Prosedur berhenti langganan dedicated server (DS) yang aneh dan perpotensi merugikan.


arissety

Apprentice 1.0
Begini,

Saya berlangganan 2 DS di suatu provider.
Karena masa pandemi ini, customer saya tinggal 5% dari semula, karena saya bergerak di bidang tiketting pesawat.

Saya akhirnya berhenti berlangganan satu DS, menyisakan satu DS lagi.
DS yg saya berhenti langganan, itu jatuh tempo 21/05/2020.
Dan saya bikin tiket, tadi pagi, menginformasikan bahwa DS ini tidak sy perpanjang.
Sesuatu yg normal kan.

Tapi balasan tiket dari provider tsb, adalah saya harus memperpanjang DS tersebut, dan setelah itu baru bisa terminasi layanan bulan depan.
Sewa DS mahal, sampai 4 juta-an, karena itu sy stop dulu.
Masak saya harus bayar DS yang tidak akan saya pakai sama sekali.

Pengalaman saya, di provider lain, jika tidak bayar perpanjangan DS, artinya tidak berlangganan lagi, dan sudah beres urusannya.
 

jetdino

Expert 1.0
Verified Provider
Kalau di kami, untuk beberapa kasus DS yang tidak memerlukan kontrak kerjasama, asal nggak di bayar ya kami terminate sih pak :)
Kecuali, dari awal pelanggan memerlukann kontrak kerjasama untuk menjaga harga/layanan sesuai dengan permintaan (biasanya, terkait SLA, penggantian perangkat, koneksi, dst).

Provider luar pun juga seperti itu, karena memang sifatnya DS adalah adhoc.

Kalau pun gak di bayar, memangnya apa impactnya? Nothing to lose bukan?
 

masiqbal

Hosting Guru
Verified Provider
DS yg saya berhenti langganan, itu jatuh tempo 21/05/2020.
Dan saya bikin tiket, tadi pagi, menginformasikan bahwa DS ini tidak sy perpanjang.
Sesuatu yg normal kan.
Tapi balasan tiket dari provider tsb, adalah saya harus memperpanjang DS tersebut, dan setelah itu baru bisa terminasi layanan bulan depan.
Apa mungkin karena telah melewati jatuh tempo walaupun cuma satu hari? Jatuh tempo 21/05/2020, sekarang sudah 22/05/2020.
Terlepas dari kontraknya (ToS) dulu saat otrder seperti apa, mungkin bisa dikomunikasikan dengan baik ke providernya, setidaknya bisa bayar sebagian, bagus kalau pro rate, misalnya yg dibayar hanya yg kelewat sehari dari jatuh tempo tersebut.
 

BUANA dotnet

Hosting Guru
Verified Provider
Pengalaman saya, di provider lain, jika tidak bayar perpanjangan DS, artinya tidak berlangganan lagi, dan sudah beres urusannya.

Kebijakan provider memang bisa beda-beda
Bisa jadi providernya bukan DS sendiri (resell dari provider lain, biasanya untuk server di luar negeri), sehingga kemungkinan provider nya sudah bayar perpanjangan servernya untuk 1 bulan berikutnya.

Jadi yah, sebaiknya kalau rencana tidak diperpanjang, lebih baik di sampaikan sebelum invoice perpanjangan dikirim, atau setidaknya segera setelah menerima invoice.

Client kan juga tidak mau, misalkan terlambat 1 hari saja, servernya langsung dimatikan dan diformat. Sebaliknya provider juga berharap, jika sudah tidak diperpanjang, diinfokan sebelum tanggal jatuh tempo. Kalau tidak kan, provider nya yang berpotensi rugi, bukan hanya client nya.
 

arissety

Apprentice 1.0
Kalau di kami, untuk beberapa kasus DS yang tidak memerlukan kontrak kerjasama, asal nggak di bayar ya kami terminate sih pak :)
Kecuali, dari awal pelanggan memerlukann kontrak kerjasama untuk menjaga harga/layanan sesuai dengan permintaan (biasanya, terkait SLA, penggantian perangkat, koneksi, dst).
Nah iya, selama ganti2 provider dari yg reseller sampai yg server dia sendiri, semua sama, asal g bayar == tidak diperpanjang.
Walaupun tanpa tiket sama sekalipun.

Dan anehnya, "di provider yg sama dengan yg sekarang", dulu saya juga sempat terminate 3 DS dalam waktu yg berlainan, sy malah g pernah buat tiket pemberitahuan, dan semua beres tanpa masalah.

Provider luar pun juga seperti itu, karena memang sifatnya DS adalah adhoc.
Kalau pun gak di bayar, memangnya apa impactnya? Nothing to lose bukan?
Worst case nya, ini yang sy khawatirkan.
Jaman sekarang, susah memperjuangkan keadilan.

Tks atas sudut pandangnya.
 

arissety

Apprentice 1.0
coba baca terms and conditionnya, bisa jadi provider anda mensyaratkan permintaan pembatalan paling lambat sekian hari sebelum jatuh tempo.

Mulai sekarang sy akan selalu baca itu namanya TOS, dengan teliti lagi, walaupun panjang.

Dan anehnya, "di provider yg sama dengan yg sekarang", dulu saya juga sempat terminate 3 DS dalam waktu yg berlainan, sy malah g pernah buat tiket pemberitahuan, dan semua beres tanpa masalah.
 

arissety

Apprentice 1.0
Kebijakan provider memang bisa beda-beda
Bisa jadi providernya bukan DS sendiri (resell dari provider lain, biasanya untuk server di luar negeri), sehingga kemungkinan provider nya sudah bayar perpanjangan servernya untuk 1 bulan berikutnya.

Kebetulan itu DS milik provider sendiri.
Tks untuk masukannya.
 

arissety

Apprentice 1.0
Apa mungkin karena telah melewati jatuh tempo walaupun cuma satu hari? Jatuh tempo 21/05/2020, sekarang sudah 22/05/2020.
Terlepas dari kontraknya (ToS) dulu saat otrder seperti apa, mungkin bisa dikomunikasikan dengan baik ke providernya, setidaknya bisa bayar sebagian,
Sepertinya yg dimaksudkan oleh provider, yaitu yg pemberitahuan 2 minggu sebelumnya itu perlu dilakukan, dan sy jg baru tahu sekarang.

Dulu saya juga sempat terminate 3 DS dalam waktu yg berlainan, sy malah g pernah buat tiket pemberitahuan, dan semua beres tanpa masalah.

Btw, sy sdh berlangganan DS ini sejak 2015, sampai 2020. Ada lg satu DS lainnya dari 2014 sampai skrg.
Termasuk loyal saya di provider tersebut.

Sy jg sdh sampaikan klo mmg saya harus bayar itu tagihan (tanpa saya rela), maka DS satunya sy otomatis akan off, karena sy sdh terlanjur kecewa.

Mending sy ganti Vultr bare-metal singapore, yg plusnya harga separo, bisa terminate sewaktu2.
Minusnya, beberapa tahun lalu sy cek, koneksi dari singapore ke server indo g secepat dengan koneksi sesama indo.
Blm tahu apakah skrg sdh ada kemajuan.

bagus kalau pro rate, misalnya yg dibayar hanya yg kelewat sehari dari jatuh tempo tersebut.
Nah ini bisa jadi solusi.
 

Top