Pentingnya Backup Data Bagi Perusahaan, 3 Hal Ini Jangan Sampai Terjadi


Cloud Kilat

Beginner 2.0
Verified Provider
Data merupakan catatan hasil dari pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. Data adalah bentuk jamak dari datum. Diihat dari sudut pandang bisnis, data merupakan hal yang penting karena menyimpan informasi dari sesuatu hal atau data transaksi.

Bagi perusahaan, data merupakan hal penting yang seharusnya aman disimpan, dikelola, tanpa perlu mencemaskan kerusakan atau bahkan hilangnya data. Di tahun 2019 menurut sumber survey tahunan global Acronis terdapat 65% pengguna perangkat mobile atau PC melaporkan kasus kehilangan data dikarenakan diri sendiri atau anggota keluarga, serta 23% pebisnis mengalami hal yang sama hingga berakibat kepada downtime.

Backup data bagi perusahaan harus lebih diperhatikan dan menjadi hal yang serius jika ditinjau dari kebiasaan pengguna melakukan backup. Kesadaran tentang ancaman siber dan pengalaman soal kehilangan data harus ditingkatkan lagi. Solusi backup diperlukan untuk menghilangkan risiko terjadinya kehilangan data. Berikut adalah 3 hal yang dapat terjadi jika data perusahaan tidak menjadi perhatian.

Data Bisa Hilang Sewaktu-waktu
Data perusahaan bisa hilang kapan saja tanpa pernah bisa diprediksi sebelumnya. Data yang ada pada workstation, hard disk drive PC, dan penyimpanan lainnya bisa saja hilang saat terjadi gangguan atau terserang virus. Apalagi dengan perangkat mobile seperti laptop atau smartphone bisa saja hilang atau dicuri dan data penting Anda ada di sana semua. Backup data satu-satunya cara untuk mendapatkan data Anda kembali.

Rentan dari Ancaman Serangan Siber
Teknologi sekarang ini semakin maju dan berkembang. Ancaman siber juga bermacam modelnya. Backup data menjadi solusi dari ancaman serangan siber seperti virus, malware, hackers yang menyerang website Anda. Backup data secara berkala ke tempat yang aman sehingga keamanan data terjamin.

Terlepas dari Risiko Bencana
Selain dari ancaman serangan siber, solusi backup data juga bisa terhindar dari bencana alam yang sewaktu-waktu mengancam. Data penting pada PC, komputer server bisa diselamatkan dan nantinya dipulihkan saat ingin digunakan kembali. Bencana yang tidak diinginkan seperti kebakaran, kebanjiran, dan lainnya tidak bisa diperkirakan mengancam data penting Anda yang tentunya bisa didapatkan kembali jika menggunakan layanan backup.
 

ujangmaulana

Poster 2.0
Terimakasih pak @Cloud Kilat atas artikelnya. Sangat bermanfaat apalagi tentang backup ini sangat penting sekali. Backup bukan sekedar dalam dunia hosting saja tetapi seluruh yang berkaitan dengan dokumen
 

Ashen

Beginner 2.0
Nice impoh Tuan. :113:
Menurut saya PBN juga butuh dibackup sih, kalo sewaktu-waktu websitenya down atau gimana.
 

    
Top