Pertanyaan Yang Perlu Ditanyakan Ke Penyedia Colocation


Status
Not open for further replies.

fakewire

New Member
Berhubung saya baru di colocation, saya ingin menanyakan ke para pakar sekalian. Saya ingin menyewa colocation untuk perusahaan (bukan untuk hosting).

Hal apa sajakah yang harus saya tanyakan/pastikan ke pihak penyedia colocation? (misal SLA, bandwidth internet/local, dsb)

Terima kasih
 

hostingceria

Expert 1.0
1. Tarif = apakah ada PPN atau dalam masa promo sehingga harga bisa berubah2?

2. Jaringan = berapa bandwidth jaringan lokal dan internasionalnya? Terutama yang internasionalnya, berapa rasio perbandingannya? Apakah mereka meawarkan burst bandwidth internasional kalau kita butuh darurat? Dalam kondisi normal, apakah ada limiternya sehingga bw yang disediakan hanya bisa dibuka full pada jam tertentu? (yang ini ada datacenter begini)

3. Kerusakan = Bagaimana metode mereka menghandle server jika terjadi kerusakan? Apakah mau membantu misalkan kalau ada spare part digantikan sementara?

4. Cakupan support = Bagaimana kinerja supportnya? Seberapa besar cakupan support yang dilayani? Apakah ada jasa berbayar khusus kalau ada masalah yang tidak bisa kita tangani? Apakah ada jasa managed service?

5. Yang terakhir dan paling penting tentunya, jangan lupa cek review atau testimonial di google untuk mengetahui lebih lanjut masukan dari pihak ketiga

Hope it helps :)
 

erwinfa

Apprentice 2.0
Sebagai tambahan mungkin fleksibilitas buat maintain servernya ke DC tersebut sewaktu2
 
Status
Not open for further replies.

Top