Prosedur ambil alih domain dari registrar?


rbchosting

Beginner 2.0
Selamat sore para suhu semua, saya minta izin bertanya,

Kalau provider tempat saya mendaftarkan domain tidak mau memberikan EPP code (dan saya juga tidak bisa mendapatkan kodenya sendiri dari panel klien maupun panel domain) apakah saya tetap bisa mengurus transfer domain? Saat cek whois ternyata domain tersebut terdaftar atas nama webnic.cc (bukan nama provider tempat saya mendaftarkan domain).

Pertanyaannya, apakah saya bisa kontak webnic nya langsung (mem-bypass provider)? Apabila bisa lalu prosedurnya bagaimana ya?

Terima kasih sebelumnya, semoga ada yang bisa memberikan pencerahan
 

SulisSoft

Hosting Guru
Verified Provider
Selamat sore para suhu semua, saya minta izin bertanya,

Kalau provider tempat saya mendaftarkan domain tidak mau memberikan EPP code (dan saya juga tidak bisa mendapatkan kodenya sendiri dari panel klien maupun panel domain) apakah saya tetap bisa mengurus transfer domain? Saat cek whois ternyata domain tersebut terdaftar atas nama webnic.cc (bukan nama provider tempat saya mendaftarkan domain).

Pertanyaannya, apakah saya bisa kontak webnic nya langsung (mem-bypass provider)? Apabila bisa lalu prosedurnya bagaimana ya?

Terima kasih sebelumnya, semoga ada yang bisa memberikan pencerahan

saran saya sih bisa bicarakan baik2, walau bagaimanapun untuk transfer tetap menggunakan EPP code
menghubungi webnic pun kecil kemungkinan dikabulkan.

semoga masalahnya terselesaikan
 

rbchosting

Beginner 2.0
saran saya sih bisa bicarakan baik2, walau bagaimanapun untuk transfer tetap menggunakan EPP code
menghubungi webnic pun kecil kemungkinan dikabulkan.

semoga masalahnya terselesaikan
Kalau sudah dibicarakan baik2 dan epp tetap tidak diberikan berarti solusinya mau nggak mau hanya terus perpanjang saja di mereka, atau biarkan domain mati sampai setelah redemption baru coba daftarin ulang di registrar baru?

Awalnya saya kira ini bisa masuk kategori abuse jadi saya pikir apa saya hubungi webnic saja
 

hostbadak

Expert 1.0
Biasanya kasus tidak diberikannya hak pelanggan (EPP Code ini termasuk hak registrant bukan registrar) karena ada satu atau lebih hal yang di luar kebiasan, entah itu berupa perselisihan antar personal, tidak terpenuhinya kewajiban finansial atau kewajiban lainnya dari salah satu pihak, atau ada hal lain yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Mohon maaf kalau kami terkesan sok tahu di sini. Maka, seperti yang sudah disampaikan om @SulisSoft , sebaiknya dibicarakan dan diselesaikan terlebih dahulu masalahnya. Jika bang @rbchosting mewakili atau bertindak atas nama pelanggan yang akan pindah dari provider lain ke RBCHosting, maka bisa ajak ngobrol bertiga agar masalahnya bisa selesai. Karena mungkin ada hal yang belum sempat diceritakan oleh client terkait masalahnya dengan provider sebelumnya.

WebNIC sebagai registrar biasanya akan membantu, tapi dengan cara yang hampir sama dengan yang kami ceritakan di atas. WebNIC akan membuat forum yang melibatkan semua pihak-pihak yang berselisih untuk bisa menyelesaikan masalahnya bersama.

Semoga bisa segera selesai permasalahannya.
 

rbchosting

Beginner 2.0
di biarkan sampai masa redemption itu juga resiko lho ... di sikat makelar international ketika lepas
Iya khawatirnya begini, pasti langsung disikat karena ini domain blog dengan traffic lumayan dan DA dua digit, makanya pasti was-was juga kalau didiemin sampai lewat redemp hahaha

Biasanya kasus tidak diberikannya hak pelanggan (EPP Code ini termasuk hak registrant bukan registrar) karena ada satu atau lebih hal yang di luar kebiasan, entah itu berupa perselisihan antar personal, tidak terpenuhinya kewajiban finansial atau kewajiban lainnya dari salah satu pihak, atau ada hal lain yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Mohon maaf kalau kami terkesan sok tahu di sini. Maka, seperti yang sudah disampaikan om @SulisSoft , sebaiknya dibicarakan dan diselesaikan terlebih dahulu masalahnya. Jika bang @rbchosting mewakili atau bertindak atas nama pelanggan yang akan pindah dari provider lain ke RBCHosting, maka bisa ajak ngobrol bertiga agar masalahnya bisa selesai. Karena mungkin ada hal yang belum sempat diceritakan oleh client terkait masalahnya dengan provider sebelumnya.

WebNIC sebagai registrar biasanya akan membantu, tapi dengan cara yang hampir sama dengan yang kami ceritakan di atas. WebNIC akan membuat forum yang melibatkan semua pihak-pihak yang berselisih untuk bisa menyelesaikan masalahnya bersama.

Semoga bisa segera selesai permasalahannya.
Kalau soal ada masalah/perselisihan sih tidak ada, ini domain sudah didaftarin dari 2015 dan sampai tahun lalu pun perpanjangan masih normal. Mengenai kenapa adanya keinginan untuk transfer ini juga bukan hal yang krusial, tapi preferensi ingin pindah ke provider yang lebih "meyakinkan" aja. Karena yang sekarang ini dipakai tidak ada area klien, perpanjang hanya lewat kontak WA, takutnya kenapa-kenapa kedepannya.
 

binsarsempak

Poster 2.0
Kalau soal ada masalah/perselisihan sih tidak ada, ini domain sudah didaftarin dari 2015 dan sampai tahun lalu pun perpanjangan masih normal. Mengenai kenapa adanya keinginan untuk transfer ini juga bukan hal yang krusial, tapi preferensi ingin pindah ke provider yang lebih "meyakinkan" aja. Karena yang sekarang ini dipakai tidak ada area klien, perpanjang hanya lewat kontak WA, takutnya kenapa-kenapa kedepannya.
wah susah kalau gini tuan
 

hostbadak

Expert 1.0
Kalau soal ada masalah/perselisihan sih tidak ada, ini domain sudah didaftarin dari 2015 dan sampai tahun lalu pun perpanjangan masih normal. Mengenai kenapa adanya keinginan untuk transfer ini juga bukan hal yang krusial, tapi preferensi ingin pindah ke provider yang lebih "meyakinkan" aja. Karena yang sekarang ini dipakai tidak ada area klien, perpanjang hanya lewat kontak WA, takutnya kenapa-kenapa kedepannya.

Oh, kalau seperti ini kondisinya, sepertinya harus lebih sabar lagi negosiasi dengan pemegang EPP Codenya saat ini. Kalau memang mentok, opsi kontak ke registrar bisa jadi pilihan. Cuma kalau sedari awal semua hal terkait domain sudah diurus oleh pengelola domain itu, mungkin agak sulit untuk membuktikan kalau domain itu hanya dititipkan pengelolaannya kepada yang bersangkutan. Kecuali ada bukti dokumen kontrak, surat kuasa atau sejenisnya. Kalau dulu hanya komunikasi lisan, pihak domain registrar juga sepertinya akan kesulitan untuk membantu.

Semoga bisa segera selesai permasalahannya.
 

Top