Server Indo, Targer Visitor Indo, Penting ga kalo pake Cloudflare ?


prrppp

Beginner 1.0
Selamat malam para suhu dwh, ini postingan pertama saya setelah gabung 1 bulan yang lalu

Yang saya mau tanyain, sesuai judul di atas
Perlu gak sih hu kalo blog server indo, targer visitor indo di pakein cloudflare?
saya waktu itu pengen pasang cuman berakhir gajadi setelah baca kekuranganya, katanya sering terjadi eror, apa itu benar ??

Minta saranya hu, trimakasih
 

HostinganID

Expert 1.0
Verified Provider
Cloudflare sudah ada route di Jakarta, tapi ga semua user dapat apa lagi yang free, cmiiw.

Saya pribadi kalau udh pake Server Indonssia lebih ke menghindari untuk pake cloudflare, selain takut dioper ke route yang lebih jauh (Kalau visitornya Indonesia), si telkom yang lumayan sering masalah dgn cloudflare juga jadi pertimbangan.
 

BUANA dotnet

Expert 2.0
Verified Provider
Kelebihan pakai Cloudflare/CDN untuk visitor lokal:
  • Mengurangi beban server untuk handle static content
  • Menutupi IP server

Kalau tidak ada kebutuhan diatas, lebih baik tanpa cloudflare
 

kassle

Poster 1.0
klo tkp di indo dan target penonton-nya pun orang indo, gak perlu pake cloudflare
kecuali ada spesifik kebutuhan khusus yang salah dua-nya sudah disampaikan oleh @BUANA dotnet
 

Bestariweb Hosting

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
Salah satu Kelemahan web menggunakan Cloudflare apalagi kalau di set awan orange (Proxy) dan di CF security rule dibiarkan kosong, maka "server gak akan bisa bedain antara high trafik dan ddos".. jadi pasti akan merugikan salah satu pihak.
  • Jika security di server kurang bagus, maka server akan dengan sangat mudah bermasalah jika ada salah satu web yang melalui CF terkena ddos.
  • Jika security di server bagus, maka web yang menggunakan CF akan sering down karena IP seringkali kena block oleh server.
 

kyuichi

Apprentice 1.0
Selamat malam para suhu dwh, ini postingan pertama saya setelah gabung 1 bulan yang lalu

Yang saya mau tanyain, sesuai judul di atas
Perlu gak sih hu kalo blog server indo, targer visitor indo di pakein cloudflare?
saya waktu itu pengen pasang cuman berakhir gajadi setelah baca kekuranganya, katanya sering terjadi eror, apa itu benar ??

Minta saranya hu, trimakasih
  1. Klo saya pribadi jawabannya PERLU, mau itu website statis atau dinamis cms segala aya.
  2. Pertimbangan mengapa perlu pakai: KEAMANAN dan jaringan global cloudflare yang berlimpah. Versi gratisnya saja sudah cukup. CF punya jaringan di jakarta juga (cengkareng klo saya ga lupa) itu saya sudah cobain waktu awal-awal mrk kasih tau sekitar 3 bulanan lalu ni jg klo saya ga lupa (maklum..faktor usia).
  3. Apakah website dng server lokal IIX pake CF bakalan tambah lebih cepat? Jawaban saya: tergantung konten website-nya, kalau ga banyak ambil source luar di websitenya dan hanya munculkan konten dari server hosting yg dipakai jawabannya bakalan lebih cepat klo pake CF, tapi misal kita kasih konten smcm google map/youtube di halaman awal website tsb jika diakses dari isp lokal ga ada bedanya, tp jika diakses dr isp luar misal singapore jelas keliatan bedanya lbh cepet. Sejauh saya pake CF dari server mrk yg macam" negara di asia, CF lebih unggul untuk lokasi singapore jika mau akses secara global wilayah asia. Apesnya saya skrg CF ngasih saya routing ke vietnam ini rada lemot.
  4. Kita bisa dapat lokasi CF jakarta walau kita cuma pake jasa gratisan CF, kalau via app cdn CF 1.1.1.1 itu kita harus aktifkan WARP+ dan sudah saya coba itu jauh lebih kenceng bila akses konten website dng server lokal krn CF akan routing pengguna pake server mrk di cengkareng.
  5. Setingan di CF juga harus benar juga agar akses ke server website dan loading contentnya juga bisa lebih cepat. Rata-rata saya gunakan CF gratisan untuk website saya dan klien saya dng server usa bisa lebih cepat 1-2 detik yg mana konten website klien saya rata" halaman utama itu images ukuran gede dan 1 video langsung embedded dari youtube. Server usa ga pake CF akses ke website tsb rata-rata dpt 6-7 detik loading full, pake CF jadi bisa dpt 4-6 detik. Itu baru server usa, kebayang klo server hosting IIX dapatnya route CF cengkareng kan!?
  6. Keamanan CF gratisan juga sudah bagus, walau emang limited, tapi saya biasa dpt laporan dr CF per bulan untuk persoalan keamanan seperti statistik laporan per website ada brp banyak tindakan keamanan yg ditangkis CF dsb.
  7. Untuk website semua pake wordpress, disini saya kasih sistem keamanan berlapis krn di CF yg gratisan itu modul security/firewall terbatas untuk kita masukkan input ip address misalnya. Jadi disini ada balance lah soal security.
  8. Terakhir mengapa masih pake CF? untuk mengurangi beban load server hosting juga, CF juga bagus untuk caching. Klo kita akses web kita keluar 520 CF itu berarti kendalanya di server kita, timeout terlalu minim biasanya kurang dr 300 seconds atau CF minta ditambahi dikit diatas itu.
 

BUANA dotnet

Expert 2.0
Verified Provider
Ini salah satu pelanggan yang kita handle, server di Indonesia, pakai Cloudflare juga :)
Kebutuhan pelanggan butuh extra security features untuk bad bots, bad ip reputation, rate limit, etc.
Cloudflare yang gratis tuan?
 

pereceh

Poster 1.0
mau gmna pun namanya CDN ya harus dipake . . . untuk masalah cepat atau tidaknya kan tergantung tampilan situsnya kayak gimana . selambat - lambatnya server diakses klo tampilanya static (minim) kan tidak terasa mas ,, sekarang jaman nya 4G mas brow
 

    
Top