otomatis untuk setiap produk, yang secara tidak langsung, akan menghindari terjadinya kehabisan stok.

6. Solusi All-in-One

Seperti telah dibahas pada poin-poin sebelumnya, aplikasi stok barang mencakup manajemen pengiriman, manajemen pencatatan dan manajemen pemesanan, yang secara khusus akan menyederhanakan seluruh proses penjualan, dari daftar produk dan proses pemenuhan pesanan, sampai mencetak faktur dan menandai semua pesanan yang dikirimkan.

7. Buat Pelanggan Bahagia

Selain meringankan semua beban operasional dan memudahkan bisnis kamu, sistem ini dapat juga membuat pelanggan lebih puas dan senang.

Dengan mengurangi waktu kamu untuk memproses pemesanan dan pengiriman, tentunya pelanggan kamu akan menjadi lebih puas,karena pesanan mereka bisa dengan cepat sampai di tangan mereka.

Tentunya semua itu bisa kamu dapatkan pada layanan Genie, yang membantu dan memudahkan bisnis online kamu. Genie bisa membantu kamu berjualan di berbagai platform hanya dengan satu sistem. Dengan begitu, mengelola stok dan inventaris kamu akan lebih mudah dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.
 

kingsmpls

Beginner 1.0
Berkat para tangan kreatif urusan apapun serba mudah, saya langsung coba Tuan aplikasi Stock nya. Thanks yah :41:
 

Top