Rintis Bisnis Kafe Kekinian


Status
Not open for further replies.

kios software

Beginner 1.0
Banyak sekali yang sudah membahas tentang tips ini, tapi kini akan berikan ide fresh bagi Anda yang akan ingin merintis bisnis Kafe yang sedang hits belakangan ini adalah coffee shop. Banyak para wirausahawan memutar otak untuk akan berbisnis usaha apa dan dibidang apa, berikut akan Kami bagikan bagaimana cara memulainya yang mana mungkin menjadi sumber inspirasi bagi Anda.

YUK,%20RINTIS%20BISNIS%20KAFE%202.png


Kafe, apa yang ada di benak anda ketika mendengar istilah tersebut?. Menurut saya pribadi Kafe merupakan tempat makan dan minum sama halnya dengan restoran, namun yang menjadi perbedaannya ialah Kafe lebih kecil dari restauran dan makanan yang di sediakan tidak selengkap restauran.

Sebelum masuk ke wilayah teknis, ada baiknya Kita kilas balik apa yang dimaksud dengan Kafe, Kafe merupakan kata yang berasala dari bahasa Perancis: café, secara harfiah adalah (minuman) kopi, tetapi kemudian menjadi tempat untuk minum-minum yang bukan hanya kopi, tetapi juga minuman lainnya termasuk minuman yang beralkhohol rendah. Di Indonesia, kafe berarti semacam tempat sederhana, tetapi cukup menarik untuk makan makanan ringan, dengan penjelasan tersebut berarti kafe berbeda dengan warung. (wikipedia)

Kafe sendiri dengan sangat mudah kita temui di sudut-sudut kota, bahkan kebanyakan Kafe menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda. Biasanya makanan yang di jual di Kafe tidak terlalu bervariasi, begitupun dengan minumannya.

Jika anda memang berniat membuka usaha Kafe, namun terkendala dengan modal yang kecil, anda tak perlu ragu atau menyerah, anda dapat mendirikan Kafe yang sederhana sebagai pemula, nantinya jika sudah berkembang anda dapat membuat cabang yang lebih besar. Nah, jika anda berniat membuka usaha Kafe, alangkah baiknya anda membaca beberapa hal di bawah ini.

YUK,%20RINTIS%20BISNIS%20KAFE.png



Tips Merintis Bisnis Kafe Kekinian

1. Cari Tempat yang Strategis

Jika anda telah memiliki lahan sendiri, maka bersyukurlah karena itu artinya anda tak perlu lagi menyewa atau membeli tanah untuk mendirikan usaha Kafe. Apalagi jika lahan yang anda punya terletak di tempat yang strategis seperti di pinggir jalan raya, dekat dengan mall atau di tempat yang ramai dan sering di kunjungi orang banyak. Namun apabila anda memiliki lahan yang jauh dari keramaian, maka anda dapat menyewa sebuah ruko atau lahan kosong dengan luas minimal sekitar 8 x 4 meter.

2. Menu Andalan
Jika usaha Kafe anda termasuk Kafe kecil-kecilan, maka tidak perlu memiliki menu makanan dan minuman yang banyak. Cukup dengan beberapa menu saja yang terpenting terjamin rasa dan kesehatannya. Anda juga dapat menambahkan menu tradisional yang di padukan dengan menu modern.
YUK,%20RINTIS%20BISNIS%20KAFE%203.png



3. Desain Interior Kafe yang Unik
Pada umunya banyak sekali Kafe yang menggunakan fasilitas lengkap dan terkesan mewah. Untuk usaha Kafe skala kecil, saya rasa itu tidak perlu karena tidak semua fasilitas mewah seperti kursi itu empuk dan nyaman. Anda dapat menggunakan terobosan kursi dari kayu atau bahan unik lain agar Kafe anda terkesan unik dan menarik minat konsumen. Atau jika anda memiliki ide lain seperti Kafe lesehan, mengapa tidak?

4. Minimalkan Karyawan
Jika anda mendirikan usaha Kafe, tentunya anda akan menjadi bos dan mencari karyawan untuk bekerja di kafe anda. Namun untuk usaha Kafe skala kecil itu tak harus terjadi. Anda dapat mencari 1 orang karyawan saja sebagai juru masak. Sedangkan anda dapat menjadi pelayan. Untuk urusan bersih-bersih anda dapat melakukannya bersama karyawan. Selain itu tentunya anda juga memiliki sanak keluarga seperti istri dan anak yang dapat membantu anda.

5. Promosi lewat Akun Media Sosial
Pemasaran atau promosi di radio, koran atau media besar lainnya memang efektif, namun juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Free marketing disini berarti promosi gratis, lalu adakah promosi gratis saat ini? tentunya ada, yakni dengan menggunakan media online. Anda dapat promosi menggunakan media sosial seperti facebook, twitter dll. Selain itu anda juga membuat website sendiri yang mempromosikan Kafe anda beserta menunjukkan jika Kafe anda memiliki kualitas.

6. Gaet Komunitas dan Adakan Events
Strategi pemasaran ini lebih fleksibel dan murah ketimbang menggunakan pola lama dengan memasang iklan. Peran komunitas dalam sebuah pemasaran sangat banyak manfaatnya. Misalnya, ketika komunitas seni sering berkunjung ke Kafe Anda, maka akan sering pula Komunitas tersebut menjadi ambasador bagi Kafe Anda kepada orang lain, dan ada juga contoh komunitas pengendara motor menggunakan atribut jaket yang sama bertulisan nama produsen motor tertentu. Di satu sisi orang mungkin melihat hal itu sebagai gaya hidup (life style) bahwa memiliki komunitas tertentu akan memunculkan identitas baru. Tetapi,di sisi lain produsen melihat hal itu sebagai strategi lain pemasaran dengan memanfaatkan komunitas.

caontoh lainnya, Wanita akan senang bisa banyak berinteraksi dan bertemu orang – orang baru yang memiliki hobi atau kesenangan yang sama dengan mereka. Jika bisnis Anda memiliki target pasar perempuan, maka membuat komunitas bagi mereka adalah salah satu cara yang tepat. Anda bisa mencari tahu apa yang sedang menjadi tren di kalangan wanita saat ini. Dan dari itu, kita bisa menyesuaikan dengan bisnis yang sedang kita bangun. Ketika komunitas dalam bisnis kita mulai terbentu, kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain jaminan pelanggan dari anggota komunitas, kitapun akan mendapatkan banyak relasi dari mereka, merekapun akan merasa lebih diperhatikan oleh adanya komunitas yang bisnis kita dirikan.

7. Gunakan Sistem Operasi Penjualan yang Canggih
Kini usaha bisnis pada saat sekarang ini sudah harus serba cepat, efektif dan efisien. Anda harus cepat tanggap dalam merintis usaha bisnis Anda. Gunakanlah Sistem Operasi Penjualan yang Canggih dan efektif dalam dalam bisnis Anda, sehingga dapat membantu usaha Kafe Anda dalam menjalankan bisnis. Kami menyediakan media seperti database restoran dan cafe yang sangat cocok digunakan untuk bisnis cafe.

Beberapa hal di atas patut Anda lakukan jika anda ingin merintis usaha Kafe, hal yang lain yang dapat anda lakukan ialah memberikan pelayanan ramah dan maksimal agar pengunjung puas dengan layanan. Sekian penjelasan tentang Tips Merintis Bisnis Kafe Kekinian dari kami.
 

FlazzNetworks

Apprentice 2.0
Verified Provider
saya udah punya usaha kuliner, lokasi udah strategis, udah ada nama juga di wilayah jaksel.. lagi nyoba promosi lewat medsos & web sendiri nih kok kayaknya susah ya :30:
 

Rockman

Hosting Guru
Verified Provider
Mendirikan cafe yang unik dan menyenangkan, sebaiknya di desain dengan tampilan yang berbeda dan tentunya dg kualitas rasa makanan yg lezat adalah penentu kesuksesan cafe/restaurant
 

Qadrian

Apprentice 1.0
soto betawi om.. web nya belum jadi nih http://www.sotobetawibangbenz.com/ :30:

Wah sedep tuh om, jadi laper:D. Semangat om semoga sukses selalu

Mendirikan cafe yang unik dan menyenangkan, sebaiknya di desain dengan tampilan yang berbeda dan tentunya dg kualitas rasa makanan yg lezat adalah penentu kesuksesan cafe/restaurant

Kalo di kota saya karena banyak mahasiswanya kualitas makanan di kafe bukan nomer satu om, buat tempat yang bagus buat foto + wifi kenceng dijamin langsung rame dah:D
 

Rockman

Hosting Guru
Verified Provider
Wah sedep tuh om, jadi laper:D. Semangat om semoga sukses selalu



Kalo di kota saya karena banyak mahasiswanya kualitas makanan di kafe bukan nomer satu om, buat tempat yang bagus buat foto + wifi kenceng dijamin langsung rame dah:D
Kantin ya... apalagi yang jaga kantin/kafe ceweknya cantik, bisa jadi strategi untuk menarik kumbang-kumbang jantan:D
 
Status
Not open for further replies.

Top