Streaming Server By Google Cloud Engine

Status
Not open for further replies.

Bang Jack

Poster 1.0
Bukan bermaksud menyombongkan diri, hanya ingin berbagi, barusan saya selesai belajar membuat hls live streaming server menggunakan google cloud engine. Server dibangun menggunakan os linux ubuntu 14.04 dengan module nginx-rtmp-module dan ffmpeg sebagai encode. Karena menggunakan wowza belum mampu membeli license nya :D. Untuk player nya menggunakan jwplayer v.7. Kalau tidak salah beberapa waktu lalu ada yg menanyakan tentang membuat streaming server.

Bagi yang ingin melihat hasilnya bisa dilihat disini :
http://www.streamingmania.me/
http://www.streamingmania.me/p/arena-sport-1.html
http://www.streamingmania.me/p/fs-1.html

Hanya mampu membuat 3 video live streaming karena sudah warning cpu nya hingga 90% dari hasil encode ffmpeg, mungkin karena saya mengambil source dari luar jg.
 

Bang Jack

Poster 1.0
Di share mas butuh kapasitas RAM berapa?
Kalau untuk menayangkan 1 video live saja saya rasa ram 1 gb cukup, kecuali mungkin banyak viewer nya bisa disesuaikan, nanti jg pas di konfigurasi nginx.conf bisa dibatasi berapa banyak maksimal viewer yg diinginkan. CPU saja yg banyak bekerja saat proses encoding. Jadi mungkin harus dipisah antara server streaming dg encoding nya. Untuk menampilkan menggunakan jwplayer bisa barengan dg server streaming nya, cuma beda port saja. Saya menggunakan port 8080 utk source nya (m3u8), dan port 80 utk web server nya.

Biar stabil proses encode nya saya gunakan format ffmpeg seperti ini :

ffmpeg -i http://localhost:1935/live/source-luar -c:v libx264 -vb 720k -maxrate 720k -bufsize 720k -ab 64k -ar 11025 -ac 2 -c:a aac -strict experimental -f flv rtmp://localhost:1935/show/server-sendiri

Mungkin ada yg lebih paham, bisa dikoreksi, saya jg masih belajar. Maafkan kalau ada salah2 hehehe :D
 

PadjajaranHost

Hosting Guru
Di share juga dong butuh HDDnya berapa? Terus berpengaruh gak?
 

Bang Jack

Poster 1.0
Di share juga dong butuh HDDnya berapa? Terus berpengaruh gak?
HDD dan RAM gak terlalu berpengaruh mas, kecuali kalau mau buat VOD dari hasil live streaming, HDD disesuaikan sesuai kebutuhan utk menyimpan video hasil live streaming. Kalau utk coba2 ram 1gb cpu 1 core jg cukup, pernah jg nyobain ram 512 cpu 0.5 core tetap bisa tetapi macet2 hasil video nya setelah 100 viewer aktif bersamaan. encode dari laptop sendiri jg bisa selama koneksi stabil.
 
Status
Not open for further replies.

    
Top