Tanya Beli Lisensi CPanel


Status
Not open for further replies.

dpnux

Expert 1.0
Rekan,

Saya ini ditanya sama salah satu klien yang sudah punya server colocation di data center suatu ISP. Dia ingin memasang CPanel di servernya berhubung ISPConfig 3 terlalu banyak trouble dengan email dan server managementnya. Dia cuma punya 1 IP dan tidak ada server lain sebagai DNS.

Pertanyaan saya itu, apakah belinya langsung di store nya CPanel?

dan ditanya IP, kalau IPnya 2 berarti harga lisensi/tahun * 2 ip?

Mohon pencerahannya. Saya diminta untuk order CPanel. Saya bingung karena saya nggak punya basic bikin hosting yang ISPnya nggak sediain layanan instalasi CPanel.

Thanks in advance
 

rendy

Hosting Guru
Verified Provider
Rekan,

Saya ini ditanya sama salah satu klien yang sudah punya server colocation di data center suatu ISP. Dia ingin memasang CPanel di servernya berhubung ISPConfig 3 terlalu banyak trouble dengan email dan server managementnya. Dia cuma punya 1 IP dan tidak ada server lain sebagai DNS.

Pertanyaan saya itu, apakah belinya langsung di store nya CPanel?

dan ditanya IP, kalau IPnya 2 berarti harga lisensi/tahun * 2 ip?

Mohon pencerahannya. Saya diminta untuk order CPanel. Saya bingung karena saya nggak punya basic bikin hosting yang ISPnya nggak sediain layanan instalasi CPanel.

Thanks in advance
cPanel bisa pakai 1 IP kok
tapi kalau mau jalanin DNS internal cPanel, harus 2 IP
 

ruangweb

(Ret) Community Leader
berapapun IP yg ada di dlm server, cuma butuh 1IP utk lisensinya

How licenses are issued:
  • You only need to buy one license per server. All licenses are per server with unlimited domains.
  • Because cPanel is designed for commercial hosting, we only license publicly visible, static IP addresses. We do not license dynamic, sticky, or internal IPs.
  • If your server is behind a firewall or router, please provide the external IP.
  • When a license is issued through the cPanel store, the licensed IP can be changed via the Manage Licenses screen.
We will issue and activate licenses instantly, upon completion of your successful, valid, and authorized payment.
https://www.cpanel.net/store/
 

dpnux

Expert 1.0
Maunya dua begitu kalau bisa dua server berbeda, dana proyeknya mepet karena sewa ip juga harus 1 blok (8 IP) di lintas :D.

Sekarang pakai ISPConfig NS1 dan NS2 menjurus ke 1 ip hehehe.

Garis besar yang saya dapatkan dari banyak report DNS test, ip netmask dari master dan slave DNS sebaiknya berbeda, cuma gitu lah kepentok di dana.

Saya baru tahu kalau lisensi cPanel bisa ganti IP jika dibutuhkan, bantu banget kalau mau pindah tempat. Great info!.
 

tajidyakub

Apprentice 1.0
yg slave dns itu bisa pake cpanel-dnsonly (gratis) di vps, tinggal milih aja lokasinya dimana
Secara teknis bukan pure slave-dns, tapi clustering dns cpanel sudah sangat memadai untuk kenyamanan berdns.

Untuk dns clustering bagusnya diletakkan di server dengan lokasi geografis terpisah, misal vps di usa.

Kalau budget mepet mending manfaatkan dns management gratisan seperti zoneedit, atau kalau regis domain via resellerclub kan gratis itu dns managementnya.

Soalnya percuma kita punya ip banyak kalau di satu server :D, tetap tidak sesuai standar DNS :).

Tambahan, beli lisensi cpanelnya gak harus di cpanelnya langsung, mayoritas beli via partnernya seperti buycpanel, instantcpanellicense.
 
Status
Not open for further replies.

Top