[Miris] Meninggal karena kerja 18 jam sehari, 120 Jam seminggu



Status
Not open for further replies.

dwkblog

Beginner 1.0
Seorang Auditor di PwC meninggal karena Kerja Lembur

Auditor pemula (Entry Level/Junior) di kantor PricewaterhouseCoopers (PwC), Shanghai, meninggal karena meningitis serebral (sakit kepala) akut, debat publik dan memicu perhatian media. Sebagian besar masyarakat percaya bahwa kelelahan yang menyebabkan kematian wanita muda tersebut.

Pan Jie, 25, meninggal pada hari Minggu karena meningitis (sakit kepala) otak akut, yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Gejala termasuk sakit kepala dan demam.

"Berdasarkan pada gejala dan rendahnya jumlah sel darah putih yang dimilikinya, wajar untuk menyimpulkan bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan bekerja terlalu berat yang mengakibatkan sistem kekebalan tubuh yang menurun, yang membuatnya lebih rentan terhadap infeksi," kata Dr Wang Guisong, seorang ahli di departemen bedah saraf di Rumah Sakit Renji.

Pernyataan itu dibantah oleh seorang pejabat Shanghai PwC dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV di Shanghai, tapi teman-Pan masih percaya bahwa kelelahan akibat bekerja terlalu keras menjadi penyebab kematian.

Teman Pan's, Yu, kata Pan telah mengatakan kepadanya sebelum ia meninggal bahwa ia telah bekerja sampai 18 jam sehari dan sekitar 120 jam seminggu. Salah satu teman Pan, yang merupakan seorang auditor tingkat senior di PwC, mengatakan kepada Shanghai Daily bahwa bekerja selama 100 jam dalam seminggu merupakan hal biasa dalam bulan peak season (puncak) audit.

Pan tampaknya menyadari bahwa ada sesuatu yang salah sebelum tragedi itu terjadi. Pada tanggal 31 Maret Pan menulis dalam micro blog miliknya:
"Setiap kali ada kesempatan untuk beristirahat, demam menghampiri tubuhku, aku bingung apakah aku harus mengacuhkannya atau justru sebaliknya."

Salah satu komentar yang paling mencolok di posting microblog tentang kematian auditor dari KPMG, perusahaan audit global, tahun ini.

"Saya bisa menerima lembur, Saya juga dapat menerima perjalanan bisnis ke luar kota, tetapi mengetahui bahwa ada seorang pekerja meninggal pada saat menimba pengalaman di KPMG, hal tersebut mematahkan ketahanan tubuh saya" tulisnya.


copas dari sini
 

alfa

Beginner 2.0
saya sehari tidur paling 4 - 6 jam, selain itu aktifitas saya cuman nongkrongin PC :). Alhamdulillah masih diberi kesehatan
 

Rikimaru90

Poster 2.0
Sekeras apapun kerja sama tekadnya, tetap kita ini manusia biasa...
 

twistedshells

Apprentice 1.0
Sebaiknya memang tubuh perlu istirahat, olah raga yang cukup, makan yang cukup semuanya serba cukup. Saya ingat perkataan "bill gates" di film nya (lupa judulnya): "saya tidak suka olah raga karena memacu jantung saya bekerja lebih keras padahal saya percaya jantung memiliki masa denyut (kerja) yang sudah ditentukan, dan kalau saya paksa kerja lebih keras justeru mempercepat limit denyutnya"
 
Status
Not open for further replies.

Top