NS sama untuk semua lokasi server



Status
Not open for further replies.

hostingceria

Expert 1.0
Benar, tapi perlu diingat cPanel DNS Only harus diinstal dimana letak antara servernya tidak berjauhan. Misalnya masih didalam USA/IIX. Ini sesuai dengan aturan main menurut cPanel.
iya tuh, kalo DNS servernya di USA sering banget time out ke jaringan IIX :(
 

Lorie

Beginner 1.0
informasi yang berguna. terimakasih semua
 

susan

Apprentice 2.0
Benar, tapi perlu diingat cPanel DNS Only harus diinstal dimana letak antara servernya tidak berjauhan. Misalnya masih didalam USA/IIX. Ini sesuai dengan aturan main menurut cPanel.
Justru DNS clustering disarankan letak servernya berjauhan secara geografis. Yang penting akses antar server tidak lelet.

susan.
 

nicosoftmedia

(RIP) Community Guide
Ternyata masih ada kata "tidak lelet" nya :). Hal ini pernah saya tes di server USA, dimana server DNS clusternya berada di Seattle, WA menghubungkan server di Chicago, USA dan server di IIX. Koneksi server USA tidak ada masalah sedangkan koneksi ke IIX sering time out.
 

Topanz

Beginner 2.0
Ternyata masih ada kata "tidak lelet" nya :). Hal ini pernah saya tes di server USA, dimana server DNS clusternya berada di Seattle, WA menghubungkan server di Chicago, USA dan server di IIX. Koneksi...
saya cek ip NSnya ada yg begini..NS1 sama dgn ip NS3, Sedangkan NS2 sama dgn NS4, semua customer baik itu di server lokal atau US sama2 mengarahkan/menggunakan ke NS1 sampai 4..nah loh..tambah bingung
 

PusatHosting

Hosting Guru
kok aq setuju dengan ibu Susan ya,
clustering dns harusnya 2 server berjauan secara geografis sehingga propagasi akan lebih cepat jika salah satu servernya dekat dengan lokasi kita.

disini yang jadi permasalahan adalah replikasinya,
ketika kita membuat account server utama US maka bagaimana koneksinya dengan server IIX? jka kebetulan lancar ya DNS bisa direplikasi server IIX dengan sempurna tapi jika ternyata konektifitas terhambat tetep saja menunggu propagasi dari server utama US
 

sukoharjo

Beginner 2.0
browsing2 baca-baca tentang webhosting..pas nyantol baca2 di situs salah satu webhosting indonesia, provider tersebut kok saya lihat2 ternyata menggunakan satu paket name server di semua lokasi servernya..misal, ns1, ns2, ns3, ns4...jadi klien yang membeli share hosting di tempat tersebut harus mengarahkan domainnya ke empat nameserver tersebut..nah, yang bikin saya bingung itu perusahaan kan punya dua lokasi server, katakanlah indonesia dan USA..jika semua ns nya di arahkan ke ns1 sampai 4 tadi, gimana cara kerjanya tuh? mengingat lokasi server saja sudah beda...saya taunya kan biasanya perusahaan hosting memisahkan ns untuk tiap2 lokasi server yang berbeda, misal ns1-ns2 buat server di indo, ns3-ns4 buat yang letaknya di usa, karena sepaham saya kan tiap2 nameserver juga mewakili sebuah angka ip yang unix pada lokasi tertentu..mohon penjelasannya mas2 mbak2..takutnya nanti ngga bisa tidur gara2 ngga ngerti :confused:
sepertinya engga "harus" pakai NS-nya pihak web hosting. saya sendiri tidak pakai NS-nya web hosting (shared web hosting). alasannya karena, kadang2 saya mau ubah2 DNS recordsnya macem2. misal subdomain mau diarahkan ke web host lain, atau ke blogspot/posterous/tumblr. kalau pihak web hosting ga menyediakan DNS editor (biasanya yg pakai cPanel, tp cPanel yg terbaru sepertinya ada DNS editornya), saya agak ga enak kalau tiap mau mengubah, harus menghubungi support hanya untuk ubah dns entries. orang jawa bilang "pekewuh" karena terlalu merepotkan.

tp hal ini jg agak mengkhawatirkan kalau tiba2 pihak web hosting mengubah IP address yg udah di-assign ke account kita. pernah kejadian ketika di dreamhost. saya ga pakai dns-nya dreamhost, saya pakai dns hosting lain dan set A recordnya ke IP yg udah diassign. suatu hari dreamhost mengubahnya, jd website saya salah IP addressnya. dan perlu ganti sesuai IP yg baru.

well, ini kembali lagi ke masalah selera dan kebutuhan.

saya cek ip NSnya ada yg begini..NS1 sama dgn ip NS3, Sedangkan NS2 sama dgn NS4, semua customer baik itu di server lokal atau US sama2 mengarahkan/menggunakan ke NS1 sampai 4..nah loh..tambah bingung

kalo gt ya berarti cuma 2 NS. soalnya ada ns yg IP-nya sama. brarti servernya jg sama. kalo NS1 down, karena NS3 mengarah ke IP yg sama ke NS1, brarti NS3 juga ikut down.

mungkin, maksudnya pakai 4 NS meskipun dg 2 servers, biar someday kalau mau implement 4 NS dengan 4 server yg berbeda, tinggal set up 2 server yg sebelumnya mengarah ke server yg baru. jd ga perlu ngasih tau customer lama buat nambah 2 NS baru. gt. bisa juga karena NS 3 dan NS4 abis kena DDOS, jadi sementara diarahkan ke NS yg sehat dulu...bisa juga karena emang biar pengen terlihat punya 4 redundant DNS server, meskipun sebenarnya hanya 2. tp ini "mungkin" lho ya...hanya dugaan saya saya. toh 2 nameserver sebenernya acceptable kok. asal 2 NS tersebut ya berada pd physical server yg berbeda. apalagi kalo bs pd server yg geographically berbeda. misal di UK-US-ID-SG, dsb.

silakan koreksi jika ternyata ada yg kurang tepat :)
 
Status
Not open for further replies.

Top