Seberapa Pentingkah Ekstensi Domain Bagi Pemain Baru?


Status
Not open for further replies.

michael

Apprentice 1.0
Mulanya saya berencana mempromosikan bisnis domain (dan webhosting) saya yang sebenarnya sudah bisa menerima klien pada 14 Februari yang lalu. Hanya saja, saya tidak pede, karena saya memakai domain .in (terdaftar sejak 18 Oktober 2007).

Mengapa tidak memakai .com?
Karena nama domain yang saya inginkan untuk .com sudah dipakai orang lain sejak 1996, sementara .net sudah dipakai sejak 2003 (untuk .net dijual, tapi minta $10.000)

Menurut rekan-rekan apakah ada dampak yang cukup menganggu jika saya menggunakan .in untuk bisnis saya? Yang notabene domain India, yang tahun pertamanya berharga sangat murah (walaupun tahun berikutnya lebih mahal dari com).

Terima kasih.
 

hostingceria

Expert 1.0
Mulanya saya berencana mempromosikan bisnis domain (dan webhosting) saya yang sebenarnya sudah bisa menerima klien pada 14 Februari yang lalu. Hanya saja, saya tidak pede, karena saya memakai domain .in (terdaftar sejak 18 Oktober 2007).

Mengapa tidak memakai .com?
Karena nama domain yang saya inginkan untuk .com sudah dipakai orang lain sejak 1996, sementara .net sudah dipakai sejak 2003 (untuk .net dijual, tapi minta $10.000)

Menurut rekan-rekan apakah ada dampak yang cukup menganggu jika saya menggunakan .in untuk bisnis saya? Yang notabene domain India, yang tahun pertamanya berharga sangat murah (walaupun tahun berikutnya lebih mahal dari com).

Terima kasih.
menurut saya efek utamanya hanya pada kemudahan mengingatnya saja, efek keduanya adalah ranking SEO di googlenya cenderung akan kalah dengan TLD com/net/org/info yang sudah umum
 

pemula_web

Apprentice 1.0
menruut saya yg paling vital adalah...yg jika perusahan anda trus berkembang dan anda ttp menggunakan dom tsb...tdk menutup kemungkinan dom yang .com dan .net nya ikut2an buka hosting juga :D

atau bisa jg di parkir..
 

michael

Apprentice 1.0
menruut saya yg paling vital adalah...yg jika perusahan anda trus berkembang dan anda ttp menggunakan dom tsb...tdk menutup kemungkinan dom yang .com dan .net nya ikut2an buka hosting juga :D

atau bisa jg di parkir..
Untuk yang .com kayaknya aman karena milik pengusaha salon di AS.
Yang .net pengen sih dibeli, tapi duit belum ada (100 juta Rupiah mintanya).

Jadi, saran Anda: setelah berkembang, domain ekstensi lain sebisa mungkin diambil ya?
 

bedebah

Apprentice 2.0
kalo dari sisi SEO iya, .in tidak sepopuler .com.
Tapi kalo dari popularitas, .in merupaken ekstensi unik buat orang Indonesia (khususnya Betawi) :D.
Misal: Ditabok.in, Dikacang.in, Digebuk.in ;)
 

Uzack12

Apprentice 1.0
kalo dari sisi SEO iya, .in tidak sepopuler .com.
Tapi kalo dari popularitas, .in merupaken ekstensi unik buat orang Indonesia (khususnya Betawi) :D.
Misal: Ditabok.in, Dikacang.in, Digebuk.in ;)
Bisa aja nih Om Don....
ternyata pake .IN bisa lebih banyak inspirasi buat bikin nama domain yg unik2.... hehehhe...
 

michael

Apprentice 1.0
Tapi kalo dari popularitas, .in merupaken ekstensi unik buat orang Indonesia (khususnya Betawi) .
Misal: Ditabok.in, Dikacang.in, Digebuk.in
Pertimbangan saya dulu juga masalah ini, makanya saya urungkan membeli .web.id dan memakai .in.
 

pemula_web

Apprentice 1.0
memang ga ada kepikiran ambil nama domain baru mas ?
untuk menjaga2 kalau yg .com atau tld lainnya (ekstensi lain) ga kekejar sasaran bos...
kl yg .net itu wah...bisa bermimpi enak tu yg pny hehe...skrg aja dia nawar 100....nanti kedepapnnya bisa brp tuh hehe..

ga nolak di kasih thanks nich lwlwlwlkwk....
 

Hostbagus

Beginner 2.0
Selain dampak pada sisi SEO menurut aku dampak buruk lain adalah "pikiran negatif" konsumen.
Takutnya orang berpikiran mau scam segala. Tuh kan usaha punya orang indo tapi kok pake domain india :D
Selain itu kalau tiba2 ada razia ktp india (kayak domain .us) malah tambah ribet harus minjam ktp ama sharukkhan segala :D
 
Status
Not open for further replies.

Top