SEO VS PPC: Mana yang Membawa Emas ?


Status
Not open for further replies.

uptopromotips

Poster 1.0
img

Ingin berbagi tips Tuan seleranya mana pake SEO atau ppc, atau bahkan dua-duanya :D

Bagi semua perusahaan, lembaga dan Individu yang menggunakan internet, tujuan utamanya adalah agar dilihat dan untuk mengangkat bisnis tersebut. Mendapatkan halaman web yang paling “hits” adalah sasaran utama, kemudian untuk menarik minat pengunjung dan anggota serta memungkinkan individu untuk mendapatkan perhatian. Kebanyakan orang menggunakan internet berusaha untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung dengan membuat halaman web mereka interaktif, eye-catching dan mudah diingat.

Sementara tujuan semua itu signifikan dan layak investasi, dan bahkan dipercaya bahwa rahasia di balik banyaknya situs yang dilihat malah cukup sederhana. Tidak peduli seberapa bagus halaman web Anda, jika tidak terdaftar sebagai situs yang populer di search engine, tidak akan mendapatkan banyak perhatian. Beberapa orang tersandung atau mempunyai masalah di situ dan beberapa lainnya menemukannya dengan sengaja, namun penjelajah internet biasa tidak akan melihat halaman web Anda.

Cara menarik perhatian agar halaman Web Anda dilihat visitor adalah dengan mencoba salah satu dari dua pendekatan pemasaran search engine: optimasi search engine atau bayar per klik. Optimasi search engine, atau SEO, adalah mengikuti serangkaian kriteria ketika membuat sebuah halaman web, sehingga spider search engine memilih keyword yang cocok dari halaman ketika keyword tersebut dicari. Iklan dengan bayar per klik, atau PPC adalah kontrak program untuk mengiklankan halaman. Anda membayar biaya setiap klik ke salah satu iklan tersebut dan audiens diarahkan ke halaman Web Anda.

SEO dalam hal tertentu, memimpin dalam pacuan teknologi peningkatan traffic, gratis dan pada dasarnya adalah masalah mengisi halaman dengan keyword. Praktek ini, yang dikenal sebagai “isian keyword,” diperbolehkan bagi siapa saja untuk mensiasati search engine agar memilih halaman mereka hanya karena sejumlah keyword yang relevan dan belum tentu sesuai dengan isi dari halaman itu sendiri. Salah satu kecurangannya adalah memuat keyword ke ruang yang tidak terlihat di halaman. Apakah ini berarti pengunjung ke halaman tidak akan melihat sesuatu yang luar biasa, tujuan spider search engine akan tertipu oleh isi keyword yang terlalu banyak.

Mengingat relatif sederhananya praktek ini dan pengetahuan umum kriteria oleh yang digunakan search engine dalam memberi peringkat halaman, Andapun mampu bekerja dengan sistem untuk suatu keuntungan tanpa mengeluarkan uang tambahan. Meski jika memakan waktu yang lama untuk melakukan SEO, biaya awal pada dasarnya gratis. Dalam beberapa bulan belakangan, Google meningkatkan permainan.

Algoritma pencarian Google telah berubah sehingga isian keyword tidak lagi merupakan metode yang efektif dan Anda perlu fokus pada konten yang relevan. Ini adalah kekurangan terbesar dari SEO: ketika algoritma pencarian berubah, format halaman dan efektifitasnya dalam sistem lama menjadi tidak berarti dan peringkat halaman bisa jatuh.

PPC adalah metode lain yang umum digunakan meningkatkan traffic web. Pay Per Click kampanye kurang populer untuk beberapa orang karena biaya awal: dimana Anda harus membayar setiap kali seseorang mengklik iklan, terlepas apakah klik tersebut menghasilkan keuntungan bagi perusahaan atau tidak. Namun, jika halaman Web Anda dirancang dengan baik dan produk Anda dipasarkan efektif, maka pembayaran iklan bisa berharga.

PPC bertindak cepat, sehingga Anda dengan cepat bisa mendapatkan sejumlah besar tampilan halaman dengan sedikit usaha. Anda tidak perlu mengganti ukuran halaman Anda secara khusus dan hanya sedikit rencana dan pikiran yang dibutuhkan untuk konten tertentu pada halaman. Selain itu, PPC terlindung dari perubahan dalam update algoritma search engine. Selama halaman memuat iklan dan audiens diinformasikan tentang bisnis Anda, Anda akan sukses.

Namun, jika Anda pengusaha kecil dengan anggaran yang terbatas, PPC kurang efektif. Jika tujuan Anda hanya menyebarkan informasi dan halaman Anda tidak berhasil melakukan penjualan, maka maka sebaiknya Anda lebih baik tidak menggunakan PPC. Anda membayar untuk pelanggan melihat halaman Anda dan jika tidak ada yang didapat dari sana setelah halaman tersebut telah dilihat, maka biaya itu yang terbuang sia-sia.

Jadi, pertanyaan bagi semua desainer halaman web internet adalah: Anda memilih PPC atau SEO ? Metode mana yang terbaik untuk perusahaan Anda ? Berikut adalah beberapa pertanyaan sebagai acuan untuk membuat keputusan itu:

Berapa anggaran iklan website Anda?
Jika tinggi, pertimbangkan PPC. Jika tidak, SEO lebih tepat.

Berapa harga rata-rata yang dibayar untuk PPC oleh perusahaan dalam industri Anda?
Jika Pesaing Anda membayar banyak untuk PPC, sebaiknya Anda juga.

Seberapa kompetitif keyword yang ingin Anda gunakan dalam iklan Anda?
Jika banyak perusahaan lain ingin menggunakan keyword yang sama, maka Anda harus membayar lebih.

Seberapa besar kreativitas dan waktu yang Anda habiskan Anda mengembangkan halaman web Anda?
Jika Anda tidak memiliki waktu atau orang untuk didedikasikan ke halaman web Anda untuk mengembangkan SEO, gunakan PPC.

Berapa lama waktu yang Anda targetkan untuk menghasilkan keuntungan?
Jika Anda perlu untuk membuat uang cepat, gunakan PPC. Biaya lebih tinggi, sasaran akan datanglebih cepat. Jika Anda-memiliki waktu luang, menggunakan SEO. SEO adalah metode jangka panjang, mengarahkan traffic organik dan perlahan-lahan mendorong halaman web ke bagian atas daftar pencarian internet.

Tentu saja, metode terbaik, jika Anda-memiliki sumber daya, adalah dengan menggunakan kedua teknologi ini bersama-sama untuk mencapai mencapai hasil yang terbaik. Dengan cara ini, Anda dijamin, tidak peduli bagaimana aturan iklan search engine atau protokol perubahan. Ini juga penting bagi orang-orang yang menspesialisasikan masing-masing metode untuk saling mempelajari keduanya. Bisa memanfaatkan kelebihan dari satu metode untuk menutup kelemahan metode yang lain. Akhirnya dapat bekerja sama untuk meningkatkan traffic internet ke website perusahaan Anda seefektif mungkin. Dalam kompetisi Antara SEO dan PPC, yang mana yang bisa menjadi emas? Yah, itu semua tergantung pada pacuan yang Anda jalankan. Hehe itu ending jawabannya :D :D

Jangan lupa untuk terus update info terbaru mengenai artikel-artikel SEO kunjungi blog kami UpToPromo.
 

lordi

Apprentice 1.0
dari sisi konsumen, harus mengklik link kok kayak e repot
oh ya dulu temen saya mengikuti semacam PPC yang kita klik link dapat duit, apa nantinya dari sisi pengiklan tidak dirugikan yah?
 

uptopromotips

Poster 1.0
dari sisi konsumen, harus mengklik link kok kayak e repot
oh ya dulu temen saya mengikuti semacam PPC yang kita klik link dapat duit, apa nantinya dari sisi pengiklan tidak dirugikan yah?
diluar jangkauan pak, wewenang dari guugle nya itu :D
 

Rockman

Hosting Guru
Verified Provider
Maaf beribu Maaf sebelumnya...
Paling top pakai adsense dan google adwords dan sering dapat tambahan bonus Rp 450 ribu dari google untuk per akun saya, lumayan buat tambahan pasang iklan disana ...:D

Kalau teknik seo terlalu banyak persaingannya dan semua pada berebut di halaman pertama search engine. Hampir semua website sudah SEO saat ini, sebab belajar SEO juga mudah di pelajari dan banyak sekali panduan / tutorialnya, belum lagi mesin algoritma google semakin canggih dan pintar dalam menyeleksi web yang akan di tempatkan di barisan terdepan. Oleh karena itu saya memandang SEO is Dead.. ( maaf )

Kalau saya pribadi lebih baik pakai yang berbayar (adwords google) untuk website kategori bisnis. Sebab search engine google akan lebih mendahulukan yang berbayar, belum lagi partner google juga sangat banyak. jadi argumentasi saya semakin sering website terbuka maka semakin populer dan peluang menduduki halaman terdepan akan makin besar.
 
Last edited:

daiserver

Apprentice 2.0
Maaf beribu Maaf sebelumnya...
Oleh karena itu saya memandang SEO is Dead.. ( maaf )
Kalau banyak orang berfikiran seperti ini orang" seperti saya dan @uptopromotips malah jaya karena berkurangnya saingan :)
Kami yang lebih mementingkan SEO dari OFFPAGE dan ONPAGE, menebar, membuat, dan mencari backlink berkualitas dan juga mencari cara bagaimana mempertahankan ranking, dsb. Selain itu cara SEO itu beragam dan tak semudah yang dibayangkan. PBN PBN berkualitas adalah incaran kita yang bermain di SEO.

Untuk menggunakan PPC itu hanya stabil sesaat, tapi jika menggunakan backlink yang memunkinkan target KW kita, maka lebih stabil dalam jangkau waktu yang sangat lama. Perlu diingat buildnya memerlukan waktu yang lama juga. :36:
 

Rockman

Hosting Guru
Verified Provider
Kalau banyak orang berfikiran seperti ini orang" seperti saya dan @uptopromotips malah jaya karena berkurangnya saingan :)
Kami yang lebih mementingkan SEO dari OFFPAGE dan ONPAGE, menebar, membuat, dan mencari backlink berkualitas dan juga mencari cara bagaimana mempertahankan ranking, dsb. Selain itu cara SEO itu beragam dan tak semudah yang dibayangkan. PBN PBN berkualitas adalah incaran kita yang bermain di SEO.

Untuk menggunakan PPC itu hanya stabil sesaat, tapi jika menggunakan backlink yang memunkinkan target KW kita, maka lebih stabil dalam jangkau waktu yang sangat lama. Perlu diingat buildnya memerlukan waktu yang lama juga. :36:

Bagi kalangan kaum ELIT ( ekonomi sulit ) memang memandang PPC stabil sesaat, karena keterbatasan dana mereka.
Berbeda untuk kalangan Borjuis yang bisnisnya bergerak di dunia industri online, PPC merupakan solusi terbaik yang dapat di handalkan.
Bahkan website drhosting.co.id milik anda sendiri juga beberapa bulan menggunakan jasa iklan google adwords, hal ini memberi asumsi bahwa anda sendiri juga masih ragu dan kurang percaya akan SEO
 
Last edited:

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
Bagi kalangan kaum ELIT ( ekonomi sulit ) memang memandang PPC stabil sesaat, karena keterbatasan dana mereka.
Hahahaha iya pak, ga semuanya sama seperti bapak ekonominya level tinggi,
Misalnya saya yg ekonominya yg sangat sulit seperti yg bapak maksud tentunya, budget untuk seperti itu akan berfikir dua kali karena jika dialokasikan kemodal lain akan labih baik perputarannya,
Karena yg click ikan google blm tentu diconver ke order jg
Dan jg biasanya jika dibuild dgn content yg baik disertai "pendukung" yg kokoh tentunya akan lama bertahannya, kl iklan google ga ada modal ga muncul :p:D

Hahahhahaha jadi minder saya baca kalimatnya :D
 
Last edited:

Rockman

Hosting Guru
Verified Provider
Hahahaha iya pak, ga semuanya sama seperti bapak ekonominya level tinggi,
Misalnya saya yg ekonominya yg sangat sulit seperti yg bapak maksud tentunya, budget untuk seperti itu akan berfikir dua kali karena jika dialokasikan kemodal lain akan labih baik perputarannya,
Karena yg click ikan google blm tentu diconver ke order jg
Dan jg biasanya jika dibuild dgn content yg baik akan lama bertahannya

Hahahhahaha jadi minder saya baca kalimatnya :D
Bukan begitu bos @pluto01 kita kembali pada 2 hal, yang pertama mengandalkan tenaga atau skill seperti teknik optimasi search engine, yang kedua jika punya modal yang cukup dapat mengandalkan uang. Dan saya tetap yakin google pasti lebih memprioritaskan yang bayar.
Persoalan order dan rezeki itu bukan urusan kita tapi urusan yang Yang Diatas Sana. Kita semua cuma wajib berusaha, entah pakai tenaga/skill atau pakai uang.
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
Kita semua cuma wajib berusaha, entah pakai tenaga/skill atau pakai uang.
Berarti intinya kembali kepilihan masing2 toh yach pak :D

Paling top pakai adsense dan google adwords
Kalau teknik seo terlalu banyak persaingannya dan semua pada berebut di halaman pertama search engine.
Emang jika pakai google adwords tdk seperti itu juga yach pak ? Tdk saling berebut dan bersaing ?
Misalnya berlomba menjadi yg pertama misalnya dgn cara siapa besar budget dia yg nongol, atau siapa bs beli keywordnya dia yg nongol seperti yg sdh2 terjadi

Maaf banyak tanya pak soalnya agak kurang paham jg hal beginian :D
 
Status
Not open for further replies.

Top