Setup Hostname Directadmin


doni

Poster 2.0
permisi numpang tanya, udah coba cari thread sebelumnya tp blm ketemu jawabannya.

saya baru nyoba install directadmin di vps. kemarin saya coba ganti hostname dari sebelumnya mengandung IP dan cukup panjang kemudian saya ganti menjadi server.domain.com

permasalahan yang muncul adalah saat membuka email roundcube selalu redirect ke server.domain.com/rouncube dan error

This site can’t be reached​

Check if there is a typo in server.domain.com.



DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN


permasalahan muncul juga saat membuka phpmyadmin domain.com:2222/phpmyadmin juga redirect ke domain.com:2222.

permasalahn juga muncul saat membuat email, sudah berhasil setup di email client, tapi untuk kirim dan terima pesan selalu gagal.

mohon bantuan tuan
 
Last edited by a moderator:

hostbadak

Expert 1.0
Sepertinya record server.domain.com memang belum dibuat di DNS servernya. Jika DNS servernya ada di server yang sama, coba dibuatkan record A untuk server.domain.com value IP server tersebut.

Semoga membantu.
 
Last edited by a moderator:

doni

Poster 2.0
Sepertinya record server.domain.com memang belum dibuat di DNS servernya. Jika DNS servernya ada di server yang sama, coba dibuatkan record A untuk server.domain.com value IP server tersebut.

Semoga membantu.

Aksesnya gitu

Untuk subdomain server.domain.com sesuai error yang muncul ini masalah di dns nya tidak resolv
Coba dicheck apakah A record untuk subdomain server.domain.com sudah dibuat mengarah ke IP yang seharusnya?
Terima kasih banyak pak. A recordnya sudah saya tambahkan dan sepertinya sudah solved.

Ijin tanya lagi kalau menggunakan layanan smtp pihak ke tiga, mx record sudah ditambahkan tapi masih belum bisa kirim email apakah ada permasalahan dengan port yang masih belum terbuka atau seperti apa ya?
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
Terima kasih banyak pak. A recordnya sudah saya tambahkan dan sepertinya sudah solved.

Ijin tanya lagi kalau menggunakan layanan smtp pihak ke tiga, mx record sudah ditambahkan tapi masih belum bisa kirim email apakah ada permasalahan dengan port yang masih belum terbuka atau seperti apa ya?
Bisa dicheck dulu, MX nya sudah benar mengarah ke layanan pihak ketiga atau belum
Bisa menggunakan mxtoolbox.com atau intodns.com
Sekalian dilihat log dan error gagal kirimnya seperti apa, biasanya dari sana ada informasi masalahnya
Sekalian dipastikan juga IP MX nya tidak masuk blacklist
 
Last edited:

doni

Poster 2.0
Bisa dicheck dulu, MX nya sudah benar mengarah ke layanan pihak ketiga atau belum
Bisa menggunakan mxtoolbox.com atau intodns.com
Sekalian dilihat log dan error gagal kirimnya seperti apa, biasanya dari sana ada informasi masalahnya
Sekalian dipastikan juga IP MX nya tidak masuk blacklist
Terima kasih pak
 

hostbadak

Expert 1.0
Terima kasih banyak pak. A recordnya sudah saya tambahkan dan sepertinya sudah solved.
Mantab!! Kami ikut senang karena issuenya sudah solved :113:


Ijin tanya lagi kalau menggunakan layanan smtp pihak ke tiga, mx record sudah ditambahkan tapi masih belum bisa kirim email apakah ada permasalahan dengan port yang masih belum terbuka atau seperti apa ya?
MX records ini digunakan untuk menuntun email-email dari luar (domain-domain lain) supaya bisa sampai ke domain Anda, bukan untuk menuntun email-email keluar dari domain Anda menuju domain-domain lain. Records ini berisi daftar server-server email yang bertugas menerima email untuk domain Anda dari domain-domain lain. Sedangkan records yang dibutuhkan untuk mengirimkan email keluar adalah SPF dan DKIM (biasanya ditulis sebagai TXT Records). Namun, ini bukan satu2nya sebab email tidak bisa terkirim keluar. Bisa coba ditelusuri sejak dari server pengirim sampai dengan email keluar menuju layanan email third party. Jika ada error message yang diterima, silakan untuk dishare, ini akan sangat membantu teman2 di sini untuk ikut membantu mengidentifikasi masalahnya dan memberikan solusinya.

Semoga membantu.
 

Top